Sukses

Bukan Liburan, Apa Healing Versi Kunto Aji?

Healing identik dengan liburan, namun Kunto Aji punya caranya tersendiri dengan mencipta lagu dan berkarya lewat musik.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang punya caranya sendiri untuk healing, istilah yang kini sedang ramai untuk merelaksasi diri melepaskan kepenatan. Biasanya healing diidentikan dengan pergi liburan, namun ternyata berbeda bagi musisi Kunto Aji.

"Menurut saya healing proses yang panjang dan sangat personal, tapi paling awal mencintai diri sendiri," ungkap Kunto Aji saat ditemui di sebuah acara di Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022.

Ia mengungkapkan, generasi sekarang sedikit melenceng memahami healing yang menurutnya harus diawali dari mencintai diri sendiri. Saat merasa butuh ke psikolog untuk mengatasi permasalahan di dalam dir,i maka lakukan. Orang juga bisa rehat untuk pergi liburan karena menurutnya setiap orang tidak harus terus-menerus mengejar passion.

"Terapi saya dengan berkarya, sesuatu yang bisa jadi wadah entah itu senang sedih, dengan berkarya saya bisa menemukan diri saya," papar pelantun lagu "Rehat" itu.

Menurut dia, emosi negatif itu pasti ada, namun yang terpenting adalah memilih cara yang tepat untuk menyalurkannya. Bukan dengan marah kepada orang di sekitar, tapi melampiaskannya dengan cara lain yang lebih positif.

"Sejauh ini berkarya yang paling cocok buat saya," sambungnya.

Hasil karya Kunto Aji menjadi lagu yang enak didengar dengan makna mendalam bagi pendengar yang memiliki kisah serupa. Namun, ia memastikan cerita di lagunya bukan selalu tentang dirinya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Berkarya

Dari proses dirinya untuk healing, Kunto Aji justru menemukan luapan positif dan inspirasi menciptakan lagu. "Sebenernya album kedua saya Mantra Mantra, inspirasi datang waktu saya terapi ke psikolog," bebernya.

Pria kelahiran 1987 ini mengaku sangat terkesan saat bisa meluapkan emosi dengan bermusik. Bahkan, lagu terakhir di album tersebut sengaja mengulang-ulang kalimat yang sama sebagai pesan agar bisa tabah.

"Kita yang membebani di dunia ini adalah karena keterikatan, harus menyadari bahwa apa yang kita punya suatu saat akan menghilang, pada akhirnya kita sendiri," paparnya.

Ketika dirinya bisa mendapatkan momen menulis lagu yang maknanya sangat dalam, di sanalah jadi proses healing yang paling berkesan. Cerita dari lagunya pun beragam, mulai dari kejombloan yang ditulisnya dari cerita temannya. 

Pria yang memenangkan penghargaan Album Terbaik di Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2019 itu juga sangat terkejut bisa membuat lagu "Pilu biru". Isinya mengenai kehilangan dan bagaimana memproses duka tersebut agar tidak lari namun menerima.

3 dari 4 halaman

Selami Kenangan Manis

Sementara itu, mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, 16 Juli 2022, Kunto Aji menyapa kembali penikmat musik Indonesia melalui single baru berjudul "Salam Pada Rindu". Ia merilisnya dalam bentuk video musik terlebih dulu, hasil karya miliknya bersama AstraLife yang dibuat dengan Ceritera.

Membahas lagunya, jika ditilik dari judul orang akan berpikir lagu ini merupakan lagu tentang kerinduan. Hal itu tidak salah memang, namun yang Kunto Aji ingin tekankan di lagu ini tentang Keluarga.

"Saya tujukan pada keluarga. Keluarga di sini maknanya luas, karena menurut saya, keluarga bukan hanya orang yang sedarah tapi juga orang-orang yang kitapilih dalam kehidupan kita. Merekalah orang-orang yang paling dekat dengan kita,” sebut Kunto Aji

Ia mengungkapkan, keluarga merupakan bagian yang selalu ada dalam hati dan jiwanya. Karena itu, dia merasa, saat jauh dengan keluarganya, rasa rindu akan kehangatan yang dia rasakan di keluarga itu pun muncul.

4 dari 4 halaman

Tentang Keluarga

Tak hanya ditulis Kunto Aji, untuk lagu tersebut dia juga ikut mengambil bagian sebagai produser bersama Afif Gifano dan Pandji Akbari. Adapun Mohammed Kamga juga turut membantu sebagai Vocal Director sekaligus Backing Vocal, sementara proses Mixing oleh Ano Stevano dan Mastering oleh Dimas Pradipta.

Memberi durasi lagu sepanjang enam menit bukan hal biasa bagi seorang Kunto Aji. Namun, itu tentu ada alasannya. Dia mengatakan bahwa dalam lagu ini, dia ingin menuangkan rasa yang timbul saat seseorang mengenang akan keluarga mereka.

"Saat membicarakan keluarga, kenangannyapasti bermacam-macam, ada manis atau pahit. Walau memang lebih banyak manisnya. Jadi, di lagu ini, saya mencoba menangkap itu dengan segala alur naik turun layaknya saat kita bersama keluarga kita, saya ingin menangkap semua emosi yang berkaitan kenangan akan keluarga," ujarnya.

Lagu "Salam Pada Rindu" memang baru dirilis dalam bentuk video musik melalui channel YouTube Kunto Aji sejak tanggal 7 Juli 2022. Tapi, Kunto Aji memastikan lagu ini akan bisa didengarkan para penikmat musik di seluruh digital streaming platform seluruh Indonesia sejak 21 Juli 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini