Sukses

3 Resep Olahan Bacem Khas Yogyakarta, Cita Rasanya Manis Berempah

Liputan6.com, Jakarta Resep praktis kali ini mengambil menu olahan bacem khas Yogyakarta dengan cita rasa manisnya karena menambahkan bahan gula merah. Selain rasa manis yang keluar dari gula merah dan kecap, dominasi rempah ketumbar menjadi ciri khas bacem.

Bacem sebagai menu makanan ringan yang mudah dibuat pas untuk dijadikan hidangan pendamping. Cukup dengan bumbu kaya rempah yang menjadi bahan marinasi, olahan bacem khas ini bisa disimpan terlebih dulu di pendingin, lalu dapat digoreng kemudian saat ingin menyantapnya.

Olahannya untuk resep kali ini meliputi daging ayam, tahu, tempe, hingga telur puyuh. Langsung saja praktek untuk memasak, berikut resepnya yang dirangkum dari laman berbagai Cookpad. 

Bahan-bahan:

- 500 gram paha ayam

- 2 lembar daun salam

- 1 ruas lengkuas, geprek 

- sdt garam

- 1 sdt ketumbar bubuk

- 5 sdm kecap manis

- 500 ml air kelapa

- 1 keping / 25 gram gula merah 

Bumbu Halus :

- 6 siung bawang

- 2 siung bawang putih

- 3 biji kemiri

Langkah Pembuatan:

1. Cuci bersih ayam. Campur dengan semua bumbu yang sudah dihaluskan dengan blender kecuali lengkuas dan daun salam yaa, masak dengan api kecil, tambahkan kecap manis. 

3. Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap. Ayam bacem siap dihidangkan dengan digoreng maupun dipanggang. Lalu goreng/panggang di airfryer selama 15 menit. Ayam bacem khas Yogyakarta manis legit siap dihidangkan

 

2 dari 3 halaman

Tempe Tahu Bacem Yogyakarta

Resep berikutnya adalah tempe tahu bacem Yogyakarta yang juga diambil dari laman berbagi Cookpad. Bahan rempah dan langkah pembuatannya cukup mudah untuk ditiru di rumah.

Untuk resep bacem kali, protein tahu dan tempe menjadi bahan utama. Di mana bacem tahu dan tempe sangat umum dihidangkan sebagai lauk sehari-hari yang bisa disantap bersama nasi uduk maupun nasi putih biasa.

Bahan-bahan:

- 10 bh tahu putih

- 2 papan tempe

- Secukupnya daun salam

- 3 cm lengkuas, geprek

- 300 ml air kelapa muda

- 1 keping gula merah

- Sesuai selera garam, gula, kaldu jamur

- Bumbu di haluskan :

6 siung bawang putih

8 butir bawang merah

Langkah Pembuatan:

1. Tata daun salam di dasar wajan. Letakkan tempe yang sudah di potong-potong, tahu, dan semua bahan lain termasuk air kelapa.

2. Kemudian rebus dengan api kecil. Setelah kuah menyusut, tiriskan tempe dan tahu lalu goreng dalam minyak panas. Sajikan

 

 

3 dari 3 halaman

Sate Bacem Telor Puyuh

Olahan selanjutnya adalah mengambil bahan telur puyuh. Kali ini menu dijadikan sate yang bukan hanya jadi lauk tapi camilan. Namun perlu diingat, telur puyuh memiliki kolesterol yang cukup tinggi karenanya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya. Berikut bahan dan resepnya yang dirangkum dari Cookpad.

Bahan-bahan:

- 1/2 kg telur puyuh yg sudah di rebus 

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 2 cm laos

- 2 lembar daun salam

- 100 ml air kelapa

- 100 ml air putih

- 1/2 sdm ketumbar sangrai

- 1 sdt asam jawa

- 100 gr gula jawa

- 50 ml kecap manis

- Secukupnya kaldu bubuk, garam, merica.

Langkah Pembuatan:

1. Siapkan bahan bahan. Tumis bawang merah dan putih hingga harum, tambahkan laos, daun salam, gula jawa, air kelapa dan air putih.

2. Tambahkan kecap manis, tunggu hingga mendidih, setelah mendidih selama 10 menit matikan kompor.

3. Tutup panci diamkan selama 2 jam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.