Sukses

Sosok Reza Arap yang Hilangkan Nama Depan dan Mendunia Bersama Weird Genius

Liputan6.com, Jakarta - Reza Oktovian atau yang lebih dikenal dengan Reza Arap merupakan salah satu konten kreator sekaligus YouTuber Indonesia. Ia juga salah satu personel grup musik Weird Genius bersama Eka Gustiwana dan Gerald Liu.

Sebagai artis multitalenta, sosok Reza juga termasuk unik dan bahkan pernah tersangkut kontroversi. Reza Arap lahir pada 15 Oktober 1987. Sebelumnya, ia memiliki nama lengkap Muhammad Reza Oktovian. Namun kemudian mengaku menghilangkan nama depannya tersebut sehingga lebih dikenal dengan nama Reza Oktovian atau Reza Arap.

Hal tersebut, ia akui saat menjadi bintang tamu di podcast YouTube Deddy Corbuzier. Salah satu juri program Indonesia's Got Talent ini mengaku merasa tidak pantas jika menyandang nama tersebut, pasalnya nama Muhammad sendiri merupakan nama yang begitu suci bagi umat Islam.

"Karena itu nama pemberian dari nyokap gue, bukan gue yang mau. Gue tidak pernah memilih untuk punya nama itu dan gue merasa terbebani dengan nama itu," ungkap Reza Arap dilansir dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, beberapa waktu lalu.

Diketahui jika sebelumnya Reza Arap menganut agama Islam mengikuti ibunya. Namun, ketika di tahun 2019, memberikan pengakuan bahwa ia menganut agama Buddha.

Dilansir dari berbagai sumber, Ia juga sudah mempelajari lebih dalam mengenai agama Budha serta mempelajari tentang kitab suci Buddha. Hal tersebut Reza Arap lakukan atas keinginannya sendiri.

Reza mengungkapkan selalu menyembunyikan dan berbohong mengenai nama lengkapnya karena tak ingin orang-orang menghakimiku dari nama, agama, tato, perlakuan buruk di internet dan sebagainya.

"Ibuku seorang muslim, ayahku beragama Kristen. Aku dibesarkan oleh ibuku, dengan cara yang Islam, jadi aku belajar banya banget tentang Islam. Ini sungguh agama yang indah. Sejak playgroup sampai SMA aku masuk sekolah Kristen. Saat itu aku juga belajar banyak hal tentang agama Kristen, sungguh menakjubkan," terangnya dalam sebuah unggahan di Instagram, dilansir dari Kapanlagi.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jadi Kasir Warnet

"Selain 2 agama itu, aku juga mempelajari banyak agama lainnya, tapi aku tak pernah memilih satu dari semuanya. Sampai sekarang, lalu tahun lalu, aku menghilangkan nama pertamaku secara legal melalui hukum. Jadi nama lengkapku sekarang Reza Oktovian," sambungnya.

Pria keturunan Tionghoa Singapura dan Surabaya ini mengawali kariernya sebagai konten kreator dari nol. Ia pernah menjadi kasir warnet demi bertahan hidup di Jakarta. Pekerjaan itu ia lakoni sejak dirinya masih duduk di bangku SD. 

Kariernya sebagai konten kreator dan juga gamers bermula saat ia bertemu Edho Zell, di mana mereka kerap bermain game Dota bersama. Reza dan Edho bersama tiga teman lainnya kemudian memutuskan untuk mengunggah konten video games di YouTube. Sejak saat itu nama Reza semakin dikenal hingga ia mendirikan grup musik beraliran EDM bernama Weird Genius.

Pada 2018, Reza Arap sempat menggegerkan dunia maya setelah memutuskan menutup akunnya yang sudah memiliki dua juta subscribers. Akun tersebut ternyata ia donasikan pada organisasi peduli kanker, Yayasan Anyo Indonesia (YAI). Saat ini, akun Reza itu berganti nama menjadi Rumah Anyo. Ia lalu membuat akun baru bernama yb pada Agustus 2019. 

Reza Arap melepas masa lajangnya usai menikahi sang kekasih, Wendy Walters. Keduanya resmi menikahi Wendy secara hukum dan agama pada Januari 2021. Mereka menggelar resepsi di Bali pada Februari 2021 dan hanya dihadiri keluarga serta sahabat.

 

3 dari 4 halaman

Mati Suri

Saat masih berusia sembilan tahun, Reza Arap pernah mengalami mati suri. Reza diketahui terlahir prematur saat usia kandungan sang ibu masih tujuh bulan.

Dengan kondisi yang memang terlahir jantung lemah, ia mengalami demam berdarah dan komplikasi. Selain itu Reza juga mengalami lambung bocor dan tekanan darah rendah. Dalam kondisi seperti itu, Reza Arap sempat dinyatakan meninggal selama 12 jam.

Saat sadar, ia sudah berada di dalam kamar jenazah bersama ibunya. Ketika itu Reza pun bangun dan langsung menanyakannya posisinya di mana saat ini. 

Sang ibu pun panik hingga berlari keluar memanggil dokter dan perawat. Namun, saat Reza bertanya apa yang terjadi pada dirinya ketika mati suri, ibunya enggan menjawab, bahkan sampai saat ini.

Reza juga sempat terseret kasus penipuan berkedok investasi yang terbongkar oleh pihak berwajib pada awal tahun ini, dan menetapkan nama Doni Salmanan sebagai salah seorang tersangka. Doni yang dijuluki sebagai Crazy Rich Bandung ini dikenal sebagai pribadi yang doyan berbagi dan sangat loyal dengan artis lain, termasuk pada Reza Arap yang pernah diberi uang sebesar Rp1miliar.

Saat Doni tertangkap dan ditahan oleh polisi, sejumlah artis pun berbondong-bondong mengembalikan uang yang didapat dari Doni. Begitu pula dengan Reza yang ikut mengembalikan uang pemberian Doni Salmanan.

 

4 dari 4 halaman

Tomorrowland 2022

Meski sosoknya kerap dinilai kontroversial, kariernya bersama Weird Genius makin melambung dan mendunia. Mereka sukses menghentak panggung festival EDM di Belgia, Tomorrowland 2022. Weird Genius sendiri tampil di panggung Tomorrowland 2022 pada Jumat, 22 Juli 2022 waktu setempat.

Salah satu yang mencuri atensi dari aksi mereka adalah Reza Oktovian atau yang akrab disapa Reza Arap dan Gerald Liu berbalut seragam SMA. Momen tersebut diabadikan dalam sederet unggahan oleh Reza melalui akun Instagram pribadinya.

Sebut saja video singkat yang menunjukkan dirinya dan Gerald Liu berada di balik turntable beraksi dengan venue yang dipenuhi oleh para penonton yang asyik bergoyang. Penonton pun seketika bergoyang penuh semangat diiringi hentakan musik Weird Genius.

Unggahan selanjutnya adalah video singkat yang diabadikan dari area penonton. Terlihat Weird Genius di panggung, penonton yang tak henti berjoget, hingga ikon Tomorrowland 2022 yang bergerak-gerak. Weird Genius juga sempat tampil bersama duo DJ asal Belanda, Yellow Claw. Mereka membawakan lagu bertajuk "Lonely" yang diremix oleh DJ Brennan Heart.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS