Sukses

6 Fakta Persiapan Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Konsep Pesta hingga Maskawin

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Presiden Joko Widodo akan menikahkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, telah tersiar sejak beberapa bulan lalu. Bahkan tampaknya pernikahan Kaesang dan Erina sudah di depan mata, lantaran pasangan kekasih ini sudah mengurus persyarat nikah ke KUA. 

Persiapan pernikahan Kaesang dan Erina menjadi sorotan, karena salah satunya merupakan anak dari orang nomor satu di Indonesia. Publik juga penasaran dengan persiapan pernikahan mereka yang akan dilaksanakan bulan Desember nanti. Untuk itu, simak enam fakta persiapan pernikahan Kaesang dan Erina yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada, Sabtu, (26/11/2022). 

1. Prewedding Busana Daerah

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono membuat konsep prewedding dengan berbagai tema, salah satunya pakaian adat. Belum lama pasangan ini mengunggah konsep adat Dayak, Kalimantan. Kaesang dan Erina terlihat memakai baju adat Ta'a dan Sapei Sapaq yang identik dengan motif cantiknya.

Erina juga membuat pose seperti orang sedang menari. Sementara Kaesang juga tampak juga menggunakan mandau atau pedang ukiran yang dipasang di pinggangnya.

Sebelumnya, sudah ada beberapa tema adat yang diangkat seperti Bali, NTT, hingga Lampung. Bukan tidak mungkin, setelah konsep adat Dayak ini masih ada konsep foto dari daerah lainnya.

Momen pernikahan mereka pun juga tepat untuk meluncurkan kalender karena digelar di bulan Desember. "Banyak banget konsepnya, dah cocok buat di print di kalender bulanan 2023," tulis seorang warganet di kolom komentar.

Tapi dari sekian banyak konsep prewedding, tema sepakbola dengan lokasi di stadion termasuk unik dan tak biasa dilakukan oleh pasangan umumnya. Kaesang dan Erina juga memakai kaus bola yang bertuliskan tanggal pernikahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Konsep Pesta Rakyat

Taman Pura Kemangkunegaraan di Solo akan menjadi tempat pesta pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gundono berlansung. "Ada dua persiapan memang, satu kegiatan untuk masyarakat dimana ada festival kecil dan hiburan tapi juga ada pernikahan," kata Menteri BUMN Erick Thohir yang dipercaya Presiden Joko Widodo meninjau lokasi kepada awak media di Taman Pura Kemangkunegaraan, Solo, dikutip dari kanal News Liputan6.com, Minggu (20/11/2022).

Erick memastikan, nantinya akan ada sejumlah panggung yang digelar tersebar di Taman Pura Kemangkunegaraan. Masyarakat umum nantinya bisa menikmati suguhan tersebut, sembari menghadiri pernikahan Kaesang dan Erina yang digadang berlangsung pada 10 Desember mendatang.

"Akan ada festival kecil-kecilan, ada sembilan panggung yang akan dirasakan kemeriahannya untuk masyarakat Solo, ya semacam itu (pesta rakyat)," beber Erick.

3. Maskawin

Selain itu, mengenai maskawin Kaesang untuk Erina terungkap dari penuturan Kepala KUA Kecamatan Depok Yogyakarta, Muhammad Wiyono. Ia mengungkapkan, pihak Erina Gudono telah mendatangi kantor KUA Depok Yogyakarta, November 2022, untuk melengkapi data-data pernikahan telah dimasukkan dan dicocokkan.

"Ya, (datang) untuk kroscek data yang sudah masuk. Sambil melengkapi data yang masuk kita cocokkan kepada yang bersangkutan," sebut Muhammad Wiyono ketika dihubungi wartawan, Jumat, 25 November 2022.

Untuk entri data, calon pengantin diminta mengisi keterangan soal maskawin. Dari sini terungkap maskawin pernikahan Kaesang-Erina yaitu seperangkat alat salat dan uang tunai.

"Maskawin nanti untuk keperluan entri data. Untuk sementara (maskawinnya) seperangkat alat salat dan ada tambahan uang 300 ribu rupiah. Sementara itu," sebutnya.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Lokasi Akad

Diketahui Erina Gudono dan Kaesang Pangarep akan menggelar akad nikah di kawasan elit Royal Ambarrukmo Yogyakarta, yang secara administrasi berada di kecamatan Depok. Kabar tersebut diketahui dari Kepala KUA Mlati Yogyakarta, Sigit Purnomo, yang membenarkan bahwa surat numpang nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah terbit 16 November 2022.

Ibunda Erina Gudono disebut sebagai pihak yang mengurus berkas surat numpang nikah karena lokasi akad tidak berada di lingkungan tempat tinggalnya, di kecamatan Mlati, Yogyakarta.

"Jadi tugas kami adalah membuat surat pengantar numpang nikah. Kita sudah buatkan pada tanggal 16 November 2022, hari Rabu kemarin untuk pengantar ke KUA Depok,” kata Sigit Purnomo dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Jumat, 25 November 2022. 

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi sempat sidak ke Royal Ambarrukmo pada Minggu, 16 Oktober 2022. Kedatangan RI-1 itu menguatkan isu Kaesang dan Erina bakal menggelar akad nikah di sana. Ketika itu, pihak Istana maupun Royal Ambarrukmo masih belum mau menjelaskan detail akad.

4 dari 4 halaman

5. Acara Siraman

Sementara itu, keluarga Presiden Jokowi diketahui telah memesan sejumlah peranti pernikahan dari beskap komplet untuk panitia hingga celana siraman. Calon suami Erina Gudono bakal memakai celana siraman motif cinde. Hal ini telah dikonfirmasi pemilik gerai Busana Jawi Suratman, Giyamto, di Jalan Teukur Umar Solo, pekan ini.

Cinde memang identik dengan siraman dan pernikahan dalam kultur masyarakat Jawa karena memiliki makna mendalam bagi pengantin serta keluarga. Filosofi cinde disebut memiliki makna memulai kehidupan baru.

"Nanti kalau sudah ikut dalam kehidupan, cinde dipakai untuk sabuk (pas) akad nikah. Pokoknya sudah menepati kewajiban," sebut Giyamto dilansir dari video interviu di kanal YouTube Berita Surakarta, Rabu 23 November 2022.

Kepada para jurnalis, Giyamto dan tim menjelaskan celana siraman Kaesang Pangarep sudah siap. Tetapi, ia enggan menjelaskan di mana lokasi prosesi siraman putra bungsu Jokowi.

6. Seragam Panitia Penikahan

Presiden Jokowi dikabarkan juga telah memesan puluhan beskap komplet sebagai seragam untuk panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar Desember 2022. Informasi tersebut dikonfirmasi pemilik gerai Busana Jawi Suratman, Giyamto, di bilangan Teukur Umar Solo, baru-baru. Ia membenarkan Presiden Jokowi memesan seragam panitia mencapai puluhan.

"Semua panitia itu 82, yang pria 63, putrinya 19. Atela, sama beskap landung, sama beskap (biasa),” beber Giyamto, kami lansir dari kanal YouTube Berita Surakarta, Rabu 23 November 2022.

Masing-masing beskap punya model dan potongan berbeda untuk kebutuhan spesifik. Giyamto belum mau menjelaskan detail, hanya memberi garis besar bocoran perihal beskap.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS