Sukses

Tiket Konser BLACKPINK di Jakarta Dijual Online 14--15 November 2022, Simak Ketentuannya

Liputan6.com, Jakarta - Tiket konser BLACKPINK di Jakarta akhirnya resmi dijual per 14--15 November 2022. Padahal, kepastian lokasi konser masih menjadi tanda tanya setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali melarang kegiatan apapun di Gelora Bung Karno (GBK) karena akan dipakai untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu, 13 November 2022, tiket.com menjadi partner dalam penjualan tiket konser BLACKPINK yang bertajuk BLACKPINK World Tour [Born Pink] Jakarta. Konser itu disebut akan diselenggarakan selama dua hari berturut-turut pada 11--12 Maret 2023 di Main Stadium GBK, Jakarta.

"Komunitas penggemar BLACKPINK atau BLINKs sangat besar di Indonesia dan tentu konser ini sudah sangat dinantikan. Konser akbar dari salah satu grup terbesar dunia ini menjadi manifestasi nyata pemulihan industri hiburan di Indonesia dan tiket.com terus berkomitmen untuk dukung kebangkitan industri pariwisata dan hiburan di Indonesia," kata Maria Risa Puspitasari, VP of Brand Marketing.

Konser tersebut merupakan konser BLACKPINK kedua semenjak konser In Your Area pada 2019. Pada konser ini, BLACKPINK akan mempromosikan materi album baru mereka, Born Pink, dengan hits seperti Pink Venom, Shut Down, secara live, juga termasuk berbagai hits dari album sebelumnya yang membawa BLACKPINK ke puncak ketenaran.

Prestasi terbaru pun diraih ketika BLACKPINK meluncurkan Born Pink. Grup yang dibentuk pada 2016 itu menjadi girl group K-Pop perdana dalam sejarah yang meraih predikat Double Million Seller karena berhasil jual album 2+ juta keping album. Single terbaru yang bertajuk Pink Venom ditonton sebanyak 90+ juta kali dalam kurun waktu 24 jam, menjadikannya sebagai salah satu video yang paling banyak ditonton dalam kurun waktu 24 jam pada 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Aturan Pembelian

Tiket dapat dibeli secara online melalui aplikasi. Maria Risa menjelaskan penjualan tiket konser pada 14 November 2022 ditujukan untuk pemegang membership Weverse VIP dan Reguler, sedangkan 15 November 2022 untuk publik. Detailnya sebagai berikut:

BLINK MEMBERSHIP EARLY BIRD Presale: 14 November 2022 pukul 09.00 - 13.00

BLINK MEMBERSHIP Presale: 14 November 2022 pukul 14.00 - 17.00

Public On Sale - Day 1: 15 November 2022 pukul 12.00

Public On Sale - Day 2: 15 November 2022 pukul 14.00

Berikut adalah detail dan daftar harga tiket* per kategori:

- VIP** (Seating) : Rp3.800.000

- Platinum (Seating) : Rp3.400.000

- Cat 1 (Seating) : Rp2.900.000

- Cat 2 (Seating) : Rp2.600.000

- Cat 3 (Seating) : Rp2.100.000

- Cat 4 (Seating) : Rp1.350.000

*Harga tiket sudah termasuk pajak.

**Soundcheck pass khusus untuk pembeli tiket VIP.

"Kami berharap agar konser ini dapat jadi salah satu konser terbesar di tahun 2023, serta mengobati kerinduan Sobat Tiket untuk bertemu kembali dengan BLACKPINK. Segera #BulatkanTiketmu untuk ikut bernyanyi dan menari bersama BLACKPINK secara live. Kami juga menghimbau untuk menjaga ketertiban dengan menaati peraturan keramaian di lokasi konser, tetap mawas diri terhadap kondisi kesehatan, dan menjaga protokol kesehatan yang berlaku saat menonton konser," kata Maria Risa.

3 dari 4 halaman

Larangan Menpora

Dikutip dari kanal Bola Liputan6.com, Menpora memastikan bahwa BLACKPINK tidak bisa menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Maret 2023. Konser itu hanya berselang dua bulan sebelum Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023. Stadion Utama Gelora Bung Karno termasuk salah satu venue event bergengsi tersebut.

Konser Blackpink di GBK dikhawatirkan akan merusak rumput sehingga mengganggu pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023. Padahal, SUGBK akan menjadi pusat utama gelaran Piala Dunia U-20 2023.

"Semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan sudah disetujui FIFA, November ini akan mulai direnovasi. Nah, bagi yang sudah selesai tidak diizinkan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan lain. Itu clear betul," ujar Menpora kepada wartawan usai pelantikan Sesmenpora di Jakarta, Rabu, 2 November 2022.

Sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2023, GBK tidak boleh dipakai untuk kegiatan lain enam bulan sebelum pelaksanaan turnamen. Tak hanya konser Blackpink, timnas Indonesia juga tak bisa memakai SUGBK untuk Piala AFF 2022.

"Kami akan beritahu kepada pimpinan provinsi dan kabupaten/ kota bahwa lapangannya akan direnovasi, karena itu kan ada perjanjian yang menjadi pegangan FIFA. Makanya, saya bisa pastikan itu (konser) tidak mungkin (digelar di GBK)," lanjut Menpora.

4 dari 4 halaman

6 Lokasi

Menpora yakin bisa mencegah Blackpink konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno meski promosi sudah gencar dilaksanakan. "Kan GBK punya negara. Tinggal bicara saja kepada Mensetneg. Jadi saya jamin," ucap Amali.

Indonesia menyiapkan enam lokasi untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023. Selain GBK, venue lainnya adalah Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Pemberitahuan mengenai terancamnya konser Blackpink di Indonesia pada Maret 2023 mendatang menuai keterkejutan dan beragam reaksi penggemar di media sosial.

"Gak kaget sih, malah lebih kaget pas kemarin pengumuman bakal konser di main stadium GBK."

"Jangan bilang, gantinya di ICE BSD? kapasitas penontonnya sedikit. fans nya membludak."

"Perasaan, konser Raisa juga ada di GBK bulan Februari, kenapa ini batal deh?"

Tak hanya memberikan tanggapan mereka terkait rencana pembatalan konser, para penggemar juga mempertanyakan soal kesepakatan dan perizinan yang telah dibuat oleh pihak penyelenggara dengan pihak stadion. Hal ini diklarifikasi oleh salah satu penggemar melalui akun @adeknyajiun.

"Buat yang tanya, ‘apakah Blackpink sudah izin dan booking ke GBK sebelumnya’, jawabannya IYA. SUDAH," cuit akun tersebut.

Ia mengklaim, "Ini jadwal GBK sudah dipesan bulan Maret buat acara musik internasional. Bahkan, di awal Maret juga ada Raisa yang sudah pesan stadion GBK buat konser. Jadi, ini murni keputusan mendadak dari Menpora."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS