Sukses

Pangeran Harry Ungkap Penderitaan Perempuan yang Menikahi Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry membeberkan "rasa sakit dan penderitaan" wanita yang menikah dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris dalam trailer baru untuk film dokumenter Netflix mereka, Harry & MeghanStreaming platform tersebut sebelum menjanjikan "serial dokumenter mendalam yang belum pernah ada sebelumnya."

Serial itu akan ditayangkan dalam enam episode, memperlihatkan pasangan Sussex "berbagi sisi lain dari kisah cinta mereka." Melansir Guardian, Selasa (6/12/2022), volume satu dari seri ini akan diluncurkan Kamis, 8 September 2022, tepat tiga bulan setelah kematian nenek Harry, Ratu Elizabeth II, disambung volume kedua pada 15 Desember 2022.

Video teaser terbaru berdurasi satu menit dibuka dengan sulih suara Harry yang mengatakan, "Sangat sulit untuk melihat ke belakang sekarang dan mengatakan, 'Apa yang sebenarnya terjadi?' Ada hierarki keluarga, Anda tahu, ada yang membocorkan, tapi ada juga menanam cerita. Ini permainan kotor."

Dengan anggukan yang jelas pada istri dan mendiang ibunya, Diana, yang gambarnya terlihat di trailer, Harry menambahkan, "Rasa sakit dan penderitaan wanita yang menikah dengan institusi ini, kegilaan ini. Saya ketakutan, saya tidak ingin sejarah terulang kembali. Tidak ada yang tahu kebenaran sepenuhnya. Kami tahu kebenaran sepenuhnya."

Dalam sebuah trailer yang dirilis minggu lalu, Pangeran Harry dan Meghan Markle berbagi foto-foto intim yang belum pernah diperlihatkan ke publik. Beberapa menunjukkan Duchess of Sussex tampaknya sedang menangis, dengan satu adegan menunjukkan Harry dengan kepala miring ke belakang ketika istrinya tampak menghapus air mata dengan kedua tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Serial Dokumenter Mendalam

"Mengapa Anda ingin membuat film dokumenter ini?" tanya mereka di trailer pertama dokumenter, diikuti serangkaian foto Pangeran Harry dan Meghan Markle di momen publik dan pribadi. "Tidak ada yang melihat apa yang terjadi di balik pintu tertutup," kata Harry dalam narasinya.

"Saya harus melakukan semua yang saya bisa untuk melindungi keluarga saya," imbuhnya.

Meghan kemudian ditampilkan berkata, "Ketika taruhannya setinggi ini, bukankah lebih masuk akal untuk mendengar cerita kami dari kami?"

Melansir CNN, Netflix menyebutnya sebagai "serial dokumenter mendalam yang belum pernah ada sebelumnya." "Dalam enam episode, serial ini mengeksplorasi hari-hari rahasia dari masa pacaran awal dan tantangan yang membuat mereka merasa terpaksa mundur dari peran penuh waktu mereka di institusi (Kerajaan Inggris)," begitu bunyi keterangan resmi dokumenter.

Pihaknya menyambung, "Dengan komentar dari teman dan keluarga, yang sebagian besar belum pernah berbicara di depan umum tentang apa yang mereka saksikan, dan sejarawan yang membahas keadaan Persemakmuran Inggris saat ini dan hubungan keluarga kerajaan dengan pers, serial ini lebih dari sekadar menerangi cerita cinta satu pasangan."

3 dari 4 halaman

Sempat Tertunda

Netflix menyampaikan, "Itu melukiskan gambaran dunia kita dan bagaimana kita memperlakukan satu sama lain. Belum ada tanggal rilis yang diumumkan, tapi proyek tersebut akan 'segera hadir.'"

Penayangan proyek dokumenter ini sempat tertunda. Pasalnya, menurut laporan PageSix, pasangan Sussex ingin menyunting isi program yang ditunggu-tunggu, membuat tayangan tersebut awalnya mungkin muncul pada 2023. 

Seorang sumber mengatakan, Meghan dan Harry ingin mengurangi banyak bagian yang menceritakan tentang Raja Charles, Permaisuri Camilla, Pangeran William, dan Kate Middleton. "Banyak percakapan terjadi. Saya mendengar bahwa Harry dan Meghan ingin serial itu ditunda sampai tahun depan. Mereka ingin mengulur waktu," katanya.

Sementara itu, salah satu orang dalam Netflix yang memiliki posisi tinggi menuturkan, "Netflix sangat ingin dokumenter Harry dan Meghan tersebut tayang pada Desember (2022). Ada banyak tekanan pada (CEO Netflix) Ted Sarandos, yang memiliki hubungan dengan Harry dan Meghan, untuk menyelesaikan program ini."

Dokumenter Harry dan Meghan disutradarai Liz Garbus yang dinominasikan dalam Piala Oscar. Ia sebelumnya pernah menangani dokumenter yang berfokus pada selebritas, termasuk Love, Marilyn, What Happened, Miss Simone? dan Becoming Cousteau.

4 dari 4 halaman

Kontrak Jangka Panjang

Meghan dan Harry pertama kali menandatangani kontrak jangka panjang dengan Netflix pada September 2020. Saat itu, The New York Times melaporkan, rumah produksi Sussex, yang kemudian dinamai Archewell Productions, akan secara eksklusif membuat film dokumenter, serial dokumenter, fitur film, acara bernaskah, dan program anak-anak untuk platform populer.

Meghan secara singkat berbicara tentang apa yang dapat diharapkan penonton dalam serial dokumenter tersebut dalam wawancara dengan Variety, Oktober lalu. "Senang bisa mempercayai seseorang dengan cerita kamu, sutradara berpengalaman yang karyanya sudah lama saya kagumi, bahkan jika itu berarti mungkin bukan cara yang awalnya kami inginkan," katanya tentang bekerja bersama Garbus.

"Tapi bukan itu alasan kami menceritakannya," ia menyambung. "Kami mempercayakan cerita kami pada orang lain, dan itu berarti akan (diceritakan) melalui lensa mereka."

"Menarik. Suami saya belum pernah bekerja di industri ini (hiburan) sebelumnya," Meghan berkata. "Bagi saya, setelah mengerjakan Suits, sungguh luar biasa berada di sekitar begitu banyak energi kreatif dan melihat bagaimana orang bekerja sama dan berbagi sudut pandang mereka sendiri. Itu sangat menyenangkan."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS