Sukses

Fakta Pangeran Harry Dituduh Tolak Undangan Raja Charles III karena Meghan Markle Dilarang Ikut Pertemuan Keluarga

Pangeran Harry menolak undangan ayahnya setelah istrinya, Meghan Markle, diduga dilarang dari pertemuan keluarga kerajaan di kastil untuk sama-sama berduka atas kematian Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Jakarta - Drama seputar keluarga Kerajaan Inggris sepertinya masih ogah minggir dari lampu sorot atensi publik. Sebelumnya beredar desas-desus bahwa Pangeran Harry menolak undangan makan malam ayahnya, Raja Charles III, ketika mendarat di Skotlandia.

Namun demikian, Page Six secara eksklusif melaporkan, seperti dilansir Jumat (23/9/2022), bahwa Charles sebenarnya saat itu telah pergi ke kediaman pribadinya. Ketika Harry tiba di Kastil Balmoral pada 8 September 2022, Raja Charles III dan Pangeran William sudah berangkat ke rumah Ratu di perkebunan, menurut sumber istana.

Mereka sama sekali tidak berada di Balmoral untuk makan malam. The Sun melaporkan pada Kamis, 22 September 2022 bahwa Duke of Sussex menolak undangan ayahnya setelah istrinya, Meghan Markle, diduga dilarang dari pertemuan keluarga kerajaan di kastil untuk sama-sama berduka atas kematian Ratu Elizabeth II.

Menurut outlet tersebut, Harry ingin Meghan bergabung dengan keluarganya pada hari nenek tercintanya meninggal pada usia 96 tahun. Publikasi itu juga melaporkan bahwa Charles menelepon putranya untuk mengatakan kehadiran mantan aktris itu "tidak pantas."

Meski tidak ada penolakan makan malam, Pangeran Harry dan Meghan Markle dilaporkan menghadapi serangkaian perjuangan selama memberi penghormatan pada mendiang Ratu. Selain interaksi dingin dengan William dan istrinya, Kate Middleton, pasangan itu diundang, dan kemudian tidak jadi diundang, ke resepsi untuk para pemimpin asing, Jumat lalu, 16 September 2022. Page Six secara eksklusif melaporkan bahwa pasangan Sussex baru mengetahui mereka tidak jadi diundang ke acara tersebut setelah membacanya di media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan yang Kompleks

Pangeran Harry, yang bertugas selama 10 tahun di militer, juga awalnya dilarang mengenakan seragam militernya ke pemakaman Ratu. Mereka pun disebut menjaga jarak dari Pangeran dan Putri Wales yang baru.

Namun, Charles akhirnya mengizinkan Harry mengenakan seragam itu untuk tradisi menjaga peti Ratu Elizabeth II bersama tujuh cucu Ratu lainnya. Harry dilucuti dari gelar militernya ketika ia mengundurkan diri sebagai anggota keluarga kerajaan yang bekerja.

Hubungan keluarga Kerajaan Inggris dengan Meghan memang kompleks. Para bangsawan Inggris memiliki sejarah panjang memperpelonco pendatang baru, kata sepupu Raja Charles III dalam sebuah wawancara eksklusif dengan The Post.

Perlakuan ini terutama ditujukan pada wanita yang berkencan dengan anggota keluarga, dan hanya mereka yang "tangguh" yang bisa bertahan. "Kepada Meghan Markle, saya katakan, 'Apa yang Anda alami adalah jenis perpeloncoan yang mengerikan,'" kata Christina Oxenberg, keturunan bangsawan Serbia yang menganggap Raja Charles III sebagai sepupu ketiga.

"Jika saja ia bisa bertahan di sana, orang lain akan datang dan mengambil alih 'tensi' tersebut. Tidak ada yang dikecualikan, termasuk Kate Middleton," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Diperlakukan bak Pengkhianat

Oxenberg adalah seorang penulis, perancang busana, dan adik dari aktris Catherine Oxenberg. Ibu mereka adalah Putri Elizabeth dari Yugoslavia, yang, kata perempuan berusia 59 tahun tersebut, pernah sangat dekat dengan Charles.

Ia menyebut Meghan diperlakukan bak pengkhianat oleh beberapa anggota keluarga kerajaan Inggris. Menambah beban itu, pers Inggris yang menganalisa setiap gerakannya, terutama selama pemakaman Ratu Elizabeth pada Senin, 19 September 2022.

"Ia adalah istri pilihan Pangeran Harry," kata Oxenberg. "Dengan metrik mereka sendiri, mereka menyebutnya sistem kelas. Mereka datang dengan sistem itu, yakni Anda harus menghormati pilihan Harry."

"Mereka (keluarga Kerajaan Inggris) tangguh, mereka keras terhadap orang asing," katanya. "Ini bukan tentang warna kulit, ini tentang jadi orang asing."

Oxenberg telah tinggal di antara bangsawan Inggris hampir sepanjang hidupnya. Ia mengingat keangkuhan yang pernah dibisikkan di belakang punggung Putri Wales ketika Pangeran William berkencan dengan Kate sebelum pernikahan mereka pada 2011.

Keluarga kerajaan menganggap cukup lucu bahwa pers Inggris menjulukinya "Kate Middle Class," kata Oxenberg. Menurut Express, Camilla diduga menyebut orangtua Kate, Carole dan Michael Middleton, sebagai "Meet the Fockers," merujuk pada tayangan komedi Hollywood tentang mertua yang tidak konvensional yang dibintangi Robert de Niro dan Dustin Hoffman.

4 dari 4 halaman

Pulang ke AS

Pangeran Harry dan Meghan Markle telah terbang kembali ke California, Amerika Serikat (AS) setelah mengikuti rangkaian proses pemakaman Ratu Elizabeth II, Page Six mengonfirmasi. Duke dan Duchess of Sussex meninggalkan Inggris pada Selasa, 20 September 2022, satu hari setelah mereka menghadiri upacara pemakaman mendiang Ratu.

Mengingat tanggal kepulangan mereka, tampaknya tidak mungkin alumni Suits itu melakukan percakapan pribadi dengan Raja Charles III yang dilaporkan ia minta sebelum meninggalkan Inggris. Pasangan itu tinggal di Montecito bersama anak-anak mereka, putra berusia 3 tahun Archie dan putri berusia 1 tahun Lilibet.

Semua mata tertuju pada pasangan itu selama waktu terakhir mereka di Inggris, di mana mereka bersatu kembali dengan kakak laki-laki Harry, Pangeran William, dan istri William, Kate Middleton. The Fab Four memiliki serangkaian interaksi yang menegangkan, mulai dari tatapan dingin di depan umum hingga pengaturan tempat duduk terpisah di pemakaman kenegaraan mendiang Ratu, awal pekan ini.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.