Sukses

4 Cara Motivasi Diri di Pagi Hari, Biar Semangat Memulai Hari

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang bisa beraktivitas secara maksimal ketika mereka mendapatkan inspirasi dan motivasi. Apakah kamu tahu bagaimana mendapatkan motivasi pada saat itu? Apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu saat membuka mata? 

Pagi menjadi salah satu momen spesial di setiap harinya. Pasalnya, pagi adalah saat di mana dibukanya lembaran baru dalam hidup seseorang. Oleh karena itu, momen ini seringkali dilalui dengan penuh semangat dan suka cita. Pagi yang segar juga jadi waktu yang tepat untuk mencari motivasi. Lakukan 4 Hal Ini untuk Mendapatkan Motivasi Saat Bangun Tidur

Apa itu Motivasi?

Dikutip dari lifehack.org, motivasi adalah sebuah kekuatan yang terus mendorong kamu untuk maju dalam mengatasi setiap tantangan dan rintangan. Tanpa adanya motivasi, kamu akan mudah menyerah setiap melakukan sesuatu yang berujung kegagalan. 

Disadari atau tidak, motivasi adalah kekuatan besar dalam menjalani hidup, dan itu perlu dijadikan suatu pegangan setiap kamu melakukan sesuatu di setiap harinya. Tetaplah ingat bahwa, motivasi bukanlah sebuah saklar. Motivasi adalah aliran.

Mau tau cara mendapatkan motivasi di pagi hari? Teruslah membaca.

Bangun pagi dan bersiap-siap untuk bekerja adalah aktivitas yang sering dihinggapi rasa malas. Hasilnya, kamu pun berangkat ke kantor dengan mood yang buruk dan tidak bersemangat. Performa saat bekerja pun akan menjadi kurang karena tidak ada motivasi di pagi hari.

Jika hal tersebut terus-menerus terjadi tentu akan sangat merugikan. Performa kerja turun, badan terasa lelah, dan pikiran pun jauh dari kata jernih. Untuk itu, kamu perlu mendapatkan motivasi di pagi hari. Berikut caranya.

1. Cari Tahu Apa yang Mendorong Kamu Hari Ini

Setelah bangun pagi dan merapikan tempat tidur, membuat catatan kegiatan juga dapat menambah motivasi diri dalam bekerja. Kamu jadi tahu tugas apa saja yang akan dilakukan sepanjang hari. Dengan adanya daftar kegiatan yang akan dilakukan, kamu tidak perlu merasa memiliki pekerjaan yang menumpuk. Lakukan yang terbaik untuk tidak fokus pada hal negatif. Tinjau tujuan kamu dan arahkan diri ke arah yang lebih positif!

2. Katakan Tidak pada Menyerah!

Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya. Sayang, untuk mencapai tujuan hidup bukanlah hal yang gampang. Seringkali, berbagai rintangan bermunculan menghambat langkah untuk maju. 

Sulitnya masalah yang dihadapi, seringkali mematahkan semangat yang ada. Tapi jangan khawatir, kata-kata jangan menyerah bisa membuat kamu bersemangat kembali. Salah satu contoh kata motivasi yang bisa kamu terapkan, ‘Lelah bukan berarti berhenti. Sepasang kaki butuh jeda untuk istirahat sejenak agar irama langkah tetap terjaga demi mencapai tujuan.'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Kenali Kemajuan

Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam hidup secara spesifik, jelas, objektif, dan realistis. Kemudian, tulis tujuan tersebut dalam buku agendamu, atau pada selembar kertas dan tempelkan di dinding kamar atau ruang kerja.

Jika perlu, tempelkan juga kertas berisi kalimat motivasi dari tokoh-tokoh terkenal yang bisa menginspirasimu untuk terus melangkah meraih tujuan tersebut. Selain sebagai pengingat, cara ini akan membuatmu lebih semangat dan berkomitmen terhadap tujuan yang sudah kamu tetapkan.

4. Self Reward itu Penting Lho!

Saat berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai suatu target, lakukan self reward untuk dirimu sendiri dengan sesuatu yang menyenangkan, bermanfaat, dan layak kamu dapatkan. Misalnya, berlibur atau membeli barang yang sedang diinginkan.

Ini adalah cara untuk menghargai pencapaianmu, sekaligus sebagai pendorong semangat untuk mencapai target selanjutnya. Walaupun kadang tidak mudah, jangan pernah berhenti mencoba meningkatkan motivasi untuk diri sendiri. Seiring waktu, hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan, karena kamu akan makin mengenal hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi motivasimu.

Itulah dia beberapa cara untuk mendapatkan motivasi di pagi hari. Meningkatkan motivasi memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Tetaplah semangat!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS