Sukses

Tren Kencan 2023, Hindari Sederet Kesalahan yang Sebabkan Kelelahan dalam Berkencan

Merujuk hasil survei Lunch Actually, agensi kencan di Asia, para jombo akan lebih terbuka dengan pengalaman baru dalam berkencan sepanjang 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Tren kencan 2023 diperkirakan akan memperlihatkan semangat para jomlo untuk saling terhubung. 2022 telah jadi tahun percobaan untuk kembali berkencan setelah pembatasan ketat akibat COVID-19, dan tahun ini, para jomlo disebut lebih bersemangat untuk menemukan cinta.

Merujuk hasil survei Lunch Actually, agensi kencan di Asia, dalam keterangan resmi pada Liputan6.com, baru-baru ini, para jombo akan lebih terbuka dengan pengalaman baru dalam berkencan sepanjang 2023. Ini termasuk berpindah ke tempat dan negara lain demi pasangan (72 persen pria lajang dan 85 persen wanita lajang).

Lalu, mau berkencan dengan seseorang dari ras yang berbeda (86 persen pria lajang dan 77 persen wanita lajang). Juga, lebih adaptif dengan kriteria dasar mereka, sebagaimana dibuktikan dalam tiga tipe teratas dari pria lajang seperti usia (75 persen), tipe tubuh (43 persen), dan agama (70 persen).

Sementara itu, wanita lajang lebih mementingkan agama (81 persen), pendapatan (84 persen), dan usia (41 persen). Di antara letupan euforia ini, para jomlo diperingatkan akan risiko kelelahan berkencan.

Munculnya aplikasi kencan dan inovasi teknologinya memang membantu para lajang menemukan cinta. Para jomlo dikatakan tidak pernah mendapatkan kesempatan semudah ini untuk bertemu orang lajang lainnya.

Namun, kondisi ini juga menghadirkan lebih banyak tantangan. Karena banyaknya match yang didapatkan, para jomlo saat ini tidak lagi menghargai kencan dan tidak merasakan urgensi menemukan pasangan. Mereka berbicara dengan banyak orang sekaligus dan mengatur kencan dengan orang yang berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paradoks Adanya Pilihan

Seseorang dikatakan gampang kehilangan minat saat mendapatkan match dengan mudah. Aplikasi kencan memberi apa yang disebut sebagai "paradoks dari adanya pilihan," yakni ketika memiliki terlalu banyak pilihan, orang cenderung mengalami kelumpuhan dalam menganalisis dan akhirnya tidak membuat pilihan apapun.

Ini yang kemudian menyebabkan kelelahan berkencan berisiko dialami para jombo. Menghindari hal itu, CEO, sekaligus co-founder Lunch Actually, Violet Lim, membeberkan sederet kesalahan kencan yang harus dihindari pada 2023.

1. Jadi pick me girl atau boy

Istilah pick me girl atau boy, yakni di mana seseorang mencoba terlihat berbeda di depan pria maupun wanita lain secara sengaja dengan menunjukkan bahwa seolah-olah mereka tidak seperti kebanyakan orang.

Pendekatan ini tidak lagi bisa digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis, karena orang sudah lelah dalam "mencari." Metode jujur dan to the point untuk menemukan atau ditemukan seseorang akan lebih efektif. Karena itu, Anda harus tulus dan jadi diri sendiri.

 

3 dari 4 halaman

2. Menemukan Seseorang yang Sempurna di Atas Kertas

Pria pekerja keras yang mempunyai hubungan baik dengan keluarga dan teman-temannya adalah seorang pasangan yang lebih menjanjikan. Membangun keluarga dengan pria yang tepat dalam kehidupan nyata lebih baik daripada membayangkan kehidupan dengan orang yang sempurna hanya di atas kertas.

3. Tidak mencoba sesuatu yang berbeda

Pengalaman tidak beruntung para jomlo saat mencoba menemukan cinta secara online juga dapat memicu kelelahan dalam berkencan karena banyaknya ditemukan profil palsu, penipu, dan terlalu banyak swipe left.

Karena itu, disarankan juga untuk mencoba bertemu orang lain dengan cara konvensional. Berinteraksi dengan anggota di tempat ibadah atau berkenalan dengan tetangga dan rekan kerja masuk dalam rekomendasi.

Mendaftar keanggotaan gym, serta bergabung dengan organisasi atau grup sukarelawan juga bisa jadi medium lain. Ini akan memberikan peluang masuknya orang baru ke dalam hidup Anda. Banyak di antaranya yang mungkin jomlo atau memiliki teman yang masih jomlo.

4 dari 4 halaman

4. Jadi Boks Terbuka

Ingatlah untuk merahasiakan informasi pribadi dari media sosial Anda. Saat memberi seseorang akses ke profil media sosial, mereka mengetahui ragam aspek kehidupan Anda, termasuk hal yang Anda sukai dan tidak sukai, teman, keluarga, serta keadaan baik atau buruknya Anda.

Jangan mengungkap terlalu banyak informasi pada seseorang begitu cepat. Anda harus melapisi diri seperti sebuah bawang bombai. Alih-alih membuka "boks" terlalu lebar, Anda dapat menunjukkan sebagian dari hidup Anda secara perlahan. Cara ini juga dapat menghindarkan Anda dari penipuan.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mempertimbangkan layanan kencan maupun biro jodoh. Makcomblang akan memilihkan seseorang yang paling cocok untuk Anda, sama seperti klien yang bergabung dengan Lunch Actually.

"Para lajang datang ke kami karena mereka tahu bahwa konsultan kencan kami telah bertemu langsung dengan calon jodoh mereka, memeriksa identitas mereka, dan melakukan verifikasi data yang diperlukan untuk memastikan bahwa klien kami tidak akan ditipu," kata Violet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.