Sukses

Anak Perempuan di Inggris Rayakan Ulang Tahun ke-11 di Tanggal dan Bulan 11

Louisa yang baru saja merayakan ulang tahun ke-11, lahir pada 11-11-2011 di pukul 11.11.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, angka atau tanggal cantik adalah hal yang menarik dan identik dengan dirinya. Salah satunya terjadi pada seorang anak perempuan di Inggris, Louisa Sullivan.

Louisa termasuk sedikit orang yang tanggal lahirnya sangat unik karena hampir sama yaitu 11-11-2011 atau lahir pada 11 Novenber 2011. Itu berarti, di tahun ini ia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-11.

Melnasir The Sun, Jumat, 11 November 2022, ada satu fakta lagi yang diungkapkan ibunya, yaitu Louisa awalnya diperkirakan akan lahir saat perayaan Halloween yaitu pada 31 Oktober. Tapi ternyata ia baru lahir 11 hari kemudian, tepat tanggal 11 November di pukul 11.11.

Di beberapa kebudayaan maupun negara, kesamaan angka seperti itu sering dianggap sebagai keberuntungan.  "Kelahiran Louisa diharapkan meneruskan tradisi keluarga, neneknya dan nenek buyutnya juga lahir saat perayaan Halloween. Saya sempat kesal karena ternyara waktu kelahirannya tidak sesuai harapan kami," kenang sang ibu, Christine.

"Tapi sekarang saya tahu kalau Louisa telah disiapkan untuk lahir di waktu yang lebih spesial. Dia lahir 11 tahun lalu pada 11 November di jam 11.11 malam. Bagi saya, dia adala bayi yang membawa keajaiban," sambungnya.

Bagi Christine, tanggal kelahirannya yang unik sudah cukup menandakan kalau dia gadis yang luar biasa.  Tak hanya Louisa, seorang anak lak-laki di Hertfordshire, Inggris, juga lahir di waktu yang sama.

Bocah bernama Daniel Saunders itu juga baru saja merayakan ulang tahun ke-11. Ia lahir pada 11 November 2011 pukul 11.11 siang.

Saat merayakan ulang tahun ke-11, Daniel mendapatkan 11 kado. “Rasanya lebih menyenangkan dari perayaan ulang tahun yang pernah aku alami sebelumnya,” ucap Daniel. "Sebelas adalah nomor terbaik dalam numerology, itu berari aku punya potensi yang sangat bagus," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggal Cantik

Selain dianggap membawa keberutungan, tanggal cantik telah jadi kesempatan bagi pelaku bisnis untuk menjaring pelanggan. Merujuk studi terbaru TikTok, orang Indonesia dilaporkan suka belanja di tanggal cantik, seperti 7.7 hingga 12.12, atau yang disebut pihaknya sebagai "periode mega sales."

Berdasarkan laporan TikTok terkait perilaku pengguna di pasar Asia Tenggara yang diterbitkan pada Februari 2022, 75 persen pengguna mereka di Indonesia memilih belanja produk di periode tersebut. "Karena ini musim belanja online, jadi banyak promo dan launching produk baru," ungkap Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia, dalam jumpa pers virtual, Selasa, 5 Juli 2022.

Ini juga serupa dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Yang tertinggi adalah Thailand dengan 87 persen, disusul Filipina 85 persen, Vietnam 81 persen, Malaysia 79 persen, dan Singapura 72 persen. Resti juga mengungkap, sembilan dari 10 orang Indonesia sangat menunggu musim mega sales di tanggal cantik untuk belanja online.

Per 2021, momen 12.12 jadi partisipasi tertinggi dengan persentase 82 persen. Resti menyebut, 94 persen pengguna TikTok di Indonesia menunggu periode tanggal cantik setiap tahunnya. Bahkan mereka juga membeli suatu produk saat momentum tanggal dobel di tahun 2021.

 

3 dari 4 halaman

Hari Jomblo Sedunia

"Sebanyak 62 persen pengguna TikTok di Indonesia juga sudah memasukkan barang idamannya ke cart (keranjang online), sebelum membelanjakannya di tanggal tersebut," lanjut Resti.  Namun, ada yang berbeda untuk tanggal kembar di bulan November ini.

Tanggal 11 November tidak hanya diingat sebagai kesempatan masyarakat untuk mendapatkan diskon dari berbagai platform belanja daring, tetapi diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia.  Singles Day atau Hari Jomblo sebenarnya merupakan hari libur bagi masyarakat China.

Hal ini dimaksudkan agar para masyarakat yang masih lajang mengapresiasi dirinya sendiri sebagai orang lajang. Nama ‘Single Day’ merupakan versi bahasa Inggris dari Guanggun Jie. Secara harfiah dapat diartikan sebagai single sticks day, sebuah permainan kata-kata yang berada di China dengan tampilan tanggal 11/11.

Melansir National Today, Jumat (11/11/2022), perayaan ini dimulai oleh sekelompok mahasiswa laki-laki di Universitas Nanjing China pada 11 November 1993. Mahasiswa yang masih melajang pada saat itu memilih untuk merayakan Hari Jomblo sendiri daripada meratapi nasib tanpa pasangan. Pemilihan 11 November sebagai Hari Jomblo dikarenakan angka 11/11 terlihat seperti empat tongkat tunggal yang dirangkai. Mereka mencoba untuk memanfaatkan momen ini sebaik mungkin.

4 dari 4 halaman

Hari Penjualan Terlaris

Peringatan ini dengan cepat berkembang menjadi hari libur tidak resmi. Semua orang lajang di China menikmati harinya dengan makan malam yang menyenangkan dan membelanjakan barang-barang yang tidak akan mereka beli untuk diri sendiri. Oleh sebab itu, Singles Day menjadi satu-satunya liburan belanja daring paling menguntungkan di dunia.

Pada 2017, penjualan pada 11 November mencapai 25 miliar dolar AS atau sekitar Rp375 triliun!  Pada 11 November 2009, CEO Alibaba, Jack Ma mengorganisasikan penjualan pada Hari Jomblo. Ia mendeklarasikan pula bahwa 11 November menjadi hari penjualan terlaris di dunia pada tahun tersebut.

Sejak pendeklarasian Jack Ma sebagai hari masyarakat untuk memanjakan diri dengan belanja, 11 November menjadi hari belanja terbesar di dunia. Bahkan, hari belanja pada tanggal ini lebih besar dari gabungan antara Amazon’s Prime Day and Black Friday.  Pada 11 November 2012, tren Single Day di Cina yang dimanfaatkan para orang lajang untuk berbelanja, melampaui penjualan pada Cyber Monday sebagai hari belanja daring terbesar tahun ini. Kenaikan tersebut lebih dari dua kali lipat.

Dilihat dari kacamata ekonomi, dengan penjualan dan keuntungan yang masif, Hari Jomblo Sedunia masih menjadi hari yang penting bagi para retail untuk berjualan. Pada perayaan hari jomblo ini merupakan saat yang tepat untuk meluncurkan atau mempromosikan suatu produk baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.