Sukses

Tanda Hormat Para Pelayat di Pemakaman Ratu Elizabeth II, dari Topi Hitam hingga Bros

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II dikenal sebagai sosok yang ahli dalam berpakaian simbolis. Ratu menggunakan pakaian, warna, topi, dan perhiasan untuk berkomunikasi dengan subjek dan berdiplomasi lembut. Pada Senin, 19 September 2022, Ratu telah dimakamkan, para anggota keluarga kerajaan, kepala negara dan pejabat tinggi lainnya untuk melakukan hal senada.

Dikutip dari CNN, Selasa (20/9/2022), hitam adalah warna dominan di antara sekitar 2.000 tamu yang memadati Westminster Abbey London untuk upacara pemakaman Ratu Elizabeth II. Sementara, pilihan pakaian para hadirin terlihat mengenakan topi, bros, dan penghormatan pada pakaian nasional menambah karakter pada pakaian yang sebaliknya muram.

Hiasan kepala formal tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari topi bertepi lebar hingga tukang pesona kecil dengan kerudung gelap. Desain yang lebih rumit terlihat pada Carole Middleton, ibu dari Catherine, Princess of Wales, dan Pemimpin House of Commons Inggris Penny Mordaunt, yang topinya menampilkan susunan bulu gelap.

Istri Presiden Prancis Emmanuel Macron, Brigitte, memilih topi model kotak obat dengan detail kerudung hitam kecil di bagian depan. Sedangkan, Jill Biden tampil lebih minimalis dengan desain seperti ikat kepala tipis yang berpuncak pada pita halus.

Putri Charlotte juga terlihat mengenakan topi hitam. Bocah berusia tujuh tahun tersebut juga memakai bros kecil berbentuk tapal kuda berlian di mantelnya. Itu merupakan hadiah dari nenek buyutnya, kata Istana Kensington kepada CNN.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gaya Keluarga Kerajaan

Keluarga dekat Ratu lainnya mengenakan pakaian, ikat pinggang, dan medali yang ditentukan berdasarkan kepangkatan militer. Raja Charles III mengenakan seragam Royal Navy dan membawa pedang. Putranya William, Pangeran Wales yang baru diangkat, mengenakan seragam Angkatan Udara Kerajaan, sementara Pangeran Edward dan Putri Anne juga mengenakan seragam pangkat masing-masing.

Bukan lagi sebagai anggota kerajaan yang bekerja, Pangeran Andrew mengenakan morning suit yang sederhana, meskipun tetap dihiasi dengan berbagai medali dan dekorasi. Pangeran Harry juga tiba dengan pakaian sipil, setelah mundur dari tugas kerajaan pada 2020.

Kehadiran bros, pin, dan ikat pinggang bermakna yang halus. Kate Middleton mengenakan sepasang anting-anting yang terbuat dari mutiara yang diberikan kepada Ratu dan Pangeran Philip untuk pernikahan mereka pada 1947, serta Kalung Mutiara Jepang Empat Baris dari koleksi perhiasan pribadi Ratu (barang yang sebelumnya dikenakan oleh mendiang Putri Diana).

Meghan Markle mengikutinya dengan mengenakan gaun jubah yang elegan. Istri Pangeran Harry ini juga memakai sepasang anting-anting yang diberikan kepadanya oleh Ratu Elizabeth II pada 2018. 

3 dari 4 halaman

Gaya PM Selandia Baru

Dikutip dari NZ Herald, Selasa (20/9/2022), Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern tiba di pemakaman Ratu Elizabeth II dengan mengenakan pakaian berkabung hitam. Tampilannya juga terdiri dari topi perempuan formal, gaun, serta kākahu karya desainer Aotearoa.

Ardern memilih mengenakan tampilan karya desainer Selandia Baru Juliette Hogan yang merupakan favoritnya. Gaya Ardern adalah gaun hitam klasik yang disesuaikan dengan garis leher tinggi dan belahan sederhana di bagian belakang.

Ardern memasangkan gaun itu dengan bulu khas Kiri Nathan yang disampirkan kākahu di bahunya. Ia mengatakan kepada 1 News bahwa dia mengenakan jubah tradisional Māori karena ingin membawa "sentuhan Selandia Baru" ke pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

Ia melengkapi penampilannya dengan topi perempuan yang terinspirasi kerajaan oleh desainer yang berbasis di Pirongia, Monika Neuhauser. Ardern ke pemakaman bergabung dengan para pemimpin dunia lainnya sebagai tamu, sehari setelah mengadakan audiensi dengan Raja Charles III.

4 dari 4 halaman

Meghan Markle

Meghan Markle memberi penghormatan pada Ratu Elizabeth II melalui penampilannya. Hal tersebut termasuk pilihan fesyen ibu dua anak ini ketika menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin, 19 September 2022, waktu Inggris.

Perempuan berusia 41 tahun itu tampak mengenakan memakai satu set anting mutiara dan berlian yang dihadiahkan padanya oleh Yang Mulia menjelang outing solo pertama dengan Pangeran Harry pada 2018. Dikutip dari Page Six, Selasa (20/9/2022) ia mengenakan gaun jubah hitam rancangan Stella McCartney.

Meghan lebih dulu mengenakan tampilan versi biru laut gaun itu ke konser ulang tahun ke-92 Ratu di Royal Albert Hall pada April 2018. Kini, ia memilih mengenakan gaya yang sama dalam warna hitam untuk mengucapkan selamat tinggal terakhirnya pada Ratu.

Hiasan kepala bertepi lebar Meghan tidak dipasangkan veil, seperti kakak iparnya, Kate Middleton yang memakai item tersebut. Meghan, seperti Putri Wales, tidak bergabung dengan suami mereka dalam rombongan iring-iringan yang berjalan di prosesi pemakaman Ratu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS