Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 1,35 Ton Sampah Sungai Ciliwung Terkumpul dalam Sejam, Masih PD dengan Target Zero Waste 2030?

Top 3 Berita Hari Ini, 1,35 ton sampah Sungai Ciliwung terkumpul dalam sejam, Choi Siwon jadi vegetarian dan visa Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang sampah yang masih jadi masalah besar di mana-mana. Lewat Aksi Bersih Sampah Sungai Ciliwung yang digelar World Clean-up Day Indonesia (WCD Indonesia) pada Sabtu, 14 Januari 2023 lalu, 1,35 ton sampah berhasil dipungut oleh sejumlah kreator konten dan 127 peserta lain.

Jenis sampah yang terkumpul didominasi oleh sampah plastik sekali pakai dan sampah tekstil. Selain akibat aktivitas rumah tangga, Sungai Ciliwung juga tercemar berbagai limbah industri dan pembuangan sampah yang tidak bertanggung jawab.

Sampah yang terkumpul selanjutnya akan dipilah ulang dan didaur ulang di Rumah Pemulihan Material Waste4Change. Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang anggota Super Junior yang juga Duta UNICEF Choi Siwon menyatakan sebagai penganut paham vegetarian (vegetarisme).

Ia mengungkapkan komitmennya tersebut melalui Instagram pribadinya. "Krisis iklim adalah krisis bagi kita semua, termasuk anak-anak. Sebanyak 815 juta anak di seluruh dunia saat ini tinggal di lingkungan yang berisiko tinggi terpapar polusi timbal," ungkapnya dikutip dari Kbizoom, Senin (16/1/2023).

Dia mengunggah foto dengan Hong Jung Wook, ketua Dana Margasatwa Dunia Korea yang sedang menantang dirinya untuk berlatih diet vegetarian. Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) berencana mengusulkan untuk memperpanjang program bebas visa 45 hari hingga akhir tahun untuk mendorong pemulihan pariwisata.

Kabinet Thailand pada September 2022 menyetujui perpanjangan sementara visa on arrival dan pembebasan visa on arrival selama high season. Di bawah kebijakan tersebut, turis asing yang tiba di Thailand antara 1 Oktober 2022 hingga 31 Maret 2023 berhak tinggal di negara itu hingga 45 hari tergantung paspor yang dipegang.

Masa tinggal pemilik visa on arrival di Thailand bisa diperpanjang antara 15--30 hari. Sejauh ini, Thailand mengizinkan turis asing dari 19 negara yang berhak mengajukan visa on arrival. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

1,35 Ton Sampah Sungai Ciliwung Terkumpul dalam Sejam, Masih PD dengan Target Zero Waste 2030?

Sampah masih jadi masalah besar di mana-mana. Lewat Aksi Bersih Sampah Sungai Ciliwung yang digelar World Clean-up Day Indonesia (WCD Indonesia) pada Sabtu, 14 Januari 2023 lalu, 1,35 ton sampah berhasil dipungut oleh sejumlah kreator konten dan 127 peserta lain.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 16 Januari 2023, jenis sampah yang terkumpul didominasi oleh sampah plastik sekali pakai dan sampah tekstil. Selain akibat aktivitas rumah tangga, Sungai Ciliwung juga tercemar berbagai limbah industri dan pembuangan sampah yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya…

Siwon Super Junior Ditantang Diet Vegetarian, Ingin Kurangi Dampak Krisis Iklim

Anggota Super Junior yang juga Duta UNICEF Choi Siwon menyatakan sebagai penganut paham vegetarian (vegetarisme). Aktor Korea Selatan berusia 36 tahun itu mengungkapkan komitmennya tersebut melalui Instagram pribadinya.

"Krisis iklim adalah krisis bagi kita semua, termasuk anak-anak. Sebanyak 815 juta anak di seluruh dunia saat ini tinggal di lingkungan yang berisiko tinggi terpapar polusi timbal," ungkapnya dikutip dari Kbizoom, Senin (16/1/2023).

Selanjutnya…

Thailand Akan Perpanjang Kebijakan Bebas Visa 45 Hari untuk Turis Asing dari 64 Negara

Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) berencana mengusulkan untuk memperpanjang program bebas visa 45 hari hingga akhir tahun untuk mendorong pemulihan pariwisata. Kabinet Thailand pada September 2022 menyetujui perpanjangan sementara visa on arrival dan pembebasan visa on arrival selama high season.

Di bawah kebijakan tersebut, turis asing yang tiba di Thailand antara 1 Oktober 2022 hingga 31 Maret 2023 berhak tinggal di negara itu hingga 45 hari tergantung paspor yang dipegang. Masa tinggal pemilik visa on arrival di Thailand bisa diperpanjang antara 15--30 hari.

Selanjutnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.