Sukses

6 Fakta Menarik Islandia, Kerap Masuk Daftar Negara Paling Aman dan Bahagia di Dunia

Islandia merupakan negara Nordik di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, memiliki sekitar 130 gunung api aktif yang jadi daya tarik.

Liputan6.com, Jakarta Islandia merupakan sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Terletak di perbatasan geologis yang selalu aktif antara Amerika Utara dan Eropa, negara ini memiliki iklim kontras, geografi, dan budaya yang mencolok.

Mengutip dari Britannica, Jumat, (6/1/2022), gletser yang berkilauan, seperti Vatna Glacier (Vatnajökull) merupakan yang terbesar di Eropa, terletak di pegunungan yang sangat indah. Sementara geyser panas yang melimpah menyediakan panas untuk banyak rumah dan bangunan negara dan memungkinkan pertanian rumah kaca sepanjang tahun. Adapun Gulf Stream di lepas pantai memberikan iklim yang sangat sejuk untuk salah satu tempat paling utara yang dihuni di planet ini.

Ibu kota Islandia, Reykjavík yang berarti "Teluk Asap", adalah tempat lahan pertanian pertama di pulau itu dan merupakan kota yang berkembang dan kosmopolitan. Garis pantai Islandia yang berbatu, berada lebih dari 3.000 mil (4.800 km) di utara, bertemu dengan Laut Greenland, Laut Norwegia di timur, Samudra Atlantik di selatan dan barat, dan Selat Denmark yang memisahkannya dari Greenland sekitar 200 mil (320 km) di barat laut.

Masih banyak hal menarik tentang Islandia, berikut enam fakta menarik Islandia yang dirangkum Liputan6.com pada Jumat, (6/1/2023).

1. Ditutupi Gletser dan Lava

Es gletser dan lava yang mendingin masing-masing menutupi sekitar sepersepuluh dari total luas negara. Gletser adalah pengingat kedekatan Islandia dengan Lingkaran Arktik, yang hampir menyentuh semenanjung paling utara. Area yang dicakup oleh Vatnajökull (Gletser Vatna), yang terbesar di negara itu, sama dengan gabungan total area yang dicakup oleh semua gletser di benua Eropa.

Gunung berapi, yang mencapai jauh ke bagian dalam Bumi yang tidak stabil, menjelaskan fakta bahwa Islandia terletak di atas Punggung Bukit Atlantik Tengah. Diperkirakan sejak tahun 1500 sekitar sepertiga dari total aliran lahar bumi telah dicurahkan dari gunung api Islandia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Bahasa Norse Kuno

Islandia didirikan lebih dari 1.000 tahun yang lalu selama zaman penjelajahan Viking dan dihuni oleh populasi campuran Norse dan Celtic. Pemukiman awal, terdiri dari pelaut dan petualang Norwegia, yang berlanjut ke Greenland dan pantai Amerika Utara yang oleh orang Norse disebut Vinland.

Meskipun terisolasi secara fisik sekitar 500 mil (800 km) dari Skotlandia tetangga terdekatnya di Eropa, sepanjang sejarahnya Islandia tetap menjadi bagian dari peradaban Eropa.  Tak heran kalau bahasa yang dominan pada periode pemukiman adalah Norse Kuno, bahasa yang digunakan di Norwegia pada saat itu.

Selama berabad-abad bahasa itu telah berkembang menjadi bahasa Islandia modern, yang digunakan di seluruh negeri. Orang Islandia modern masih bisa membaca saga Islandia dalam bahasa Norse Kuno tanpa kesulitan.

Sementara itu, tidak ada perbedaan etnis, dengan etnis Nordik dan Celtic telah lama bergabung. Imigran berikutnya relatif kecil yaitu bagian terbesar di antaranya merupakan orang Polandia yang hanya memiliki pengaruh terbatas pada struktur populasi.

3. Negara Paling Bahagia

Islandia merupakan negara yang hampir selalu masuk lima besar negara paling bahagia di dunia, berjejer dengan Finlandia, Denmark, dan Norwegia. Tak heran kalau angka harapan hidup warga Islandia rata-rata 83,1 tahun, salah satu negara yang tertinggi di dunia.

Selain warganya yang bahagia, Islandia juga merupakan negara paling aman di dunia dan sudah 12 kali menyabet gelar yang sama. Dengan keamanan negaranya, Islandia bahkan tidak memiliki armada militer. Negara ini hanya memiliki beberapa tentara untuk berpatroli di wilayah laut dan udara

3 dari 4 halaman

4. Mata Air Panas Vulkanik

Islandia memiliki lebih banyak mata air panas dan solfataras yaitu ventilasi vulkanik yang mengeluarkan gas dan uap panas daripada negara lain. Mata air panas alkali bahkan ditemukan di sekitar 250 daerah di seluruh negeri.

Salah satu yang terbesar, Deildartunguhver, mengeluarkan hampir 50 galon (190 liter) air mendidih per detik. Output daya total area Torfajökull (Gletser Torfa), yang terbesar dari 19 wilayah solfatara bersuhu tinggi, diperkirakan sama dengan sekitar 1.000 megawatt. Bahkan dengan kondisi itu, rumah di Islandia modern dibangun dengan pipa air panas bumi di bawah trotoarnya, karena itu orang Islandia tidak perlu menyekop di musim dingin.

Dengan adanya 130 gunung api aktif, gempa bumi sering terjadi di Islandia tetapi jarang mengakibatkan kerusakan serius. Sekitar 8 gunung api Islandia di antaranya pernah meletus semenjak berdirinya permukiman pertama yaitu sekitar tahun 900 M. Penyebabnya, sebagian besar bangunan yang didirikan sejak pertengahan abad ke-20 dibangun dari beton bertulang dan dirancang untuk tahan terhadap guncangan hebat akibat gempa bumi. 

4 dari 4 halaman

5. Pariwisata

Untuk pariwisatanya, Islandia menawarkan laskap cantik khas seperti Danau es Jokulsarlon, yaitu danau glasial yang terbesar di negara itu. Adapun Danau Myvatan juga merupakan salah satu tempat wisata di Islandia yang populer, danau vulkanik ini dikelilingi ladang lava yang memiliki Pseudo-Crater di Skutustadagigar.

Serta pelesir ke gua es Vatnajokull, wisatawan bisa menikmati keindahan dan panorama yang tidak ada di lokasi lain. Kemudian wisata di Islandia yang tak kalah memiliki pesona adalah Air Terjun Dettifoss dan Seljalandsfoss. Air terjun setinggi 45 meter ini memiliki lebar mencapai 100 meter, sementara Seljalandsfoss memiliki ketinggian 60 meter di atas tebing garis pantai Islandia.

Tentunya pergi ke Islandia belum terasa lengkap tanpa menikmati keindahan Kota Hafnarfjorour. Anda bisa menikmati berbagai festival yang merupakan salah satu legenda Eropa kuno yaitu Festival Viking yang terkenal. Sementara pelancong yang menyukai wisata mendaki gunung, perlu mencoba naik ke Pegunungan Hekla. Gunung yang sempat erupsi pada tahun 2000 ini dikenal sebagai salah satu wisata favorit para turis. 

6. Kuliner

Masakan Islandia terinspirasi dari hasil buminya yang sebagian besar berasal dari perikanan negara itu. Hákarl, hiu fermentasi adalah makanan tradisional khas Islandia yang pedas. 

Hidangan tradisional lainnya termasuk gravlax yaitu salmon direndam dalam garam dan dill, hangikjöt (domba asap), hrútspungar (testis domba jantan), dan slátur yaitu hidangan mirip haggis yang terbuat dari isi perut domba. Skyr, yang terbuat dari susu skim budidaya adalah makanan penutup khas Islandia, disajikan dengan bilberry segar di musim panas dan minuman khas Islandia adalah brennivín, yang terbuat dari kentang dan jintan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.