Sukses

Tren K-Beauty di Indonesia, Warna Lipstik Apa yang Jadi Favorit?

Bagaimana orang Indonesia diprediksi akan mengadopsi tren K-beauty pada 2023?

Liputan6.com, Jakarta - Seiring populernya K-drama dan idol K-pop, tren K-beauty di Indonesia diprediksi masih akan terus berlanjut pada tahun depan. Secara lebih khusus, glass skin makeup disebut masih akan digemari beauty enthusiast di Tanah Air, menurut Social Media Manager barenbliss, Meysa Sella Artia.

"Arahnya tetap pada Korean makeup untuk idol k-pop dan (aktor) K-drama," katanya pada Liputan6.com ketika ditemui di sela-sela agenda BeautyHaul Awards 2022 di bilangan Jakarta Selatan, Kamis, 15 Desember 2022.

Namun demikian, ada preferensi yang sedikit berbeda. Jika idola dan aktor Korea acap kali memperlihatkan warna bibir cenderung natural, Meisya berkata, konsumen di Indonesia justru menyukai lipstik intens.

 "Best seller lip tint kami itu (varian) Never Settle," ia berkata. "Warnanya lebih ke arah deep berry. Surprisingly, kebanyakan orang Indonesia suka warna-warna agak gelap."

Meysa menyambung, memang bukan "kulit putih" atau "visual secantik maupun setampan" pesohor Korea yang persis ditiru. "Dengan lebih banyak orang Indonesia mulai menerima diri sendiri, mereka akan tetap menunjukkan real skin tone mereka," ia berujar.

Karena itu, konsumen K-beauty di Indonesia akan selektif memilih produk complexion sesuai warna kulit. "Tidak akan ada lagi yang membeli, misalnya, foundation dengan shade satu atau dua tingkat lebih cerah," imbuh Mesya.

Karena itu, barenbliss pun berkoitmen memperluas pilihan shade complexion mereka. Mesya berbagi, "Karena kami mulai dari pasar Korea pada Juli 2021, awalnya memang menyesuaikan dengan pasar di sana yang skin tone-nya cenderung cerah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempersiapkan Kulit Sebelum Pakai Makeup

Setelah memperluas jejaring pemasaran ke beberapa negara, termasuk Indonesia, mereka berkomitmen memenuhi kebutuhan pasar di masing-masing wilayah.

"Dari Korea, barenbliss expand pertamanya ke Indonesia, karena memang melihat pasar K-beauty sangat besar di sini," tuturnya. "Habis itu baru ada juga di Thailand, Filipina, dan Malaysia."

Menurut Mesya, banyak orang salah kaprah bahwa K-beauty berarti hasil akhirnya harus secantik idol K-pop. "Bukan begitu, karena sebenarnya yang ditekankan adalah konsep mempersiapkan kulit," ia berkata.

Artinya, sebelum makeup, seseorang harus memakai ragam skincare untuk lebih dulu menghidrasi kulit. "Pakai essence toner, moisturizer, dan suncreen, itu yang penting," imbuhnya. "Glass skin makeup itu memastikan kulit terhidrasi, jadi harus dipastikan kulitnya memang lembap."

Mendukung itu, pihaknya juga akan mengembangkan lini skincare mereka. "Sebelum ini, kami sudah merilis Meta Glow Series, double cleansing kit, pimple warrior, dan sunscreen," ia menuturkan. "Dengan adanya produk-produk ini, kami ingin konsumen tidak hanya cantik di luar, tapi rutinitas kecantikannya juga tentang menutrisi kulit."

 

3 dari 4 halaman

Produk Hybrid

Di samping itu, barenbliss juga merilis hybrid product, di mana item makeup mereka memiliki manfaat layaknya skincare. "Semua complextion products kami mengandung miracle bloom yang diformulasikan dari bunga," ia menuturkan.

Hero ingredient itu, Mesya menyambung, bertujuan menutrisi kulit sehingga permukaannya tidak kering. Ini, katanya, juga mendukung tren glass skin makeup yang memang memberi visual kulit wajah yang lembap.

"Konsep barenbliss itu clean beauty. Jadi, ada filosofi BNB, di mana bare essential itu membuat semua bahan-bahannya no harm dan natural," Mesya menyebut. "Produk yang ditawarkan juga (diklaim) tidak mengiritasi kulit. Kemudian, ada blissful moment yang membuatkami berbeda dengan K-beauty brand lain."

barenbliss, kata Mesya, mau bergerak dengan lebih inklusif. "Orang biasanya bilang K-beauty hanya untuk kulit putih, padahal tidak demikian. Kami mau mengedukasi audiens bahwa K-beauty adalah makeup style. Jadi bukan standar kecantikan," tuturnya.

Ia menyambung, "Makeup ini pun bisa dipakai semua orang, tanpa melihat ras dan gender mereka. Kami ingin para konsumen tampil lebih percaya diri dengan bisa menerima dan mengekspresikan diri sendiri."

4 dari 4 halaman

Bawa Pulang Penghargaan

Di BeautyHaul Awards 2022, barenbliss berhasil membawa pulang penghargaan dalam kategori New Comer Brand of the Year, Best Eyeshadow Palette untuk produk Fortune Cookie Eyeshadow, dan Peach Makes Perfect Lip Tint dinobatkan sebagai Best Lips Product. 

Dalam keterangannya, Meysa berbagi peranan platform beauty e-commerce itu dalam meningkatkan kredibilitas jenama mereka. Ia berkata, "Fokus utama kami adalah menjangkau pelanggan dan menjawab kebutuhan mereka melalui produk kami."

"Bersama BeautyHaul, produk kami jadi lebih tepercaya dan mudah diakses di mana para pelanggan dapat mencoba tester produk dan melihatnya secara langsung," sambungnya.

Pemenang penghargaan itu dipilih melalui voting di situs web BeautyHaul pada 11 November--7 Desember 2022. Mengusung tema "BeautyHaul Empowers Your Beauty MVP," penghargaan ini ingin menghadirkan rekomendasi yang kredibel bagi para beauty enthusiasts saat mencari produk kecantikan, sehingga dapat menjawab beragam kebutuhan mereka.

CEO BeautyHaul Indonesia, Irene Ursula, mengatakan saat jumpa pers, "Tahun ini, kami menerima antusiasme luar biasa dari BeautyHaul Squad dalam mengapresiasi brand kecantikan berkualitas dengan total lebih dari 80 ribu vote. Kami percaya, penghargaan ini dapat memotivasi para brand untuk terus menghadirkan produk yang dapat menjawab kebutuhan kecantikan yang beragam."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.