Sukses

Sup Rumput Laut, Hidangan Wajib saat Rayakan Ulang Tahun di Negeri Gingseng

Sup rumput laut atau yang dikenal miyeok-guk di Korea, merupakan hidangan berkuah yang berbahan dasar rumput laut cokelat dan ditambahkan potongan, seperti daging, kerang, atau lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Saat menonton drama Korea, mungkin kamu sudah tidak asing dengan hidangan sup rumput laut. Hidangan yang satu ini kerap sekali muncul di suatu adegan, terutama ketika salah satu tokoh sedang berulang tahun.

Sup rumput laut atau memiliki penyebutan 'miyeok-guk; di Korea, merupakan hidangan berkuah yang berbahan dasar rumput laut cokelat dan ditambahkan potongan, seperti daging, kerang, atau lainnya.

Lantas, mengapa orang korea menyantap sup rumput ketika mereka berulang tahun?

Sejarah Sup Rumput Laut di Korea

Dilansir dari Korea.net, konsumsi sup rumput laut di Korea sudah ada sejak zaman Dinasti Goryeo. Praktik ini dimulai ketika masyarakat Korea mengetahui bahwa paus memakan rumput laut untuk memulihkan diri setelah melahirkan.

Menurut tradisi Korea, sup ini dipersembahkan untuk Samshin Halmoni, yaitu tiga Dewi Kelahiran dan takdir dalam mitologi Korea yang membantu persalinan dan memberkati bayi saat baru lahir.

Jadi, mengonsumsi sup rumput laut di hari ulang tahun adalah salah satu simbol penghormatan anak kepada para ibu yang sudah mengandung selama 9 bulan dan berjuang saat melahirkan. Makan sup rumput laut adalah cara orang Korea untuk menunjukkan rasa hormat pada cinta tanpa syarat seorang ibu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Sup Rumput Laut

Tak hanya disajikan saat seseorang berulang tahun, miyeok-guk juga disajikan untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan. Ini karena selain untuk proses pemulihan pasca melahirkan, miyeok-guk juga membantu ibu untuk memproduksi ASI.

Apakah manfaat sup rumput laut hanya sebatas itu? Tentu tidak. Berikut manfaat lain dari hidangan khas negeri ginseng ini.

  • Mencegah Osteoporosis

Tingginya kalsium pada rumput laut akan bantu mencegah pengeroposan tulang yang biasanya dialami selama kehamilan dan menyusui.

  • Membantu Perkembangan Otak Bayi

Rumput laut kaya akan yodium. Kandungan ini sangat baik untuk perkembangan otak bayi, sehingga menutrisi kandungan ASI yang akan diberikan ke bayi. Namun hal yang perlu diperhatikan bahwa kadar yodium pada rumput laut bisa sangat tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan bayi. Sebaiknya pilih jenis rumput laut sebelum digunakan dan baca label kemasan.

  • Mencegah Sembelit

Rumput laut kaya dengan serat yang berfungsi memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Jadi rumput laut bisa menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

  • Mencegah Anemia

Selain itu, rumput laut juga kaya dengan zat besi yang baik untuk mencegah anemia dan kelelahan yang diderita ibu pasca melahirkan. Sup rumput laut memang kaya akan nutrisi dan manfaat baik, tapi mengonsumsinya pun tetap harus diperhatikan. Konsumsi rumput laut dalam batas wajar, karena beberapa rumput laut mengandung yodium yang tinggi yang berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi.

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini