Sukses

Lagi, Shanghai Disneyland Tutup Sementara Hanya 4 Hari Setelah Buka Kembali

Liputan6.com, Jakarta - Shanghai Disney Resort kembali menutup sementara taman hiburan Shanghai Disneyland hanya empat hari setelah dibuka kembali, karena naiknya kasus COVID-19 di kota tersebut. Ini adalah ketiga kalinya tahun ini Shanghai Disneyland ditutup karena kebijakan nol-COVID China.

Melansir SCMP, Rabu (30/11/2022), Shanghai Disney Resort, yang meliputi taman dan hotel, serta area Disneytown dan Wishing Star Park, meminta maaf atas "penutupan sementara" dalam sebuah pernyataan Selasa, 29 November 2022. Pihaknya mengatakan perlu mematuhi persyaratan pengendalian virus corona baru di Shanghai.

Tanggal pembukaan kembali belum diumumkan, tapi dua hotel: Shanghai Disneyland Hotel dan Toy Story Hotel, serta Wishing Star Park akan tetap buka. "Ini merupakan pukulan lain bagi sektor pariwisata Shanghai," kata CEO agen Perjalanan Internasional Shanghai Yaheng, Li Wenjie.

Ia menyambung, "Industri perjalanan kota sepertinya tidak akan pulih dalam waktu dekat."

Taman hiburan itu telah ditutup selama 101 hari antara 21 Maret dan 30 Juni 2022, juga karena pengendalian penyebaran COVID-19. Penutupan itu tumpang tindih dengan penguncian di seluruh Shanghai pada April dan Mei lalu, karena wabah yang membuat kota berpenduduk 25 juta jiwa itu mencatat lebih dari 600 ribu infeksi.

Pada Selasa, 29 November 2022, komisi kesehatan setempat mengatakan, pihaknya telah mendeteksi 178 kasus baru, 20 di antaranya bergejala, selama 24 jam sebelumnya. Ini merupakan catatan tertinggi sejak Shanghai mencabut penguncian seluruh kota selama dua bulan pada 1 Juni 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pembukaan Kembali

Shanghai Disneyland telah dibuka kembali Jumat lalu, 25 November 2022, setelah absen selama 25 hari. Pembukaan kembali bertepatan dengan kebangkitan kembali kasus-kasus yang mendorong pemerintah kota membatasi pergerakan orang-orang yang datang dari luar Shanghai.

Saat ini, orang dilarang memasuki tempat umum, seperti restoran, bar, pusat perbelanjaan, toko bahan makanan, dan pusat kebugaran dalam ruangan selama lima hari setelah mereka memasuki kota. Shanghai Disney Resort mengatakan Kamis lalu, 24 November 2022, bahwa pengunjung dalam kategori ini dapat menikmati sebagian besar pengalaman taman hiburan.

Catatannya, mereka dilarang makan di restoran dalam ruangan atau berbelanja di lokasi ritel selama lima hari pertama. Setelah itu, pengunjung bisa bergerak bebas di dalam resor.

"Disneyland adalah tujuan wisata utama di Shanghai, karena menarik ribuan pengunjung setiap hari," kata Meng Tianying, seorang eksekutif senior di konsultan Domo Medical yang berbasis di Shanghai. "Pembukaan kembali memang meningkatkan risiko infeksi, dan ini bukan saat yang tepat untuk melanjutkan operasi."

3 dari 4 halaman

Tiba-Tiba Tutup Sementara

Sebelumnya, Shanghai Disney Resort tiba-tiba menangguhkan operasional mereka pada 31 Oktober 2022, waktu setempat, demi mematuhi langkah-langkah pencegahan COVID-19. Saat pengumuman, ribuan pengunjung diarahkan untuk tinggal di area taman bermain sampai menerima hasil tes negatif untuk virus tersebut.

Melansir CNN, resor mengatakan pada 11.39, waktu setempat, bahwa pihaknya akan segera menutup taman hiburan utama dan daerah sekitar, termasuk jalan perbelanjaannya, hingga pemberitahuan lebih lanjut. Pemerintah Shanghai mengatakan di akun WeChat resmi bahwa taman bermain itu melarang orang masuk atau keluar.

Juga, semua pengunjung di dalamnya harus menunggu hasil tes mereka sebelum bisa pergi. Siapa pun yang telah mengunjungi taman bermain itu sejak 27 Oktober 2022 perlu melakukan tes COVID-19 tiga kali dalam tiga hari, katanya.

Taman hiburan terus mengoperasikan wahana untuk pengunjung yang terjebak selama penutupan kemarin, menurut sejumlah laporan warganet di media sosial. Seorang juru bicara Shanghai Disney Resort mengatakan, resor itu masih mengoperasikan "penawaran terbatas."

 

4 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Juga, mereka mengikuti langkah-langkah sejalan dengan pedoman dari otoritas kesehatan China. Pihaknya pada 29 Oktober 2022 mengatakan bahwa mereka telah mulai beroperasi dengan pengurangan tenaga kerja demi mematuhi langkah-langkah pencegahan COVID-19.

Shanghai melaporkan 10 kasus yang ditularkan secara lokal pada 30 Oktober 2022, yang semuanya dikatakan tanpa gejala. Penutupan tersebut menandai gangguan terbaru untuk Shanghai Disney Resort, yang ditutup selama lebih dari tiga bulan selama penguncian Shanghai awal tahun ini.

Disney Resort Shanghai juga ditutup selama dua hari pada November tahun lalu dengan lebih dari 30 ribu pengunjung terjebak di dalam. Kala itu, pihak berwenang memerintahkan mereka semua untuk diuji COVID-19 dalam latihan pelacakan kontak.

Video yang beredar di platform Weibo China, beberapa waktu lalu, menunjukkan orang-orang bergegas ke gerbang taman hiburan yang sudah dikunci. Otoritas lokal di seluruh China terus memberlakukan tindakan tiba-tiba dan ekstrem untuk memotong kemungkinan penularan virus begitu kasus muncul.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS