Sukses

6 Tips Memasak dari Koki Australia, Dijamin Anti-Gagal untuk Pemula

Memasak tidak lagi sulit untuk pemula bila menemukan resep praktis yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Memasak tidak selalu sulit bagi para pemula. Anda bisa memulainya dengan langkah simpel. Melansir dari The Guardian, Rabu, 4 Januari 2023, beberapa koki asal Australia membagikan tips memasak anti-gagal yang cocok untuk para pemula. 

Menurut Danny Russo, koki yang meraih banyak penghargaan, ada empat tips sederhana yang wajib dilakukan oleh pemula. Pertama, baca resep beberapa kali. Anda harus tahu, urutan apa yang Anda lakukan. Kedua, gunakan alat pengukur untuk lebih tahu takaran dibanding memasak yang hanya kira-kira, misal "segenggam" memiliki ukuran yanng berbeda pada tangan tiap orang. 

Ketiga, jangan tergoda untuk mengubah resep kecuali Anda tahu apa yang dilakukan. Jika menebak-nebak, kemungkinan besar Anda hanya akan mengubahnya menjadi sesuatu yang tidak ingin Anda makan. Terakhir, jangan stres. Memasak menyatukan semua orang dan anda akan memiliki bahan cerita untuk dibagikan dengan orang lain. Berikut adalah beberapa tips memasak praktis yang dijamin mudah.

1. Nasi Basmati yang Pulen

Koki Harry Dhanjal dari Restoran Atta di Melbourne, Australia, membagikan tips memasak nasi pulen dan empuk. Ia menyarankan untuk merendam beras dibanding menggunakan penanak nasi.

Langkah pertama adalah Anda harus merendam 500 gram beras basmati dalam air hangat selama 15 menit untuk melembutkannya. Saat direndam, Anda bisa merebus air dengan menggunakan panci lain dan menambahkan ¼ sdt garam dan satu sendok makan minyak zaitun.

Saat air mendidih, bilas beras untuk menghilangkan kelebihan pati dan masukkan ke dalam panci. Ini akan memakan waktu sekitar delapan menit, dengan panas yang sama, sampai Anda melihat nasi berputar di dalam air, lalu Anda dapat mengeluarkan sebutir dan mengujinya dengan menggigitnya.

"Setelah matang, tiriskan, lalu taruh di atas nampan datar agar dingin. Dalam proses ini, setiap butir harus mengembang, beraroma, dan kemudian siap disajikan," ujarnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Taco

Siapa yang tidak kenal Taco? Makanan khas Meksiko yang berbentuk setengah lingkaran dan memiliki isi yang beragam. Daniella Guevara Munoz, koki sekaligus pemilik restoran La Popular Taqueria menyebutkan bahwa isian taco lebih baik disajikan dengan seperlunya saja. "Isi dengan hal-hal sederhana seperti daging panggang, irisan daging, dan saus salsa," ujarnya kepada The Guardian. Ia juga menyarankan jangan menaruh selada, krim asam, atau keju parut dalam isian Taco. 

Koki asal Meksiko ini juga memberikan tips membuat saus salsa yang mudah, yaitu dengan dua buah tomat, seperempat bawang bombay, cabai jalapeño, dan satu siung bawang putih kecil, kemudian dicampur menjadi satu. Sementara untuk tortilla, Anda perlu mengambil semangkuk air yang cukup besar untuk mencelupkan kulit tortilla sebentar kemudian dikeluarkan.

Selanjutnya, tortilla harus ditaruh pada wajan yang sangat panas. Jika tidak, tortilla akan menempel. Tidak perlu waktu yang lama untuk memanaskan kulit tortilla, cukup beberapa detik saja tiap sisinya dan letakkan di serbet bersih untuk membuatnya dalam keadaan tetap hangat. Munoz juga memberikan tips untuk toping, yaitu "menaruh ketumbar cincang dan seiris alpukat di atasnya".

3 dari 4 halaman

3. Pasta al Dente

Pasta yang disajikan harus memiliki tingkat kematangan yang pas, yaitu tidak lembek, bertekstur empuk, dan tidak terlalu keras. Danni Russo, seorang koki sekaligus pemimpin konsultan layanan makanan The Russolini Group memberikan cara untuk memasak pasta al dente.

Langkah pertama adalah merebus air dan tambahkan tujuh gram garam batu per liter. "Jangan pernah menaruh garam di awal karena akan masuk ke dasar dan merusak panci Anda," ujar Russo. 

Setelah air mendidih lagi, tambahkan pasta. Didihkan lalu mulai pengatur waktu Anda. Jika pada bungkus pasta mengatakan delapan menit, Anda cukup masak enam menit saja.  

Sebelum Anda menyaring pasta, keluarkan satu atau dua cangkir air pasta untuk dimasukkan ke dalam saus. Menurutnya, air pasta memberikan rasa dan pati yang lebih menggugah selera. 

4. Saus dari Sayuran yang Kematangan

Jika memiliki sayur yang kematangan, jangan dibuang. Lebih baik Anda membuat saus tahini. Resep ini dibagikan oleh Joel Tisato, koki restoran Africola. Caranya dengan mencampurkan 300ml yogurt, 3 sdm tahini, 3 sdm jus lemon, satu siung bawang putih yang dihancurkan, dan sejumput garam dan lada putih.

Campur semuanya dan tambahkan air untuk menyesuaikan dengan kekentalan yang Anda inginkan. Cocol sayur dengan saus itu.

4 dari 4 halaman

5. Clafoutis yang Sederhana

Clafoutis, sejenis puding sederhana asal Prancis, sering menjadi salah satu pilihan santapan dessert. Ayhan Erkoc dari restoran Cotham memberikan resep membuat puding ini dengan mudah.

Bahan yang Anda butuhkan adalah 250 ml krim, tiga butir telur, 100 gram gula, dan 15 gram tepung. Semua bahan tersebut diaduk, kemudian dimasukkan ke dalam piring saji yang sebelumnya sudah dioles atau disemprot minyak, setelah itu masukkan buah beri. 

Panggang di suhu 200 celcius selama sekitar delapan menit, adonan akan mengembang seperti souffle tetapi tidak merata. Untuk toping, Anda dapat melengkapinya dengan es krim. 

6. Gnocchi 

Nicole Bampton, koki di Leichhardt memberikan hal yang berbeda dari resep Gnocchi pada umumnya, yaitu dipanggang dengan lapisan garam batu untuk memberi rasa lebih pada gnocchi. Jika Anda ingin gnocchi menjadi ringan dan mengembang, triknya adalah saat menyatukan bahan-bahan dibuat menjadi sangat halus dan gunakanlah penghalus kentang. 

Trik lainnya, setelah Anda memasaknya dan mengeluarkannya dari air mendidih kemudian memasukkannya ke dalam air es. Gnocchi dapat dikeringkan dan dipanaskan kembali dalam panci berisi air mendidih selama dua menit. Agar kaya rasa, Bampton lebih suka makan dengan saus Napoli dan udang. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.