Sukses

10 Menu Diet Ariel Tatum, Menjaga Kesehatan dan Berat Badan Tetap Stabil

Liputan6.com, Jakarta - Ariel Tatum tengah jadi perhatian berkat aktingnya di film terbaru berjudul Sayap-Sayap Patah. Dipasangkan dengan Nicholas Saputra, akting keduanya banyak dipuji oleh warganet. Ariel Tatum sendiri dikenal sangat berdedikasi saat memerankan karakter di berbagai judul film yang dibintangi.

Ia pun tak segan menerima tantangan untuk menaikkan maupun menurunkan berat badan. Ariel mengaku, belum lama ini sempat menaikkan berat badan demi keperluan pekerjaan.

"Awal tahun ini gw naik 6kg untuk kebutuhan kerjaan, and I did it slowly and in the most exciting way possible (dan caranya pelan-pelan juga sebisa mungkin secara menyenangkan)," tulisnya di akun Instagram miliknya. Menurut Ariel, ia sedang dalam proses menurunkan berat badannya kembali untuk proyek selanjutnya.

Bagi Ariel, penting untuk mengatur kondisi berat badan dengan cara yang sehat, sehingga ia memutuskan berkonsultasi dengan tenaga ahli gizi. "Sebenernya semua masih di batas normal, cuma gw dan @drfeninugraha.spgk sepakat bahwa gw bisa turunin Body Fat Mass (massa lemak tubuh) selama Skeletal Muscle Mass (massa otot skeletal) gw bisa lebih di maksimalkan (dengan olahraga yang fokus lagi ke perkembangan otot) supaya gw bisa terlihat lebih kecil," jelas Ariel di akun Instagram miliknya.

Diet yang ia jalani ini sudah diatur dengan baik agar perutnya tidak mudah sembelit. Pasalnya, perutnya cenderung jadi mudah sembelit karena ia mengaku sudah bertahun-tahun meninggalkan kebiasaan makan nasi.

Lantas, apa saja sih makanan yang dikonsumsi pemilik nama lengkap Ariel Dewinta Ayu Sekarini selama diet? Dilansir dari akun Instagram miliknya dan beberapa sumber lainnya, berikut 10 menu diet Ariel Tatum biar bebas sembelit dan menjaga berat badannya tetap ideal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Wortel

Ariel Tatum sesekali menggunakan wortel sebagai menu sayur saat diet. Dilansir dari ndtv.com, wortel secara alami cenderung rendah kalori dan punya nutrisi tinggi, sehingga ampuh membantu turunkan berat badan. Dalam satu cup wortel hanya punya 50 kalori atau setara dengan tiga persen kebutuhan kalori pada tubuh saat diet.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Ariel kerap pakai aneka kacang-kacangan dan biji-bijian yang dicampur dengan bahan makanan lainnya. Kedua makanan ini bisa mendukung mencapai berat badan ideal, meningkatkan energi buat olahraga, membakar lemak pada tubuh, serta mencegah nafsu makan berlebihan.

3. Buah-buahan

Selain sayuran, Ariel Tatum juga tak ketinggalan makan aneka buah setiap harinya. Wanita berusia 25 tahun ini bahkan punya resep camilan dari buah blueberry. Caranya dengan dicelupkan ke cokelat hitam yang sudah leleh dan dibekukan sebelum disantap.

Buah-buahan termasuk rendah kalori, tinggi serat, dan kaya vitamin. Tak hanya untuk menurunkan berat badan, rutin megonsumsi buah bisa menyehatkan pencernaan, mencegah diabetes, menstabilkan tekanan darah, melawan kanker, dan menyehatkan jantung.

3 dari 4 halaman

4. Greek yogurt

Ariel Tatum juga biasa mengonsumsi Greek yogurt. Ia biasa mencampurkannya dengan camilan, ikan panggang, dan menu lainnya.

Greek yogurt tinggi protein, serat, dan karbohidrat buat membakar kalori di tubuh, menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, serta bikin pencernaan tubuh sehat. "Speaking of gut health (Bicara soal kesehatan pencernaan), ini adalah lunch andalan gw bertahun tahun," ungkap Ariel di Instagram Stories.

5. Ikan

Ikan merupakan salah satu lauk andalan Ariel buat diet. Contohnya ada ikan salmon, unagi, kakap merah, dan masih banyak lagi. Dilansir dari ndtv.com, ikan punya asam lemak omega-3 yang tinggi dan sangat bermanfaat buat diet. Ikan bisa bikin kenyang lebih lama dan juga bikin tubuh selalu sehat.

"Seperti ini waktu itu minggu pertama gw masak Pink Coral Snapper and rainbow carrots that I pan-seared with olive oil and some seasoninngs, steamed tricolor quinoa and Red Sorrel Microgreens (ikan kakap merah dan wortel warna-warni yang ditumis pakai minyak zaitun dan bumbu-bumbu, quinoa tiga warna kukus dan sayur microgreen)," tulis Ariel di Instagram Stories.

6. Quinoa

Lantaran sudah meninggalkan nasi putih, Ariel Tatum biasa pakai quinoa sebagai pengganti nasi. Quinoa tak hanya punya karbohidrat kompleks, tapi juga protein, vitamin B, serat, dan nutrisi lainnya yang sangat ampuh membakar lemak dengan cepat serta meningkatkan metabolisme tubuh. Polifenol dalam quinoa dianggap sebagai alasan memakannya dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah

7. Terung

Ariel Tatum juga gemar mengonsumsi sayur terung. Ia biasa memasaknya sendiri dengan dipanggang pakai racikan bumbu andalannya. Terung terbukti bisa turunkan berat badan, karena sayur berwarna ungu ini cukup tinggi serat dan rendah kalori.

4 dari 4 halaman

8. Brokoli

Ariel Tatum juga sering mengonsumsi sayuran hijau, salah satunya brokoli. Sebuah penelitian di Journal of the Academy of Nutrition and Dietitics menemukan mengonsumsi brokoli terbukti bisa membakar lemak pada perut. Sayuran hijau yang bentuknya seperti pohon kecil ini masuk ke dalam kategori bernutrisi tinggi. Sayuran ini sarat dengan beragam vitamin, mineral, serat, dan senyawa bioaktif lainnya.

9. Jamur

Ariel Tatum juga biasa melengkapi menu sayurannya dengan jamur. Jamur mengandung serat dan protein yang ampuh bakar lemak dan menstabilkan kadar glukosa pada darah. Makanan satu ini juga bikin energi selalu penuh buat beraktivitas dan olahraga.

Jamur menjadi salah satu pilihan diet yang sehat, karena jamur tidak memiliki kandungan kolesterol. Meski begitu, jamur memiliki kandungan chitin dan beta glukan yang dapat membantu mengurangi kolesterol.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa jamur tiram berwarna merah muda dapat menurunkan tingkat LDL (kolesterol jahat) di dalam darah. Tak hanya itu, varietas jamur shiitake juga dapat membantu liver dalam mencerna kolesterol dan mengeluarkannya melalui aliran darah.

10. Nasi konjac

Ariel Tatum mengaku nasi konjac ini sangat mirip dengan nasi putih, tapi lebih sehat. Sebab, sejak ia mengonsumsinya, perutnya tak lagi mudah sembelit.

Nasi konjac memang bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Di samping itu, makanan ini juga bisa menurunkan kolesterol tinggi dan menurunkan berat badan. "Beneran enak bgt kayak nasiiiii minus sembelit for me lol, gw bener-bener ga pernah nyentuh nasi putih sekalipun sejak kenal iniiii," ungkap Ariel Tatum di Instagram Stories.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS