Sukses

Jangan Boros! Ini Tips Menghemat Uang saat Belanja Online

Kontrol keuangan ada pada dirimu sendiri, jadi jangan sampai kebablasan beli apapun dan menghabiskan banyak uang.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang pesat tentu memudahkan manusia dalam segala aspek. Salah satu contohnya adalah kebiasaan masyarakat dalam belanja yang berubah dengan lebih memanfaatkan internet. Dengan teknologi, masyarakat tidak harus transaksi tatap muka untuk menjual atau membeli. Masyarakat dengan mudah dan nyaman melakukan transaksi melalui situs jual beli online atau e-commerce. 

Namun, dengan kemudahan dan kenyamanan belanja online juga bisa membawa kamu dalam pemborosan. Lantas demikian bagaimana tips agar tidak boros? Berikut adalah cara agar kamu tetap hemat saat belanja online. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Buat Daftar dan Anggaran Belanja

Buat juga daftar rincian barang yang ingin kamu beli. Batasi apa saja yang ingin kamu beli, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Pilih barang yang benar-benar kamu butuhkan. 

Kemudian buat anggaran sesuai daftar belanja kamu. Karena kontrol keuangan ada pada dirimu sendiri. Jadi jangan sampai karena tidak ada anggaran belanja, kamu jadi kebablasan beli apapun dan menghabiskan banyak uang. Hal tersebut membuat kamu menjadi boros.

3 dari 5 halaman

Pilih Toko Termurah

Tips selanjutnya adalah cari barang yang kamu incar di toko yang paling murah. Bandingkan harga setiap toko di berbagai e-commerce. Agar kamu lebih hemat, pilih toko yang menjual barang dengan harga termurah dibandingkan lainnya. 

Jangan lupa untuk perhatikan ulasan-ulasan pembeli lainnya, karena barang dengan harga murah bukan acuan untuk memilih toko. Pastikan foto produk dan ulasan sesuai agar kamu tidak menyesal apabila barang tersebut tidak sesuai harapan kamu. 

4 dari 5 halaman

Manfaatkan Voucher

Salah satu tips hemat belanja online adalah menggunakan kode promo dan voucher. Belanja di e-commerce biasanya akan banyak mendapatkan penawaran voucher dan diskon. Manfaatkan juga promo cashback. Biasanya akan lebih menguntungkan jika menggunakan cashback pada official store e-commerce. Sebelum check out, kamu bisa cari voucher mana yang lebih menguntungkan agar kamu bisa berhemat.

5 dari 5 halaman

Tunggu Saat Ada Event

Coba belanja pada saat event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yaitu pada tanggal kembar, misal seperti 11.11. Biasanya pada tanggal tersebut akan ada diskon dan promo besar-besaran pada e-commerce. Tidak hanya saat harbolnas saja, pada saat hari besar pun juga biasanya akan ada diskon dan promo besar. Gunakan momen-momen tersebut untuk membeli barang-barang yang menjadi prioritas kamu. 

Nah itu dia beberapa tips untuk menghemat belanja online yang bisa kamu terapkan. Semakin kamu menghemat, semakin banyak juga dana yang bisa kamu salurkan untuk investasi seperti reksa dana yang membantu investor pemula untuk mulai berinvestasi. 

Kamu bisa memilih aplikasi reksa dana yang menggunakan teknologi Robo Advisor, untuk membantumu sebagai pemula, dalam memilih reksa dana berkualitas yang cocok secara otomatis berdasarkan umur, penghasilan, dan toleransi terhadap risiko. Agar dana investasimu tersimpan aman, pastikan aplikasi reksa dana yang digunakan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk mulai investasimu dari sekarang!

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.