Sukses

Pakar: Diet Raw Vegan Favorit Gwyneth Paltrow Bisa Picu Risiko Kesehatan

Ada beragam pola makan atau diet yang diadopsi oleh orang, salah satunya diet raw vegan. Diet ini sendiri disebut menjadi favorit dua selebritas dunia, seperti Gwyneth Paltrow dan Demi Moore.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam pola makan atau diet yang diadopsi oleh orang, salah satunya diet raw vegan. Diet ini disebut menjadi favorit dua selebritas dunia, seperti Gwyneth Paltrow dan Demi Moore.

Dikutip dari New York Post, Jumat, 4 November 2022, vegetarisme dan veganisme begitu populer, tetapi diet terbaru membuat orang hanya mengonsumsi makanan nabati mentah tanpa dimasak. Beberapa bahkan tidak mau makan makanan yang telah diproses atau diubah dari keadaan alaminya, seperti oat atau susu almond.

Penggemar diet raw vegan mengklaim bahwa memasak sayuran menyebabkan hilangnya nutrisi dan enzim. Mereka percaya bahwa diet akan mencegah atau membalikkan penyakit, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, seorang ahli memperingatkan tren diet raw vegan sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan jika diikuti untuk jangka waktu yang lama. Lantas, apa kata pakar?

"Sementara mengikuti pola makan nabati dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, pola makan raw vegan berpotensi mengambil hal-hal yang terlalu jauh dan mungkin datang dengan risiko yang lebih besar jika tidak diikuti dengan hati-hati," kata Dr. Laura Brown, seorang ahli gizi terdaftar dan dosen senior dalam ilmu gizi, makanan dan kesehatan di Teesside University.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan mentah tertentu bisa lebih sehat daripada saat dimasak, seperti kubis Brussel dan kubis merah. Tetapi, Dr. Brown menulis di The Conversation bahwa beberapa sayuran mengandung nutrisi yang lebih tinggi saat dimasak karena dinding selnya dipecah dan nutrisi dilepaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berisiko

Sayuran yang dimasak juga bisa memberi tubuh lebih banyak antioksidan. Misalnya, bayam yang dimasak membuat tubuh lebih mudah menyerap kalsiumnya. Sayuran seperti asparagus, jamur, wortel, brokoli, kangkung dan kembang kol juga memiliki lebih banyak nutrisi saat dimasak, katanya.

Dia menjelaskan bahwa orang yang menganut pola makan raw vegan juga bisa kekurangan vitamin dan mineral, seperti vitamin D, vitamin B12, seng dan zat besi, yang berasal dari konsumsi daging dan telur. Vitamin ini mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan berperan dalam struktur, pengembangan dan produksi sel-sel otak dan saraf.

Tingkat vitamin B12 adalah perhatian terbesar. Sebuah studi pada 2005 menunjukkan bahwa 38 persen dari peserta yang mengikuti konsumsi jangka panjang dari diet makanan mentah kekurangan vitamin B12.

Karena kekurangan ini, pola makan vegan mentah juga meningkatkan homosistein, yakni asam amino yang dipecah oleh B12. Peningkatan kadar homosistein dapat menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke yang lebih tinggi.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Diet Raw Vegan?

"Jika Anda berencana untuk diet raw vegan, penting untuk merencanakan dengan hati-hati untuk memastikan Anda mengonsumsi semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang optimal," kata Dr. Brown.

"Saya juga tidak akan merekomendasikan mengikutinya untuk jangka waktu yang lama karena banyak risiko yang mungkin ditimbulkannya," tegasnya.

Dikutip dari Healthline, Jumat, 4 November 2022, raw vegan adalah bagian dari veganisme. Seperti veganisme, pola makan ini mengecualikan semua makanan yang berasal dari hewan.

Kemudian ditambahkan konsep atau foodism mentah, yang menyatakan bahwa makanan harus dimakan sepenuhnya mentah atau dipanaskan pada suhu di bawah 104--118 derajat F (40--48 derajat Celcius). Gagasan hanya makan makanan mentah telah ada sejak pertengahan abad ke-19 ketika Presbyterian dan reformis diet Sylvester Graham mempromosikannya sebagai cara untuk menghindari penyakit.

Diet raw veagn umumnya kaya akan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini juga cenderung secara alami dalam makanan olahan.

Mereka yang memilih untuk mengikuti pola makan raw vegan seringkali dimotivasi oleh alasan kesehatan. Mereka percaya bahwa makanan mentah dan sedikit dipanaskan lebih bergizi daripada yang dimasak.

 

4 dari 4 halaman

Makanan yang Dikonsumsi dan Dihindari

Metode persiapan makanan alternatif, seperti membuat jus, memblender, merendam, menumbuhkan dan mengeringkan, digunakan sebagai pengganti memasak. Beberapa pendukung juga percaya bahwa pola makan raw vegan menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan manusia, itulah sebabnya suplemen sering kali tidak dianjurkan.

Makanan yang dikonsumsi:

- Buah segar, kering, dijus atau dikeringkan

- Sayuran mentah, dijus atau dikeringkan

- Kacang mentah dan biji-bijian

- Susu kacang mentah mentega kacang mentah

- Minyak cold-pressed

- Makanan fermentasi seperti miso, kimchi, dan asinan kubis

- Rumput laut

- Beberapa pemanis, seperti sirup maple murni dan bubuk kakao mentah yang belum diproses

- Bumbu, termasuk cuka dan kecap mentah yang tidak dipasteurisasi

 

Makanan yang dihindari:

- Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang dimasak

- Makanan yang dipanggang

- Kacang panggang dan biji-bijian

- Minyak olahan

- Garam Gula halus dan tepung

- Jus yang dipasteurisasi

- Kopi dan teh

- Alkohol

- Makanan olahan dan makanan ringan, seperti keripik dan kue kering

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.