Sukses

Shania Twain Nekat Pose Telanjang Dada di Masa Menopause demi Pulihkan Kepercayaan Diri

Shania Twain mengaku mengalami masalah citra diri sepanjang hidupnya hingga memutuskan berpose telanjang.

Liputan6.com, Jakarta - Shania Twain, penyanyi country-pop yang terkenal di era 90-an, mengundang perhatian. Ia memutuskan berpose telanjang di usia 57 tahun setelah mengalami menopause.

Pose tersebut dilakoninya untuk sampul single terbarunya, Waking Up Dreaming. Menurut pengakuannya, pose itu membantu menyembuhkan masalah citra tubuhnya seumur hidup.

"Ini cara saya mengekspresikan kebenaran versi saya. Saya nyaman dengan kulit saya sendiri, dan ini adalah cara saya berbagi kepercayaan diri itu," kata Twain pada People pada Rabu, 21 Desember 2022, dikutip dari Page Six, Kamis (22/12/2022).

Menurut dia, segala sesuatu akan terlihat modis jika dipakai dengan percaya diri. "Saya seorang wanita berusia akhir 50-an, dan saya tidak perlu bersembunyi di balik pakaian. Saya bahkan tidak bisa menjelaskan bagaimana senangnya melakukan pemotretan telanjang," imbuh dia.

Pelantun lagu You're Still The One itu mengaku tidak merasa emosional dengan perubahan yang terjadi di dalam tubuhnya. "Saya hanya merasa baik-baik saja," kata Twain.

Dalam gambar sampul, Twain menutupi dadanya yang telanjang dengan lengannya saat dia berpose dengan topi koboi dan sepasang sepatu bot berujung lancip berwarna-warni. Meski gambar tersebut mengejutkan sebagian penggemar, penyanyi berkebangsaan Kanada itu bukan sekali berbusana menantang selama berkarier di industri musik.

"Sejak awal, sejak video musik pertama, saya telah mencopot bra," ujar penyanyi yang memutuskan tak memakai bra di video musik What Made You Say That yang diluncurkan pada 1993.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ingin Mundur

"Tapi, tubuh saya jauh lebih kencang saat itu. Seiring bertambahnya usia, saya mulai merasakan tekanan yang berbeda, 'Nah, payudaramu tidak montok seperti dulu. Kulitmu tidak sekencang dulu. Mungkin kamu harus mulai menutupinya sedikit lagi,'" celoteh Twain.

Dengan melapisi diri di balik beragam pakaian, ia mengaku 'keberaniannya tumpul.' Setelah memutuskan berpose terbuka, dia pun bersumpah untuk tidak 'mundur' ke dirinya yang tidak percaya diri.

"Saya merangkul tubuh saya saat ia berubah, seperti yang seharusnya saya miliki dari masa kanak-kanak hingga remaja, sebagaimana seharusnya saat tubuh saya masih kencang di usia 20-an dan 30 tahun, hingga sekarang tubuh saya menopause. Saya tidak akan malu tentang itu. Saya ingin berani tentang itu, dan saya ingin membagikan keberanian itu dalam karya seni saya," ia menuturkan.

Twain pun menepati janjinya saat ia tampil di karpet merah People's Choice Awards 2022 dengan gaun menerawang dan bermotif macan tutul. Ia mengenakan tudung, rok beludru hitam, lengan semi transparan, dan bagian terbuka di area perutnya yang rata. Pakaiannya itu mengingatkan pada gaya ikonisnya saat tampil di vide musik That Don't Impress Me Much yang dirilis pada 1998. 

3 dari 4 halaman

Alicia Silverstone

Keputusan untuk berpose telanjang juga diambil Alicia Silverstone. Bintang film Clueless itu bertelanjang dan hanya mengenakan sepatu bot kulit imitasi untuk mempromosikan material vegan yang diklaim lebih berkelanjutan sebagai bagian kampaye baru PETA.

"Jika saya perlu telanjang untuk Anda peduli dengan hewan, itulah yang saya kejar," kata Silverstone yang kini berusia 46 tahun dalam video kampanye, dikutip dari Page Six.

"Saya tidak pernah telanjang di TV, di film, tidak ada, tidak pernah, tidak, tapi saya pernah melakukannya untuk PETA karena itulah yang terpenting bagi saya," ujar penulis buku Kind Mama itu.

"Saya lebih suka telanjang daripada memakai (bahan dari) binatang," imbuh bintang video musik Aerosmith tersebut.

Ia membantah wacana yang menyebutkan penggunaan kulit hewan lebih baik untuk Bumi. Dia menerangkan bahwa yang tidak disadari pengguna produk dari kulit hewan adalah ada banyak sumber daya yang digunakan untuk mengolah kulit hewan, mulai dari air, makanan, hingga minyak bumi untuk transportasi.

"Jumlah energi yang digunakan untuk membuat kulit luar biasa. Itu tidak berkelanjutan. Bumi tidak bisa mengatasinya," sambung Silverstone.

4 dari 4 halaman

Vegan Sejak Muda

Mantan idola remaja itu juga berpose dengan kaktus untuk mendorong orang membeli berbagai jenis kulit vegan. "JANGAN JADI PENIPU," gambar PETA menyatakan. "Pakai Vegan. Beli kaktus, jamur, atau kulit apel saja!"

Seperti disampaikan sebelumnya, Silverstone bukan pertama kali telanjang bulat untuk kampanye yang ia sukai. Pada 2019, ia menanggalkan semua pakaiannya untuk kampanye PETA yang menyerukan berhenti menggunakan benang wol.  

Materi kampanyenya saat itu mejeng di billboard Times Square. Begitu pula dengan kampanye terbarunya ini yang rencananya akan ditayangkan tepat saat jatuhnya bola malam Tahun Baru 2023. 

Silverstone diketahui telah menganut vegan sejak 1999 saat berusia 21 tahun. Ia sejak itu konsisten menganut gaya hidup bebas daging.

Pada 2018, pencipta buku masak nabati itu membeberkan pola makan vegan yang dianut keluarganya, yang diklaim mampu menjaga kesehatan putranya, Bear Blu (11). "Dia tidak pernah minum obat seumur hidupnya," kata mantan istri Christopher Jarecki pada Page Six saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.