Sukses

Buka Restoran Anyar, Chef Juna dan Renatta Usung UMKM dan Makanan Autentik Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Chef Juna dan Chef Renatta membuka restoran terbarunya, Antarasa yang bertempat di Puri Indah Mall, Jakarta Barat. Mengambil filosofi from screen to plate, menu-menu yang disajikan terinspirasi dari serial dokumenter YouTube KISARASA yang menceritakan perjalanan kedua chef ini dalam mengulik sisi lain dari kekayaan kuliner Nusantara.

Bertajuk Inspirasa, menu seperti Short Ribs Konro dari Chef Juna, Tongseng Kambing yang dibuat Chef Renatta dan Bebek Betutu Ibu Ray khas Bali yang tadinya hanya dapat disaksikan di layar YouTube, kini dapat dinikmati langsung. Lebih dulu hadir di Pontianak, Antarasa merupakan jenama baru dibawah naungan Dailybox Group, sebuah start-up F&B multiplatform.

"Sesuai namanya, Antarasa menyajikan makanan dengan sentuhan modern menggunakan rempah terbaik Nusantara," ucap Chef Juna Rorimpandey saat konferensi pers di Jakarta, Kamis, 8 Desember 2022.

Ada beberapa hidangan yang dipadukan dengan menu bercita rasa internasional untuk mewujudkan modern Indonesian food yang sesuai dengan selera masyarakat nusantara. Selain menghadirkan makanan yang menjadi bintang di tayangan YouTube KISARASA, ada sajian lainnya yang sudah dikurasi, seperti Udang Bakar Jimbaran, Cumi Bakar Sambal Mbe, Mie Kare Atjeh Udang hingga Andaliman Mie Gomak.

"Setelah hadir di Kalimantan dan Jawa, rencananya kami juga akan mengantarkan rasa selera Nusantara ke Sumatera. Kota mana? Tunggu tanggal mainnya," tambah Chef Juna.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Melibatkan UMKM

Sementara itu ada keterlibatan sosok kuliner khas Ibu Ray di Antarasa yang menjadikan kolaborasi menarik. Hal ini sekaligus mempertegas komitmen Dailybox Group dan kedua Chef Tanah Air ini dalam membina UMKM kuliner Indonesia.

Kolaborasi Antarasa dengan Ibu Ray bermula dari tayangan perdana episode Bebek Betutu khas Bali di YouTube KISARASA pada September lalu. Tak disangka, episode ini menjadi primadona dan mendapat banyak perhatian para pecinta kuliner Indonesia.

Setelah tayang di KISARASA, orderan Bebek Betutu pun seketika membeludak. Padahal, Ibu Ray hanyalah pelaku industri rumahan biasa dengan kapasitas yang terbatas.

"Beruntung, Dailybox Group dan Chef Juna akhirnya mau turun tangan membantu agar saya dan tim tidak kewalahan mengerjakan orderan. Tak hanya itu, sekarang yang di Jakarta dan Pontianak sudah bisa merasakan menu Bebek Betutu khas Bali tanpa harus jauh-jauh ke Bali karena sudah ada di Antarasa," ujar Ibu Ray, pemilik warung kenamaan “Betutu Ibu Ray” di Kota Denpasar, Bali di kesempatan yang sama. 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi

Chef Renatta Moeloek, dari Daily Family, mengatakan bahwa Dailybox Group terus mendukung UMKM kuliner Indonesia karena mereka mempunyai peran penting dalam perekonomian. "Karenanya, kami berusaha selalu menggandeng pelaku UMKM kuliner lewat kolaborasi yang dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi komunitas sekitar," sebutnya.

Untuk kualitas menu Bebek Betutu Ibu Ray dan meningkatkan kapasitas produksi, Dailybox Group mendirikan central kitchen di Denpasar dan mempekerjakan warga sekitar. "Kami juga melakukan training serta audit berkala terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam proses produksi agar konsistensi rasa dan kualitas terjamin,” pungkas Chef Renatta.

Tentunya pecinta kuliner penasaran ingin mencoba Bebek Betutu Ibu Ray dan menu lainnya bukan? Menu tersebut bisa dinikmati di Antarasa Puri Indah Mall di Jakarta dan di Jalan Veteran no. 2, Pontianak. 

Sebelumnya Chef Juna dan Chef Renatta  kanal YouTube bernama KISARASA. Chef Juna tak sendiri melainkan membuatnya bersama Chef Renatta. Episode pertama tayangan menampilkan film dokumenter berdurasi sekitar 30 menit.

Bukan sekadar jadi tuan rumah, Chef Juna dan Renatta menjabat co-producer serial dokumenter yang didukung Dailybox Group. Episode pertama mengajak netizen menilik kuliner bebek betutu bersama Ibu Ray, pemilik restoran Betutu Ibu Ray di Denpasar, Bali.

4 dari 4 halaman

Awal Mula KISARASA

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 6 September 2022, Chef Juna sempat membagikan cerita unik dari balik layar. "Menantu Ibu Ray sebenarnya teman dari kecil, satu sekolah. SD, SMP, dan SMA. Setelah sekian tahun habis SMA, kuliah tidak pernah bertemu. One day we had our reunion. Reuni perak 25 tahun, bertemu lagi,” beber Chef Juna.

Sebelum reuni, Chef Juna dan sahabatnya sering mengobrol lewat WhatsApp. Chef Juna kemudian diajak mampir ke restoran Ibu Ray. Sayang, kesibukan membuat rencana mampir tak juga terlaksana.

“Sebenarnya pengin tapi waktunya belum tepat. Itu restoran kalau tidak salah belum terlalu lama karena dari dulu ibu mertuanya itu jualnya dari rumah. Hanya berdasarkan pesanan,” ia bercerita.

Suatu hari, Chef Juna punya gawe. Seorang teman kemudian memesan sejumlah makanan di Restoran Ray. Kali pertama mencicipi, Chef Juna langsung jatuh cinta pada cita rasanya.

"Selain karena saya kenal orangnya, ternyata mertuanya itu memang legenda betutu," tambah Chef Juna, dilansir dari video konten yang diunggah di kanal YouTube Kisarasa, 1 September 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS