Sukses

Salon Layani Sambung Bulu Mata untuk Balita Sulut Kritikan Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Sambung bulu mata atau eyelash extension adalah prosedur yang banyak dilakukan wanita dewasa untuk mendapatkan bulu mata yang lentik dan tebal. Namun, baru-baru ini, sebuah video memperlihatkan seorang bocah melakukan eyelash extension viral menjadi sorotan.

Video yang diunggah akun TikTok @devigintingg45 ini memperlihatkan seorang anak yang terlihat masih balita untuk melakukan eyelash extension. Menurut video tersebut, sang anaklah yang menangis karena meminta melakukan sambung bulu mata.

Untuk itulah, sebuah salon di kawasan Binjai, Sumatera Utara ini, mau tak mau melakukan prosedur tersebut pada si bocah, dengan memilih jenis sambung bulu mata yang natural.  Setelah dengan sabar memasangkan satu persatu bulu mata ke bulu mata asli bocah tersebut, prosedur itu pun selesai.

Si anak perempuan tadi tampak memperlihatkan hasilnya setelah melakukan eyelash extension.  Bulu matanya memang tampak tebal dan lebih lentik. Namun, tetap saja hasilnya terlihat tidak natural, karena terlalu besar untuk ukuran mata seorang anak.

Video ini pun langsung mendapatkan perhatian dari warganet. Banyak dari mereka mengkritik orangtua yang telah membiarkan anaknya melakukan eyelash extension di usianya yang masih kecil.

Terlebih, hal itu cukup berisiko karena bisa membuat mata seorang anak yang masih sensitif jadi iritasi. "Yang profesional sih ga akan melayani yaa haha," komentar seorang warganet. "Inilah kenapa wanita butuh pendidikan dalam berumah tangga," timpal warganet lainnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Kewarasan

"Pentingnya kewarasan ketika bisnis, gak cuman karna uang tp juga kesehatan buat customernya," komentar warganet lainnya.  Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 2.9 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1.130 komentar.

Kejadian seperti ini ternyata bukan yang pertama. Pada bulan lalu, pemasangan bulu mata juga dilakukan pada anak balita. Tapi bedanya proses tersebut dilakukan sendiri oleh ibunya dan anaknya seorang laki-laki.

Saat itu, tersebar di media sosial foto tangkap layar yang memperlihatkan potret seorang ibu sedang melakukan ekstensi pada bulu mata anak balitanya.  Foto tangkap layar tersebut disebarkan oleh seorang anonim melalui akun Twitter @Askrlfess pada 10 Agustus 2022.

"Pentingnya belajar parenting ya guys ya," tulis pengirim cuitan.  Dalam foto tangkap layar yang diunggah tampak potret si ibu dari balita tersebut sedang melakukan proses ekstensi bulu mata.

Anak balitanya yang berambut cepak terlihat sedang terbaring saat ibunya mengekstensi bulu matanya.  Kita bisa melihat alat ekstensi yang menempel di dahi balita tersebut.  Melalui foto tangkap layar tersebut, dapat diketahui informasi bahwa ibu tersebut melakukan ekstensi bulu mata sang anak karena anaknya sendiri yang memintanya.

3 dari 4 halaman

Santai dan Tidak Takut

Anak balitanya ingin memiliki bulu mata seperti dirinya. "Pengen coba extension, katanya biar kayak mama. Hahaha lucu. Ada-ada aja nih bocil zaman now," keterangan dalam video. Unggahan ini menuai beragam komentar. Warganet geram melihat aksi si ibu yang menuruti begitu saja keinginan dari anak balitanya.

"Pentingnya sadar sama peran dan tanggung jawab. Kalau udah siap nikah harus siap sama ilmunya. Begitu juga kalau punya anak. Mendidik anak itu memberi tauladan bukan rutinitas belaka," komentar seorang warganet.

"Gila. Orang dewasa yang pakai begituan bisa kena iritasi apalagi anak kecil. Jadi orang tua harus bisa pilah-pilah mana yang baik buat anak. Harus tegas mana yang boleh ditiru dan mana yang nggak boleh ditiru," tulis warganet lainnya.

Melalui salah satu komentar yang dikirimkan warganet, kita bisa melihat video penuh yang mempertontonkan proses ekstensi bulu mata tersebut.  Dalam video itu, sang anak terlihat berbaring santai saat bagian bulu matanya ditempeli dengan bulu mata palsu.

Sang ibu pun tampak tenang-tenang saja saat mengekstensi bulu mata anak balitanya. Sepertinya tidak ada rasa ketakukan jika anaknya mengalami iritasi akibat bulu matanya diekstensi.

4 dari 4 halaman

Risiko Pemakaian Bulu Mata

Memiliki bulu mata yang cantik dan menawan memang paling praktis menggunakan, bulu mata palsu (fake lashes) dan extension (eyelash extension). Namun tetaplah perhatikan risiko pemakaian bulu mata palsu dan extension, jangan diremehkan.

Berbagai risiko pemakaian bulu mata palsu dan extension dapat berdampak pada kesehatan mata, kelopak mata, dan bulu mata asli. Menyebabkan infeksi, iritasi, peradangan, alergi, dermatitis, perih, rontok, sampai kebutaan.

Meski tidak semua dampak buruk bisa terjadi, tetapi risikonya cukup tinggi untuk dialami. Faktor utama pemicu risiko pemakaian bulu mata palsu dan extension adalah teknik pemakaian. Pemakaian yang terlalu sering, lem formaldehid, tidak higienis, dan tidak dilakukan oleh profesional tidak dianjurkan.

Melansir kanal Hot Liputan6.com, pada dasarnya tidak semua orang cocok dengan lem pada bulu mata palsu. Lem bisa menyebabkan alergi, sampai menimbulkan gatal. Terkadang ada yang sampai muncul kemerahan usai menggunakan bulu mata palsu.

Risiko pemakaian eyelash extension bisa terjadi pada pemilik kulit sensitif. Pemakaian eyelash extension pada kelopak mata justru rentan terhadap iritasi.  Iritasi ini dapat terjadi tatkala perekat yang menempelkan bulu mata mampu menimbulkan ruam pada mata. Pada beberapa kasus, dapat menyebabkan mata memerah dan timbul gelembung seperti terisi air pada kulit wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.