Sukses

6 Fakta ENHYPEN yang Dikabarkan Akan Gelar Konser di Jakarta Maret 2023

Liputan6.com, Jakarta - ENHYPEN dikabarkan akan menggelar konser di Jakarta pada Maret 2023. Kabar ini kadung beredar kendati belum ada pengumuman resmi dari BE:LIFT, agensi boy group yang debut pada 30 November 2020 itu.

Namun, pihak promotor melalui Instagram Jakarta Konser, baru-baru ini, mengonfirmasi bahwa Jungwon dkk akan menyapa ENGENE, sebutan penggemar ENHYPEN, di Indonesia melalui gelaran konser. "We can’t wait to see u guys in Jakarta (Kami tidak sabar bertemu dengan kalian di Jakarta)," tulis mereka di salah satu unggahan.

Sebelumnya, akun Instagram @konser.id sempat melempar kode bahwa pelantun Just A Little Bit itu akan menggelar konser di Jakarta pada 18--19 Maret 2023. Sementara Jakarta mungkin saja jadi persinggahan, tur konser ENHYPEN bertajuk "MANIFESTO" telah terselenggara di Seoul, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang.

ENHYPEN mungkin pendatang baru di dunia K-pop, tapi mereka sudah membuktikan diri sebagai grup yang harus diperhitungkan. Personelnya terdiri dari Jungwon, Heeseung, Sunghoon, Jay, Sunoo, Jake, dan Ni-ki. Mereka telah memecahkan banyak rekor sejak debut dua tahun lalu.

Berkenalan lebih jauh, berikut fakta-fakta lain ENHYPEN, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (1/12/2022).

1. Awal terbentuk

Mereka berkompetisi dan dibentuk melalui acara reality show, I-LAND. "I-LAND dirancang untuk mengembangkan dan melahirkan grup idola yang sempurna," kata situs resminya, dilansir dari cosmo.ph.

Sebanyak 23 peserta laki-laki mengikuti kompetisi, di mana mereka menjalani serangkaian tantangan yang membuktikan kemampuan dalam menyanyi, menari, dan rap. Di bawah bimbingan Bang Si Hyuk, yang saat itu masih jadi CEO HYBE, bintang internasional Rain, dan penyanyi/produser pemuncak tangga lagu Zico, para perserta dari berbagai latar belakang ini berjuang memperebutkan posisi tujuh teratas.

Pada akhirnya, Heeseung, Ni-ki, Jake, Jay, Jungwon, dan Sunghoon merebut enam tempat teratas. Sunoo, pilihan produser, adalah bagian terakhir yang menyempurnakan puzzle ENHYPEN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Ragam Latar Belakang

Para personel ENHYPEN berasal dari ragam latar belakang. Grup itu memiliki anggota internasional: Jay dari Amerika Serikat, Jake dari Australia, dan Ni-ki dari Jepang. Selain, ada juga atlet dalam tim: Sunghoon, yang merupakan atlet skater pemuda nasional pemenang penghargaan.

Juga, Jungwon sebagai pemain taekwondo yang kompetitif. Heeseung pernah jadi trainee Big Hit, seperti halnya Jay dan Sunghoon. Sementara itu, Sunoo terpilih melalui audisi BE:LIFT di Seoul.

3. Awalnya sulit berkomunikasi

Dengan latar belakang beragam, tidak mengherankan mengetahui bahwa saat pertama kali berkumpul, personel ENHYPEN hampir tidak dapat berbicara satu sama lain. Inilah yang diungkap Sunghoon, Jake, dan Jungwon ketika jadi tamu di podcast K-Pop Daebak Show yang dipandu Eric Nam.

Namun akhirnya, Jake mengatakan bahwa karena keragaman inilah mereka dapat menampilkan banyak warna musik. "Saya pikir itu adalah salah satu kekuatan grup kami," kata idol kelahiran Seoul, 20 tahun lalu itu.

3 dari 4 halaman

4. Asal Nama ENHYPEN

Terungkap selama babak final I-LAND bahwa grup tersebut akan diberi nama ENHYPEN. Seperti tanda baca "hypen" yang akrab umum digunakan menghubungkan kata, ENHYPEN bertujuan terhubung, menemukan satu sama lain, dan tumbuh bersama.

Ini adalah nama simbolis yang diharapkan menyatukan para personel melalui jenis musik yang membantu menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia. Beberapa minggu setelah final, ENHYPEN yang baru dicetak juga mengumumkan bahwa nama klub penggemar resmi mereka akan adalah ENGENE.

Dalam video yang diunggah di saluran YouTube resmi grup, mereka menjelaskan bahwa nama klub penggemar memiliki dua arti. Pertama, itu berarti penggemar ENHYPEN adalah "mesin" yang membantu para personel tumbuh dan terus maju.

Kedua, itu berarti bahwa baik penggemar maupun para member memiliki "gen" yang sama untuk terhubung, menemukan, dan tumbuh bersama. Karena mereka debut selama pandemi, para personel ENHYPEN terbiasa hanya bertemu penggemar mereka secara online.

Inilah mengapa menerima banyak perhatian dan dukungan terasa tidak nyata pada awalnya, ungkap Jungwon dalam podcast yang sama dengan Eric Nam.

4 dari 4 halaman

5. Tidak Punya Peran Khusus

Di dunia K-pop, penggemar terbiasa mengetahui bahwa seorang personel grup adalah visual, vokal utama, atau penari utama. Jadi, cukup menyegarkan mengetahui bahwa selain memiliki Jungwon sebagai pemimpin, tidak ada personel lain di ENHYPEN yang memiliki peran khusus.

Itu karena para anggota memiliki pola pikir yang ingin terus mereka tingkatkan. "Kami ingin membuktikan bahwa kami dapat memenuhi semua posisi dengan kualitas tinggi," kata Jungwon pada Eric Nam dalam episode K-Pop Daebak Show mereka.

6. Pecahkan banyak rekor

Dalam dua tahun karier mereka, ENHYPEN telah banyak mencatat rekor fantastis. Ketika mereka comeback dengan MANIFESTO: DAY 1 pada 4 Juli 2022, misalnya. Melansir allkpop, menurut data yang dirilis Hanteo, album tersebut terjual 768.603 eksemplar pada hari pertama perilisan.

Dengan ini, MANIFESTO: DAY 1 telah jadi penjualan album hari pertama terlaris boy group ini dengan memecahkan rekor pribadi mereka yang sebelumnya ditetapkan DIMENSION: DILEMMA, yang terjual 501.748 eksemplar pada hari pertama perilisan.

ENHYPEN juga terus mencetak rekor baru di Jepang, pasar musik terbesar kedua di dunia. Pada 27 Juli 2022, grup ini mencapai #1 di BILLBOARD JAPAN's ARTIST 100, menjadikan mereka artis K-Pop termuda dan ke-5 secara keseluruhan yang melakukannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS