Sukses

Angkatan Bersenjata Inggris Turun Tangan Atasi Pemogokan Pegawai Bandara Saat Musim Liburan

Penumpang mengatakan bandara jadi lebih baik dari sebelumnya dengan Angkatan Bersenjata Inggris mengambil alih karena adanya aksi pemogokan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 1.000 anggota Persatuan Layanan Umum dan Komersial tiba di bandara Heathrow, Birmingham, Cardiff, Gatwick, Glasgow, dan Manchester karena perselisihan tentang gaji dan pensiun. Bos serikat memperingatkan pemogokan bisa berlangsung selama enam bulan jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Mengutip dari The Sun, Sabtu (26/12/2022), Staf juga melakukan pemogokan di pelabuhan Newhaven di East Sussex. Penumpang bandara telah diperingatkan akan terjadi penundaan dan kekacauan besar di gerbang, tetapi mereka sangat memuji anggota Angkatan Bersenjata Inggris yang dibawa untuk membantu.

Mereka dengan senang hati melanjutkan pekerjaan itu, meskipun berpenghasilan ribuan pounsterling setahun yang jumlahnya lebih sedikit daripada staf yang mogok. Mereka memeriksa paspor saat 250 ribu penumpang dengan 1.290 penerbangan tiba dan memastikan semua berjalan lancar.

Antrean keberangkatan dari bandara Heathrow kemarin pagi sekitar 30 menit di beberapa gerbang, tetapi banyak gerbang lain yang terlihat hampir kosong. Seorang Manajer katering, Simon Charlton (44) mendarat kembali dari Kanada setelah liburan musim dingin dan mengatakan itu luar biasa teratasi.

Simon, dari Brighton, memberi tahu, "Saya mengharapkan kekacauan total di Heathrow. Saya terbangun memikirkan betapa buruknya antrean dan penundaannya akibat pemogokan, tetapi itu sangat lancar,". Ia menyambung, "Ini lebih cepat dari biasanya tetapi masih dengan pemeriksaan menyeluruh. Ini lebih baik dari sebelumnya,".

Seorang Manajer properti, Patrick McIntosh (40), terbang ke Heathrow dari New York untuk menghabiskan waktu bersama kerabat di Broadstairs, Kent. Dia berkata, "Angkatan Darat sangat brilian,".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Antrean

 

"Serikat pekerja yang lakukan pemogokan terlihat sangat konyol sekarang karena telah dikelola jauh lebih baik daripada yang pernah saya lihat sebelumnya," katanya lagi. Seorang penumpang yang terbang ke Manchester tidak mengalami penundaan dan mengklaim pilot easyJet mereka memberi tahu mereka, "Ini lebih cepat dari biasanya."

Menteri Pertahanan Ben Wallace berkata sangat berterima kasih atas pengorbanan yang dilakukan pada musim dingin ini oleh anggota Angkatan Bersenjata. Mereka memberikan waktu mereka untuk menjaga layanan penting tetap berjalan dan untuk meningkatkan ketahanan Inggris. 

"Sementara serikat pekerja terus menahan layanan publik kami untuk tebusan, sudah sepantasnya orang-orang kami diberi kompensasi karena harus melakukan tugas-tugas biasa mereka dalam waktu singkat,". Pemogokan dijadwalkan berlangsung setiap hari selama sisa tahun ini, kecuali pada 27 Desember. Kepala PCS penjual kesuraman Mark Serwotka memperingatkan aksi industri dapat berlangsung hingga Mei.

 

3 dari 4 halaman

Perbandingan Gaji

 

 

Perselisihan dimulai setelah 100.000 anggota PCS di 214 departemen pemerintah dan badan publik lainnya memilih untuk mengambil tindakan mendukung kenaikan gaji sepuluh persen. Mereka juga menginginkan keamanan kerja yang lebih baik dan tidak ada pemotongan persyaratan redundansi. 

Tetapi para menteri telah menolak tawaran gaji dua persen yang lebih baik. Gaji awal rata-rata untuk seorang prajurit di Angkatan Darat adalah 15.985 pounsterling yang setara Rp300,2 juta per tahun. Sedangkan peringkat Angkatan Laut Kerajaan dapat memperoleh penghasilan mulai dari 14.700 pounsterling setara Rp276 juta per tahun. 

Di RAF, pegawai pemula menghasilkan 16.235 pounsterling, setara Rp304,9 juta per tahun, namun rekrutan di Border Force dibayar rata-rata 21.431 pounsterling atau setara Rp402,5 juta.  Kementerian Dalam Negeri memanggil 625 anggota Angkatan Bersenjata dan pegawai negeri untuk membantu sebagai bagian dari rencana daruratnya.

Mereka akan dibayar bonus 20 pounsterling untuk setiap hari mereka bekerja selama periode perayaan. Mantan menteri Tory Brendan Clarke-Smith memuji upaya mereka, dengan mengatakan, "Semua yang ditunjukkan oleh beberapa penyerang adalah bahwa kami dapat mengelola dengan sangat baik tanpa mereka." 

4 dari 4 halaman

Pemakaian Pemindai 3D

Sementara itu, sebelumnya Sekretaris Transportasi Inggris telah mengungkapkan perombakan besar-besaran aturan keamanan di bandara, yang bisa meringkas antrean jauh lebih pendek. Penumpang udara akan diizinkan membawa 2 liter botol cairan mulai Juni 2024 dan seterusnya. Batas saat ini yaitu 100ml.

Cairan tak lagi harus berada di dalam kantong plastik, laptop dan tablet pun tidak harus dikeluarkan dari tas saat penumpang melewati keamanan bandara. "Pada tahun 2024, bandara utama di Inggris akan memasang teknologi keamanan terbaru, mengurangi waktu antrean, meningkatkan pengalaman penumpang, dan yang paling penting mendeteksi potensi ancaman," sebut Sekretaris Transportasi Inggris Mark Harper, dikutip dari Euro News, Minggu, 18 Desember 2022.

Pemindai ini sudah digunakan di bandara Heathrow London pada 2017 dan di bandara Schiphol di Amsterdam dan di beberapa bandara di AS selama beberapa tahun terakhir. Sekretaris Transportasi mengatakan ke penumpang bahwa, "Aturan tidak akan langsung terjadi, ini akan memakan waktu dua tahun untuk diterapkan sepenuhnya. Hingga saat itu, penumpang perlu terus mengikuti peraturan yang ada dan memeriksa sebelum bepergian."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.