Sukses

Kolaborasi Batik Air dan Emirates Tawarkan Ratusan Penerbangan untuk Rute Lokal dan Internasional

Kemitraan codeshare Emirates dengan Batik Air, semakin memperluas pilihan dan konektivitas yang bisa secara mudah menjangkau lebih dari 43 kota di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Batik Air (kode penerbangan ID) berkolaborasi dengan Emirates (kode penerbangan EK) melalui konsep codeshare. Konsep ini menawarkan kemudahan perjalanan udara bagi setiap penumpang dalam satu tiket pesawat udara yang saling terkoneksi. Ada keuntungan (nilai lebih) bagi setiap wisatawan dan pebisnis dari konsep tersebut.

"Kemitraan codeshare Emirates dengan Batik Air, semakin memperluas pilihan dan konektivitas bagi pelanggan Emirates yang bisa secara mudah menjangkau lebih dari 43 kota di Indonesia pada satu tiket dan satu kebijakan bagasi," terang Danang Mandala Prihantoro selaku Communications Strategic of Batik Air, dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Ia menambahkan, nantinya melalui Bandara Internasional Dubai (DXB), Uni Emirat Arab (UEA), pelaku perjalanan bisa melanjutkan penerbangan ke sejumlah rute di Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika dari perjalanan satu tiket. Sedangkan pelaku perjalanan luar neger bisa terhubung langsung dengan sejumlah destinasi di Indonesia dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Destinasi tersebut, antara lain ke Balikpapan, Medan, Manado, Padang, Solo, Surabaya, Labuan Bajo, Lombok, dan Makassar. Selain itu akan terkoneksi pula ke Ambon, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Banyuwangi, Batam, Berau, Gorontalo, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Lubuklinggau, Luwuk, Makassar, Manado, Manokwari, dan Merauke.

Ada juga destinasi lainnya yaitu Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkalpinang, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Silangit, Sorong, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Tarakan, Ternate, Timika, dan sejumlah destinasi lainnya di Indonesia. "Emirates merupakan maskapai penerbangan dengan mengantongi beragam predikat pemenang penghargaan global yang melayani jaringan penerbangan langsung dan saling terkoneksi lebih dari 130 kota di enam benua melalui penghubung utama (main hub) di Dubai," jelas Danang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengatur Perjalanan

Emirates saat ini punya perjanjian kerjasama codeshare bersama 26 mitra maskapai dan dua perusahaan kereta api di seluruh dunia, serta 110 mitra interline di berbagai negara,” sambungnya.  Mereka pun mendukung pengembangan dan potensi unggulan negara, terutama sektor pariwisata dengan mendatangkan turis asing (wisatawan mancanegara) menuju Indonesia dan UEA. 

Dengan memesan seluruh rencana perjalanan udara (booking)termasuk penerbangan lanjutan dengan Emirates, Anda bisa mengatur perjalanan dengan satu tiket dan mengecek bagasi sampai ke tujuan akhir.  "Pemesanan tiket pesawat dapat dilakukan melalui www.emirates.com , www.batikair.com online Travel Agen (OTA’s), tour and travel (agen perjalanan), untuk periode perjalanan (terbang) dalam waktu dekat (segera)," terang Danang.

Batik Air terus merefleksikan strategi bisnis dalam menghadapi tantangan dan analisis peluang kini dan mendatang. Batik Air di era berikutnya fokus program pengembangan rute internasional. Permintaan pasar terutama kategori full service di Indonesia dan global dinilai masih ada dan terbuka serta akan terus bergerak ke arah positif.

3 dari 4 halaman

Pindah Terminal

Sementara itu, layanan dan operasional keberangkatan serta kedatangan penerbangan domestik maskapai Lion Air dan Batik Air di Bandara Soekarno Hatta akan pindah, berlaku efektif pada 2 Agustus 2022. Penerbangan Batik Air akan pindah dari pintu 2 menjadi di Terminal 2D.

"Sedangkan Lion Air berpindah menjadi ke Terminal 2E dari pintu 4."Untuk layanan penerbangan internasional tetap di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022), melansir kanal Bisnis Liputan6.com.

Adapun penerbangan domestik Lion Air untuk penerbangan rute domestik, yakni:Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Bengkulu, Jambi, Palembang, Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Tanjung Karang, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Berau, Tarakan, Solo, Semarang, Yogyakarta Kulonprogo, Surabaya, Denpasar, Lombok Praya, Kupang, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ternate, Ambon, Jayapura dan kota tujuan lain.

Batik Air melayani penerbangan rute domestik tujuan :Banda Aceh, Medan, Siborong-borong, Padang, Pekanbaru, Batam, Tanjung Pinang, Bengkulu, Jambi, Palembang, Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Lubuk Linggau, Tanjung Karang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Solo, Semarang, Yogyakarta Kulonprogo, Banyuwangi, Surabaya, Denpasar, Lombok Praya, Labuan Bajo, Kupang, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ternate, Ambon, Timika, Jayapura serta tujuan lain.

4 dari 4 halaman

Rute Penerbangan Indonesia-India

Pada Agustus lalu, Batik Air, yang beroperasi basis Malaysia, mengumumkan dibukanya rute penerbangan Indonesia-India mulai 1 Agustus 2022. Dua bandara di Indonesia yang melayani rute penerbangan ini adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

Menurut keterangan yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, penerbangan tersebut akan terhubung dengan dua kota favorit di negara Asia Selatan itu. Mereka adalah Mumbai melalui Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj dan Kochi melalui Bandara Internasional Kochi, yang mana semua penerbangan ini akan transit di Kuala Lumpur.

Soal harga tiket pesawat, Batik Air menetapkan tarif sekali jalan mulai dari Rp4.050.300 untuk Jakarta-Mumbai. Lalu, Jakarta ke Kochi mulai Rp3.121.300. Sementara itu, Bali ke Mumbai mulai dari Rp4.389.300 dan Bali ke Kochi mulai dari Rp3.110.300.

CEO Batik Air, Capt. Mushafiz Bin Mustafa Bakri, mengatakan, "Batik Air senantiasa mendukung program pemerintah di masing-masing negara (Indonesia, Malaysia, dan India) dalam tahap pemulihan ekonomi global."

"Salah satu upaya yang dilakukan Batik Air dengan menambahkan kota tujuan Mumbai dan Kochi di India pada peta layanan internasional. Penerbangan ini memberi nilai lebih, yakni saling terkoneksi atau saling menghubungkan destinasi favorit meliputi kawasan Asia Tenggara: Jakarta, Bali, dan Malaysia dengan Asia Selatan di Mumbai dan Kochi," ia melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.