Sukses

Perjalanan Cinta Barack Obama dan Michelle yang Rayakan Ultah ke-30 Pernikahan

Barack Obama dan Michelle Obama merayakan ulang tahun ke-30 pernikahan mereka pada Senin, 3 Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Barack Obama dan Michelle merayakan ulang tahun ke-30 pernikahan pada Senin, 3 Oktober 2022. Pasangan ini bertemu di sebuah firma hukum Chicago, tempat Michelle ditugaskan untuk membimbing Barack.

Dikutip dari Insider, Selasa, 4 Oktober 2022, Barack dan Michelle mengikat janji suci pernikahan pada 1992. Rumah tangga pasangan ini dikaruniai dua buah hati, yakni Malia Ann Obama dan Sasha Obama.

Keduanya juga menghabiskan delapan tahun di Gedung Putih. Seperti apa perjalanan cinta Barack dan Michelle? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Pada 1989 silam, Michelle Robinson yang kala itu berusia 25 tahun dan Obama berusia 28 tahun, bertemu di firma hukum Sidley Austin LLP. Saat itu, Robinson ditugaskan untuk menjadi mentor Obama.

"Karena saya kuliah di Harvard dan dia kuliah di Harvard, dan firma itu berpikir, 'Oh, kami akan menjodohkan dua orang ini,'" kata Michelle kepada ABC News.

Masih di tahun yang sama, meskipun Michelle adalah mentornya, itu tidak menghentikan Obama untuk mengajaknya berkencan. Michelle bilang dia tidak begitu tertarik pada saat itu.

"Barack, sekitar satu bulan, mengajak saya kencan, dan saya pikir 'Tidak mungkin. Ini benar-benar norak,'" katanya kepada ABC News.

Tapi akhirnya dia mengalah, dan pasangan itu pergi berkencan. Mereka mulai dengan makan siang di Art Institute of Chicago, berjalan-jalan, lalu berakhir dengan menonton film Spike Lee "Do The Right Thing." "Dia menunjukkan semua sisi, dia keren, canggih, kultural, sensitif," kata Michelle Obama kepada The Telegraph.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tunangan hingga Menikah

Pada 1991, pasangan ini bertunangan saat makan malam yang seharusnya merayakan Barack lulus ujian pengacara, kata mereka kepada ABC News. "Dan kemudian pelayan datang dengan makanan penutup dan nampan. Dan ada cincinnya. Dan aku benar-benar terkejut," kata Michelle.

Michelle mengatakan kepada ABC News bahwa Obama hanya berlutut dan bertanya. Michelle, tentu saja, menjawab ya.

Pasangan ini lantas menikah pada 3 Oktober 1992. "Barack tidak menjanjikan kekayaan, hanya kehidupan yang akan menarik. Atas janji itu dia menyampaikan," kenangnya.

Obama dan Michelle menyambut anak pertama mereka, Malia Ann Obama, pada 4 Juli 1998. Putri kedua mereka, Natasha Obama, atau yang akrab disapa Sasha, lahir pada 10 Juli 2001.

Barack mengatakan bahwa menurutnya cinta dia dan Michelle telah menjadi contoh yang baik bagi putri mereka dan mereka telah menjadi perempuan muda yang cerdas. "Hal hebat tentang gadis-gadis itu adalah mereka memiliki panutan yang luar biasa dalam diri ibu mereka," kata Obama kepada Essence.

3 dari 4 halaman

Obama Jadi Presiden ke-44 AS

"Mereka telah melihat bagaimana Michelle dan saya berinteraksi, tidak hanya cinta tetapi juga rasa hormat yang saya tunjukkan kepada ibu mereka. Jadi saya pikir mereka memiliki harapan yang cukup tinggi tentang bagaimana hubungan seharusnya, dan itu memberi saya kepercayaan diri tentang masa depan. Saya terkadang bercanda tentang hal ini, tetapi kenyataannya mereka adalah perempuan muda yang cerdas dan stabil," tambah Obama.

Meskipun ia adalah seorang senator negara bagian selama beberapa tahun, Obama menjadi senator AS untuk Illinois pada 2004, melambungkan keluarga menjadi sorotan nasional. Michelle adalah tokoh penting dalam kampanyenya, tetapi memiliki perannya sendiri yang mengesankan sebagai wakil presiden untuk Urusan Komunitas dan Eksternal di University of Chicago Hospitals.

Michelle akhirnya membantu Obama terpilih sebagai Presiden ke-44 Amerika Serikat. Obama pernah bercanda bahwa menjadi suami Michelle adalah hal yang paling disukai orang tentang dia.

"Jika Anda ingin membuat daftar 100 hal paling populer yang telah saya lakukan sebagai presiden, menikah dengan Michelle Obama adalah nomor satu," kata Barack dalam pidato kenegaraan pada 2010.

4 dari 4 halaman

Tinggalkan Gedung Putih

Obama memenangkan tawaran pemilihan ulang melawan Mitt Romney dalam pemilihan presiden 2012. Presiden Obama menyebut bahwa ia tidak dapat melakukan banyak hal selama masa jabatannya tanpa dukungan dan bimbingan Michelle.

"Jelas saya tidak bisa melakukan apa pun yang telah saya lakukan tanpa Michelle... tidak hanya dia menjadi ibu negara yang hebat, dia hanya permata saya," katanya kepada Oprah. "Saya mengandalkannya dalam banyak hal setiap hari."

Keluarga Obama meninggalkan Gedung Putih setelah Presiden Donald Trump dilantik pada 20 Januari 2017. Baik Obama dan Michelle menjelaskan bahwa meskipun mereka menikmati waktu mereka di Gedung Putih, mereka siap menjalani kehidupan normal setelah delapan tahun.

"Saya ingin membuka pintu depan saya tanpa mendiskusikannya dengan siapa pun dan berjalan saja," kata Michelle kepada Oprah. "Saya ingin pergi ke Target (supermarket) lagi! Saya telah mendengar begitu banyak hal telah berubah di Target!."

"Semua perempuan dalam hidup saya berharap dapat menjalani kehidupan yang lebih normal," kata Obama kepada Jimmy Kimmel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.