Sukses

Ini Cara Biar Diterima Pasar dan Karyamu Jadi Terkenal

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki sejuta seniman hebat sejak dulu dan mereka selalu punya cara biar diterima pasar atas karya-karya yang diciptakan. Nggak cuma populer di dalam negeri, tetapi hingga ke mancanegara.

Hingga kini, Tanah Air nggak pernah kehabisan generasi seniman muda yang membanggakan melalui berbagai hasil karya seni, terutama seni rupa. Mereka juga selalu punya cara biar diterima pasar, misalnya dengan memadukan karyanya dengan teknologi.

Secara umum seni diartikan sebagai segala sesuatu yang dibuat oleh manusia yang memiliki unsur keindahan. Seni juga mampu membangkitkan emosi atau perasaan seseorang. 

Tapi pernahkah terlintas dipikiranmu, bagaimana cara melihat seni? Apakah seni yang dilihat itu bagus atau nggak, benar-benar indah atau nggak? Dan bagaimana cara jadi seniman terkenal?

Yup, beberapa karya seni memang terlihat jelas, mulai dari tingkat kemiripannya hingga bisa bikin karya yang indah. Semua itu bisa tercipta karena teknik menggambar yang dilatih selama bertahun-tahun. 

Penjelasan di atas adalah pertanyaan yang terlintas dari sudut pandang para penikmat seni. Lalu gimana jika kamu sendiri ingin membuat karya seni? Yup, ketika kamu punya skill alias keterampilan di bidang gambar menggambar, kembangkan sekarang dan bermimpilah untuk menciptakan karya inspiratif sekaligus jadi seniman terkenal. 

Manfaatkan waktu buat eksplorasi dan mulailah berani buat jadi diri sendiri ketika bikin karya. Tapi nggak jarang, ada yang merasuk ketika mau bikin karya seni. Salah satunya, gimana caranya biar karya yang sudah dibuat, bisa diterima pasar. 

Nah, biar karya senimu menggelegar dan jadi perbincangan positif di kalangan penikmat seni, pastikan kamu memahami kalau indah atau bagus nggak jadi patokan utama. Kenapa? 

Jadi begini, memang tanpa disadari ada yang menjadi patokan utama masyarakat ketika melihat karya seni terutama seni lukis atau seni rupa adalah tingkat kemiripan dan keindahannya. Penilaian ini sangat subjektif hingga akhirnya muncul pemikiran, jika karya yang ditampilkan nggak mirip artinya karya seni itu nggak bagus. 

Inilah yang harus dipahami dan disadari bahwa tingkat kemiripan yang memunculkan nilai keindahan bukanlah patokan utama dari sebuah karya seni. Sama seperti kebanyakan orang yang bilang bahwa  karya seni yang bagus itu relatif. 

Ya, pandangan dan penilaian tentang  sesuatu hal yang bagus atau indah beserta ciri-cirinya telah lama dibangun di bawah alam bawah sadar kita. Lagi, penilaian soal bagus atau indah nyatanya relatif memang bersifat subjektif. 

Maka dari itu, jika kamu ingin membuat karya seni harus punya cara biar diterima pasar dan cara jadi terkenal, salah satunya dengan mengesampingkan tingkat kemiripan yang sebenarnya bukanlah patokan utama karya seni. Selain itu, dalam proses pembuatan karya seni, pastikan kamu harus punya cara biar diterima pasar, yaitu dengan beberapa cara berikut ini: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pilih Ragam Seni Rupa yang Menyamankanmu

Seni rupa adalah, karya seni yang bisa ditangkap oleh mata, sekaligus dirasakan fisiknya dengan meraba. Sementara, penciptaan seni rupa adalah, upaya untuk mewujudkan estetika dan keindahan. Pemahaman seni rupa akan lebih kompleks lagi, jika melihat dengan sudut pandang di negara-negara barat. 

Seni rupa juga disebut-sebut sebagai fine arts yang sulit untuk dijelaskan secara bahasa. Itu karena perkembangan aktivitas seni rupa ikut berkembang seiring perkembangan zaman, baik penemuan artistik maupun teknologi. Alasan itulah yang mungkin membuat seni rupa menjadi sulit untuk didefinisikan.

Nah, biar lebih mudah memaknai seni rupa, ada baiknya kamu mengetahui beragam seni rupa. Jenis-jenis seni rupa ini tentunya harus kamu pahami dulu, sebelum membuat sebuah karya seni. Tujuannya tentunya untuk menyamankanmu ketika memproses karya seni.

1. Seni Lukis

Seni lukis adalah bagian dari seni rupa yang dibuat berdasarkan ekspresi jiwa manusia, bisa dinikmati melalui alat indra penglihatan dan peraba. Seni lukis adalah salah satu karya seni dua dimensi yang berbentuk lukisan.

Bila memahami dari para ahli, pengertian seni lukis adalah karya seni dua dimensi yang dibuat berdasarkan ekspresi jiwa dan perasaan untuk komunikasi. Seni lukis menghasilkan sebuah lukisan dan penggiat seni lukis adalah pelukis. 

Seni lukis adalah karya seni dua dimensi yang diekspresikan dengan penggabungan unsur-unsur seni rupa. Ada garis, titik, bidang, bentuk, gelap-terang, warna, tekstur, dan kedalaman. Seni lukis adalah karya seni yang bisa dinikmati nilai estetikanya.

Bila sudah mengenal bahwa seni lukis adalah karya seni dua dimensi yang berbentuk lukisan, pahami juga tujuan keberadaannya. Berikut ini pemaparan tentang tujuan seni lukis:

  • Simbolis, yakni menjadikan lukisan tersebut menjadi simbol tertentu seperti simbol kekuatan, simbol kepahlawanan, dan sebagainya
  • Estetis, yakni menekankan pada segi keindahan dan nilai estetika dalam membuat sebuah lukisan untuk dijadikan pajangan atau dekorasi
  • Komersial, yakni mengutamakan selera pembeli untuk mendapat keuntungan komersial
  • Ekspresi, yakni untuk menunjukkan ekspresi atau emosi dalam diri pelukisKritik Sosial, yakni untuk menunjukkan kritik atau ketidakpuasan terhadap pemerintah maupun penguasa setempat

2. Seni Fotografi

Fotografi adalah sebuah seni melukis dengan cahaya, jadi faktor cahaya merupakan unsur terpenting dalam seni fotografi. Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkapan cahaya.

Pada dasarnya tujuan dan hakekat fotografi adalah komunikasi. Suatu karya fotografi dapat disebut memiliki nilai komunikasi, ketika dalam penampilan subjeknya digunakan sebagai sarana penyampaian pesan atau merupakan ide yang diekspektasikan kepada penikmatnya, sehingga terjalin suatu kontak pemahaman makna. 

Dalam hal ini karya foto tersebut juga dapat dikatakan sebagai sarana yang memiliki nilai guna fungsional dan sekaligus sebagai instrumen karena dijadikan alat dalam proses komunikasi penyampaian pesan/ide isi pencipta karya foto. Di dunia fotografi juga memiliki beragam jenis foto yang biasa digunakan oleh fotografer untuk berbagai kepentingan, yaitu:

  • Photojournalism adalah bentuk khusus dari jurnalisme (mengumpulkan, mengedit, dan menyajikan bahan berita untuk diterbitkan atau disiarkan) yang menciptakan gambar agar dapat menceritakan sebuah kisah berita
  • Fashion Photography atau fotografi fesyen adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fesyen yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fesyen mengembangkan estetika sendiri, di mana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesori
  • Food Photography, biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan. Hanya saja dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang berkualitas baik untuk menangkap  esensi dari makanan yang dijadikan sebagai objek foto
  • Landscape Photography yang merupakan kumpulan foto dari berbagai tempat yang biasanya digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia

Pelajari lebih jauh seputar dunia fotografi, supaya mimpi jadi fotografer terkenal bisa terwujud.

3. Seni Visual (Video)

Seni visual merupakan suatu seni yang dapat dinikmati oleh penglihatan. Seni audio mempunyai wujud nyata dan pasti. Dimana dapat dilihat secara langsung melalui elemen-elemen berupa gambar, multimedia, kerajinan tangan, grafis dan lukisan.

Jadi, seseorang yang menciptakan sebuah karya seni akan menuangkan segala bentuk ekspresi, keindahan yang dituangkan dalam suatu media yang dapat dilihat secara langsung memakai mata dan dapat disentuh menggunakan indera peraba.

Secara umum, karya seni visual dua dimensi adalah karya seni yang hanya mempunyai ukuran panjang dan lebar saja. Nah, contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak yaitu: 

  • Film
  • Video
  • Anime
  • Simulasi visual 3D
  • Pameran lukisan online
  • Photoshoot
  • Patung bergerak
  • Poster reklame
  • Desain rumah
3 dari 4 halaman

Prinsip Dasar Bikin Karya Seni

Ketika mengesampingkan makna indah atau bagus melalui estetika dan teori lainnya, kamu tetap dapat membuat karya seni yang layak dan dapat diterima pasar. 

Dari semua penjelasan tentang seni rupa, prinsip dasar yang pertama yaitu komposisi harus dilakukan. Ya, komposisi adalah susunan unsur-unsur (elemen) yang dapat memancarkan kesan kesatupaduan, irama, dan keseimbangan dalam suatu karya. Dengan begitu karyamu terasa utuh, jelas, dan memikat. 

Kedua, dalam komposisi ada yang namanya keseimbangan. Jika kamu ingin agar karyamu dapat dinikmati masyarakat, cobalah untuk nggak merusak komposisi yang berkaitan dengan keseimbangan. 

Misalnya nggak terlalu banyak menghadirkan warna-warna mencolok atau kurangi warna yang kurang variatif, agar nggak memunculkan kesan membosankan saat dilihat. Cara gampang menafsirkan keseimbangan ini, ketika kamu membuat masakan, sebelum disajikan pasti dirasakan dulu, apakah kurang manis, kurang pedas, terlalu asin? Inilah keseimbangan. Pada intinya, cara buat diterima pasar, hadirkan karya dengan 'ingridient' yang takarannya seimbang. 

Ketiga adalah unsur atau elemen dalam karya seni, seperti titik, garis, bidang, bentuk, ruang, gelap terang, tekstur, dan warna. Dalam keseharian, jelas banget kalau unsur tersebut memang ada keberadaannya. Sadar atau nggak, kita akan bertemu dengan unsur unsur seni rupa tersebut baik saat sedang berkarya atau saat hanya sekedar memandangi gambar.

Jadikanlah poin ketiga ini menjadi cara biar diterima pasar atas karya yang kamu buat, meski orang lain nggak melihat adanya kemiripan. Hadirkan elemen-elemen seperti garis, bentuk, warna, atau titik di setiap karya seni yang kamu ciptakan. 

4 dari 4 halaman

Makna Karya Seni

Ketika bicara tentang karya seni, selalu ada yang namanya ide atau gagasan. Dari gagasan inilah yang menjadi benang merah mengapa karya seni itu ingin diciptakan. 

Gagasan karya seni bisa datang dari pengalaman atas perasaan, aktivitas, bahkan imajinasi. Setelah melalui proses penciptaan ide, pemilihan media artistik, lalu kemudian eksekusi. 

Ketika karya seni akan ditampilkan, pasti ada makna yang tersirat atau tersurat. Nah, kalau ngomongin soal makna karya seni yang menyangkut keindahan, ada dua teori yang mendasarinya. 

Cara biar diterima pasar, kamu harus menentukan dulu jenis seni apa yang kamu eksekusi. Jika berkaitan dengan subjek atau benda yang mengandung tingkat kemiripan, teori keindahan objektif adalah titik beratnya. 

Artinya, keindahan karya seni adalah pandangan objektif karena penilaiannya bukan merupakan pengalaman dari pengamat. Keindahan karya seni berasal dari benda seni yang terkandung di dalamnya. 

Kemudian jika kamu memilih seni yang nggak menitikberatkan keindahan atas karya karena tingkat kemiripannya rendah, umumnya teori keindahan subjektif menjadi pilihan. 

Itu karena keindahan karya seni secara subjektif terletak pada perasaan dan emosi yang didapat ketika seseorang melihat karya seni. Suasana apa yang akan menjadi daya tarik seseorang ketika melihat karya seni. 

Selain itu, cara biar karya diterima pasar, kamu dapat melakukan hal lainnya, seperti: 

Terkoneksi Internet dan digital: Kamu sebagai generasi milenial yang melek teknologi harus bisa memamerkan karya seni, salah satunya melalui media digital berbasis gambar atau media digital berbasis video. Melalui internet tersebut kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas dibandingkan hanya menggunakan website. 

Lebih menariknya, kamu nggak perlu mendesain apapun lagi. Gunakan jaringan sosial untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Konten yang diupload pun harus relevan, seperti foto-foto di balik proses pembuatan sebuah karya. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menjalin relasi dengan seniman maupun pelukis lain dan saling bertukar ide.

Selain itu, melalui internet kamu juga dapat membuat konten video yang berkaitan dengan karyamu, agar pesan atas karyamu lebih mudah dicerna. Trik storytelling melalui konten memang patut diacungi jempol. 

Kamu bisa mulai menceritakan bagaimana awal mula karya seni ini dibuat, bagaimana prosesnya, apa saja kesulitannya, atau dari mana ide awal karya ini dibuat. Dengan begitu, audiens merasa terikat dan tertarik dengan karya yang kalian buat.

Bergabung dengan Komunitas: Dengan membuat koneksi dengan cara gabung ke dalam sebuah komunitas, dapat menjadi cara biar diterima pasar karena kamu bisa menemukan audiens yang tepat sesuai dengan karya seni yang dibuat. 

Bergabung dengan komunitas seni juga membuka peluangmu untuk berkolaborasi dengan pelaku seni lainnya. Dengan begitu, semakin banyak orang tahu tentang karyamu dan memungkinkan datangnya apresiasi dari para penikmat seni.  

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.