Sukses

Adu Gaya 2 Anak Presiden yang Pernah Jalani Pemotretan Prewedding di Istana Bogor

Istana Bogor bukan tempat prewedding biasa. Sejauh ini, hanya orang tertentu yang bisa masuk ke sana, termasuk dua anak presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai tempat menarik dan berkesan yang bisa menjadi lokasi pemotretan prewedding.  Sejumlah tempat spesial hanya bisa jadi tempat pemotretan prewedding bagi segelintir orang saja, seperti di Istana Bogor di Bogor, Jawa Barat.

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri karena aspek historis, kebudayaan, dan faunanya.  Salah satu pasangan yang beruntung bisa menjalani sesi foto jelang pernikahan di Istana Bogor adalah pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Keduanya semakin gencar mempersiapkan pernikahan. Kabarnya, pernikahan keduanya akan diadakan pada Desember 2022 mendatang.

Keseriusan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu pun dibuktikan dengan melakukan sesi pemotretan prewedding. Kaesang dan Erina menjalani sesi pemotretan di Istana Bogor dalam balutan busana dari desainer ternama Tanah Air, yakni Biyan.

Baik Erina dan Kaesang sama-sama berpose seorang diri terlebih dahulu. Kaesang mengenakan kemeja lengan panjang dengan motif khas desainer Biyan yang dipadu dengan celana panjang warna cokelat dan sandal bertali bernuansa senada. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram Erina, beberapa hari lalu. 

Sementara, Erina berbalut atasan panjang tanpa lengan dipadu celana panjang dan ditambah aksen selendang yang disampirkan di lengannya. Rambutnya ditata dengan updo bun dengan pemakaian aksesori seperti anting-anting dan gelang serta mengenakan selop.

Pada salah satu potret menunjukkan Erina Gudono duduk di kursi dan Kaesang berdiri di sebelahnya. Berpose di samping dekorasi bunga yang indah, mereka tampak saling melihat satu sama lain dan tersenyum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pose Kaesang dan Erina

Erina juga membagikan potret dirinya tengah membelakangi Kaesang. Ia turut menyertakan keterangan yang jenaka pada unggahan itu. "Ayo senyum yang santai" Tapi jreeng…tetep aja ekspresi Mas @kaesangp nya banyak yang ngga match. Ngga papa ya Mas aku bagus disini soalnya," canda Erina.

Sedangkan, Kaesang mengunggah potret Erina seorang diri yang menatap ke jendela.  "Harus banget ya ngeliat gorden? Mending liat aku aja," tulisnya.

Tak hanya putra Jokowi, sebelumnya ada putra pasangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang juga pernah melakukan sesi foto prewedding di Istana Bogor. AHY dan Annisa Pohan juga bahkan menggelar resepsi pernikahan di Istana Bogor.

Pada 8 Juli 2005, AHY menikah dengan Annisa Larasati Pohan, mantan presenter dan model, serta anak dari mantan Deputi Gubernur BI, Aulia Pohan. Ketika menikah, AHY merupakan seorang perwira dengan pangkat letnan satu. Saat itu usianya 27 tahun dan Annisa berusia 24 tahun.

Dalam pernikahannya, mereka menggunakan adat Jawa yang kental akan nuansa militer dengan dilakukannya tradisi Pedang Pora. Saat AHY menikah, SBY baru menjabat sebagai presiden selama setahun. 

3 dari 4 halaman

Foto AHY dan Annisa Pohan

Pada Juni 2020, putra pertama SBY itu juga sempat membagikan kembali foto dirinya saat menjalani prewedding di Istana Bogor. AHY dan Annisa terlihat masih sangat muda dalam foto diunggah tersebut.  Dalam foto itu tersemat lokasi dan tanggal pembuatannya yakni, Bogor, 6 Maret 2005.

AHY menuliskan sesuatu yang unik dari foto tersebut, kala itu ia berfoto di depan 'Cermin Kaca Seribu'.  "Pernah dengar belum tentang “Cermin Kaca Seribu” di Istana Bogor? Buat kamu yang belum tahu, ini dia penampakan cerminnya," tulis AHY.

Ia menceritakan ciri khas dari cermin yang berada di Istana Bogor itu.  "Cermin ini terletak di ruangan yang menghubungkan antara Ruang Teratai dan Garuda, dimana kedua dindingnya dipasang cermin berbingkai emas yang merupakan peninggalan zaman Belanda. Sehingga bayangan cermin tersebut saling memantul sehingga tampak banyak sekali bayangannya. Unik ya?," lanjut pria berusia 44 tahun itu.

Dalam salah satu foto, AHY dan Annisa terlihat sama-sama memakai outfit serba hitam di salah satu ruangan di Istana Bogor. Annisa mengenakan gaun batik selutut dan heels hitam.

Ia terlihat memegang bahu AHY yang duduk di bangku. AHY sendiri memakai celana panjang dan kemeja batik hitam tangan panjang denga motif senada dengan yang dipakai Annisa.  Ia melengkap penampilannya dengan sepatu hitam.

Dalam foto lainnya, AHY dan Annisa terlihat berdiri berdampingan di sebuah ruangan. Mereka kompak mengenakan pakaian dengan warna senada, yaitu silver. Annisa mengenakan gaun tangan panjang bermotif batik dan rok lebar berwarna silver, sedangkan AHY terlihat gagah dengan jas, dasi dan celana panjang silver dan kemeja putih sebagai inner.

4 dari 4 halaman

Keunikan Istana Bogor

Selain Jokowi dan SBY, presiden Indonesia lainnya yang pernah menggunakan Istana Bogor untuk pemotretan maupun pernikahan anak-anaknya adalah Soeharto. Presden ke-2 RI ini menikahkan anak pertamanya, Siti Hardiyanti Hastuti (Mbak Tutut) dengan Indra Rukmana pada 1972 di Istana Bogor.

Pernikahan Mbak Tutut berbarengan dengan pernikahan adiknya, Sigit Harjojudanto dan Elsje Anneke Ratnawati yang diselenggarakan di tempat yang sama. Melansir laman Kementerian Sekretariat Negara RI, Rabu, 2 Novermber 2022, salah satu keunikan Istana Bogor adalah keberadaan rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.

Saat ini sudah menjadi tren budaya warga Bogor dan sekitarnya setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya berjalan-jalan di seputaran Istana Bogor sambil memberi makan rusa-rusa indah yang hidup di halaman Istana Bogor.  Mereka memberi makan wortel yang diperoleh dari petani-petani tradisional warga Bogor yang selalu siap sedia menjajakan wortel-wortel tersebut setiap hari libur.

Sebelumnya, Istana Bogor dilengkapi dengan sebuah kebun besar, yang dikenal sebagai Kebun Raya Bogor. Sesuai dengan kebutuhan akan pusat pengembangan ilmu pengetahuan akan tanaman tropis, Kebun Raya Bogor dilepas dari naungan istana pada 1817. Istana Bogor mempunyai bangunan induk dengan sayap kiri serta kanan. Luas keseluruhan kompleks istana mencapai 1,5 hektare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.