Sukses

Buah dan Sayuran Segar Jadi Dekorasi Pernikahan, Tamu Bebas Bawa Pulang

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan pengantin biasanya akan mempersiapkan pernikahan mereka semaksimal mungkin. Resepsi atau pesta pernikahan juga dirancang dengan sebaik-baiknya, termasuk dengan menghadirkan dekorasi cantik yang memukau tamu undangan.

Jika biasanya resepsi pernikahan menggunakan bunga atau tanaman sebagai dekorasinya, tapi berbeda dengan konsep pernikahan yang satu ini. Pasangan pengantin ini menggunakan dekorasi tak biasa, yaitu buah-buahan dan sayuran segar.

Hal ini terlihat dari unggahan resepsi pernikahan yang dibagikan akun TikTok @kamikisah_. Resepsi pernikahan unik ini diadakan di salah satu gedung di Surabaya, Jawa Timur. Konsepnya bisa dibilang mirip pasar rakyat.

"Datang acara kondangan, rasa pasar rakyat mewah check," tulis pengunggah video pada Kamis, 22 September 2022. Dekorasi aneka buah dan sayuran diletakkan mengelilingi bunga yang ada di meja dan di panggung pelaminan.

Kita bisa meihat ada buah-buahan seperti jeruk, bit, anggur, nanas, dan sayuran seperti tomat, kacang panjang, dan wortel berjajar rapi. Menariknya lagi, semua tamu undangan, termasuk pengisi acara, bebas mengambil sayur dan buah-buahan yang tersedia.

Para tamu yang menghadiri resepsi tersebut tampak antusias memilih buah dan sayuran untuk dibawa pulang. "Kapan lagi belanja nggak bayar ya kan?" tulis pengunggah video.

Hal ini pun membuat senyuman di wajah para tamu wanita, terutama kaum ibu, merekah. Bagaimana tidak, mereka bisa berbelanja tanpa keluar uang untuk beberapa hari ke depan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pulang dari Pasar

Tak hanya para kaum ibu, bapak-bapak rupanya juga tidak mau ketinggalan. Seorang pria berbaju batik tampak sudah membawa sekantong belanjaan penuh buah dan sayuran.

Tak hanya para tamu undangan, para vendor acara pernikahan juga diizinkan membawa pulang yang mereka mau. Pemandangan unik pun terjadi di resepsi pernikahan tersebut, para tamu seperti habis pulang belanja dari pasar.

Unggahan video ini pun ramai dibahas di media sosial. Banyak warganet yang mengaku terinspirasi dengan ide dekorasi berupa sayur dan buah-buahan segar.

"Idenya... asik banget. pulang2 happy tamu2nya," komentar seorang warganet. "ide bagus..drpd dekornya full bunga selesai acr dibuang. Kalo dekor dicampur buah sayur mayur lebih berfaedah," komentar warganet lainnya.

Beberapa waktu lalu juga ada konsep pernikahan unik lainnya. Kali ini bukan soal dekorasinya tapi dalam hal makanan. Pasangan pengantin mengundang para penjual makanan kaki lima untuk menyajikan santapan di resepsi pernikahannya.

3 dari 4 halaman

Pedagang Kaki Lima

Momen ini dibagikan melalui unggahan akun TikTok @sidorabi_wo.  Di sana, tampak banyak pedagang makanan kaki lima di tempat pernikahan. Ada penjual harum manis, durian, siomay, satai, kebab, gorengan, mi ayam, sampai kue leker.

Para penjual makanan kaki lima itu juga datang membawa gerobak yang biasa mereka pakai untuk berjualan keliling. Suasana acara pernikahan pun jadi tampak unik. "Makanan katering di pernikahan udah biasa! Kalau jajanan kaki lima, gimana ya?" tulis pemilik akun dalam keterangan videonya.

Banyak orang terlihat bersemangat menikmati aneka makanan kaki lima di sana. Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet.  Ada yang penasaran bagaimana usaha pasangan pengantin buat meyakinkan keluarga mereka untuk menyajikan makanan kaki lima.

Penyajian makanan di resepsi pernikahan sebelumnya sempat viral di media sosial di penghujung tahun lalu. Suasana resepsi pernikahan pengantin asal Indramayu, Jawa Barat itu sebenarnya hampir sama seperti pernikahan pada umumnya.

4 dari 4 halaman

Festival Kuliner

Di momen ini, pengantin menyediakan beberapa jamuan makanan dan minuman. Tapi yang menarik perhatian, suasana pernikahan itu ibarat sebuah festival kuliner, hanya saja deretan jajanan tersaji secara gratis untuk para tamu.

Ada banyak hidangan tersedia, mulai dari minuman cepat saji, es krim, makanan ringan, hingga makanan berat. Pemandangan itu terlihat dalam akun TikTok @cicihuangg yang jadi salah satu tamu undangan. "Boleh ambil apa aja, asal tetap sopan," tulisnya dalam unggahan pada 19 Desember 2021.

Dalam video tersebut, tampak gerai makanan dan minuman berjejeran seakan di sebuah festival kuliner. Para tamu pun tampak leluasa memilih jajanan favorit di area yang cukup luas. Rupanya bukan sosok biasa di balik pesta besar tersebut.

Menurut pemilik akun bernama Kiki Fatikasari itu, pernikahan tersebut dilangsungkan keluarga salah satu pengusaha terkenal di Indramayu. Mereka berani menyediakan berbagai jajanan yang bisa dinikmati tamu. Kiki pun terlihat mengambil beberapa makanan dan minuman secara bebas, termasuk teh kemasan dan es krim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.