Sukses

6 Fakta Menarik Wales, Asal Nama Gelar Baru Pangeran William dan Kate Middleton

Wales memiliki fakta-fakta menarik, salah satunya anjing Corgi yang dipelihara Ratu Elizabeth II berasal dari Wales.

Liputan6.com, Jakarta - Wales atau Welsh merupakan unit konstituen Britania Raya yang membentuk perpanjangan ke barat pulau Britania Raya. Ibu kota dan pusat komersial serta keuangan utama adalah Cardiff.

Luas wilayah Wales adalah 20.735 km persegi. Total populasinya 3.063.456 pada 2011, mengutip Britannica, Sabtu, 10 September 2022.

Baru-baru ini, Raja Charles III mengangkat Pangeran William dan Kate Middleton sebagai Prince of Wales dan Princess of Wales. Gelar tersebut hanya dapat diberikan kepada putra tertua Raja atau Ratu Inggris, orang yang berada di urutan berikutnya dari takhta Inggris Raya.

Wales memiliki fakta-fakta yang mungkin belum kamu tahu. Berikut Liputan6.com merangkum enam fakta menarik Wales dari berbagai sumber.

1. Sistem Pemerintahan

Sama seperti negara Britania Raya lainnya, Wales menganut sistem monarki konstitusional. Britania Raya (Great Britain atau United Kingdom) terdiri dari empat negara di dalamnya yaitu Inggris (England), Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Keempat negara tersebut masing-masing memiliki wilayah administrasi tersendiri.

Karena Wales adalah unit konstituen Inggris, hubungan luar negeri dan banyak masalah domestik untuk Wales ditentukan di London oleh pemerintah Inggris dan House of Commons Parlemen, yang mencakup banyak anggota Welsh. Dengan demikian, perdana menteri Inggris adalah kepala negara dan kepala eksekutif.

Sementara, Majelis Nasional untuk Wales (Cynulliad Cenedlaethol Cymru) yang didirikan di Cardiff pada 1999, memikul beberapa tanggung jawab, termasuk pembangunan perkotaan dan pedesaan, perencanaan ekonomi, kesehatan dan kesejahteraan, budaya, pendidikan, transportasi, pariwisata, dan masalah lingkungan.

2. Anjing Corgi 

Anjing corgi yang merupakan kesayangan Ratu Elizabeth II berasal dari sini. Leluhur corgi Welsh Pembroke dikatakan berasal dari abad ke-10. Meskipun ukurannya kecil, mereka digunakan untuk menggembala selama beberapa dekade. Legenda Wales mengatakan bahwa mereka adalah jenis yang "enchanted" dan berfungsi sebagai kuda untuk prajurit peri.

Asal-usul nama “corgi” sulit ditentukan. Beberapa menafsirkan kata Wales "cor" berarti kurcaci dan "gi" sebagai bentuk anjing. Yang lain menafsirkan kata Wales "cor" berarti mengumpulkan atau mengawasi, karena itu reputasi penggembalaan kelas dunia mereka, mengutip dari Sykes Holiday Cottages.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Hari Nasional Wales adalah Hari St David

Hari St David/Dydd Dewi Sant adalah hari musik, budaya dan bahasa, untuk menghormati St. David, yang dirayakan setiap tahun pada 1 Maret. Perayaan nasional Wales ini adalah salah satu hari paling berwarna dalam kalender.

Kebiasaan yang dilakukan saat hari tersebut yaitu mengenakan bunga bakung atau daun bawang, yang merupakan dua lambang nasional Wales dan anak-anak mengenakan pakaian tradisional. Hari perayaan diisi dengan makanan tradisional Wales, termasuk kue welsh dan cawl. Setelah itu, terdapat parade di seluruh Wales, termasuk Parade Hari St David Nasional, yang berlangsung di pusat Cardiff.

4. Kota Terkecil di Inggris

Tidak lebih besar dari sebuah desa di garis pantai Pembrokeshire, terdapat kota kecil St Davids di Wales. St Davids merupakan kota terkecil di Inggris dan ketujuh terkecil di dunia.

Kota ini dibangun di sekitar katedral abad ke-6 dan diberikan status kota oleh HM the Queen by Royal Charter pada 1 Juni 1995. Kota kecil ini dikelilingi oleh pemandangan pantai yang indah, terkenal dengan kelimpahan satwa liar dan pantainya yang indah. Daerah ini juga kaya akan warisan Kristen awal, dengan itu menjadi situs biara St David.

3 dari 4 halaman

5. Tempat Wisata

Wales menawarkan banyak pilihan tempat wisata. Mulai dari taman nasional, kastil, hingga pantai, bisa Anda temukan di sini. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Wales menurut Planetware.com.

Taman Nasional Snowdonia

Wales identik dengan Snowdonia (Eryri), rangkaian pegunungan dan perbukitan yang indah terletak di daerah Gwynedd. Terdiri dari 14 puncak megah setinggi lebih dari 3 ribu kaki dan yang paling terkenal adalah Snowdon setinggi 3.546 kaki, puncaknya dapat diakses dengan kereta api.

Snowdonia dapat dilihat sejauh Porthmadog di pantai barat. Wilayah ini tetap menjadi salah satu tujuan liburan paling populer di Inggris, menarik sekitar empat juta pengunjung per tahun.

Taman Nasional Snowdonia (Parc Cenedlaethol Eryri) juga merupakan salah satu tujuan hiking paling populer di Inggris, dengan lebih dari 1.479 mil jalur pasar. Pendakian juga populer di sini, seperti halnya bersepeda gunung dan menunggang kuda.

Kastil Cardiff & Museum Nasional Cardiff

Bangunan yang paling fotografis dari banyak kastil Wales adalah Kastil Cardiff. Kastil ini menawarkan bagian-bagian yang masih utuh yang dibangun lebih dari seribu tahun yang lalu. Kastil yang terpelihara dengan indah ini membutuhkan waktu beberapa jam untuk dijelajahi.

Sorotannya yaitu State Apartments (Apartemen Negara), terkenal karena pajangan informatifnya yang berkaitan dengan kehidupan di kastil selama berabad-abad, serta kapel tua yang menarik. Fitur penting lainnya termasuk aula perjamuan yang terpelihara dengan baik dengan mural abad pertengahan dan perapian yang rumit.

Jika masih ada waktu setelah petualangan kastil, cobalah menyempatkan diri berkunjung ke Museum Nasional Cardiff. Museum ini memiliki koleksi mengesankan yang berfokus pada arkeologi, zoologi, dan botani, serta seni.

Museum Seni Nasional bertempat di gedung yang sama. Galeri seni yang luar biasa ini menampilkan sejumlah karya dari beberapa seniman paling penting di dunia, termasuk Old Masters dan pelukis Welsh.

Taman Nasional Pantai Pembrokeshire

Dikelilingi oleh air di tiga sisinya, Wales memiliki lebih dari sekadar bagian yang indah dari garis pantai yang dramatis. Beberapa yang paling mengesankan ditemukan di sepanjang pantai Semenanjung Pembrokeshire, yang menjorok ke Laut Irlandia, sebagian besar berada di dalam batas-batas Taman Nasional Pantai Pembrokeshire (Parc Cenedlaethol Arfordir Penfro).

Kamu dapat menjelajahi pemandangan indah ini dengan berjalan kaki di sepanjang Jalur Nasional Pantai Pembrokeshire, menemukan desa-desa seperti resor kecil Tenby yang indah, yang sebagian masih tertutup oleh tembok abad pertengahan.

Sorotan pantai Pembrokeshire lainnya adalah Kastil Pembroke, Katedral St. David (di kota dengan nama yang sama), dan pelabuhan nelayan yang indah seperti Laugharne, tempat penyair Welsh Dylan Thomas tinggal selama sebagian besar hidupnya. Rumah perahunya di atas teluk sekarang menjadi museum.

4 dari 4 halaman

6. Hidangan Populer

Apa saja hidangan populer yang ada di Wales? Berikut di antaranya menurut Tasteatlas.com.

Welsh Rarebit (Roti Panggang Keju Wales)

Welsh Rarebit adalah camilan tradisional. Idealnya roti ini berbahan keju Cheddar atau Caerphilly yang diproduksi secara lokal, dicairkan dan dicampur dengan mentega dan krim atau bir, lalu dituangkan ke atas roti panggang panas yang diolesi mentega.

Hidangan ini berasal dari abad ke-14 sebagai cara untuk menonjolkan kehebatan roti gandum dan Cheddar Welsh. Perdebatan tentang rabbit (kelinci) versus rarebit berlangsung hingga akhir abad ke-19, ketika kata rarebit mulai populer. Versi rabbit berasal dari fakta bahwa Welsh adalah pemburu yang sangat buruk, jadi makan malam mereka menghasilkan keju, bukan kelinci.

Cawl

Cawl yang murah, sederhana, dan lezat adalah rebusan tradisional Wales. Diyakini bahwa hidangan ini ditemukan pada abad ke-14. Cawl secara tradisional disiapkan dalam panci di atas api terbuka dan biasanya disajikan selama perayaan dan acara-acara khusus.

Saat ini, orang Inggris menyebut rebusan Wales sebagai cawl, tetapi versi paling tradisional termasuk favorit Wales seperti domba dan daun bawang. Pada awalnya, cawl disiapkan selama musim dingin, tetapi hari ini, cawl dimakan sepanjang tahun di banyak restoran Welsh.

Hal itu karena rebusan abad pertengahan ini telah berkembang dari waktu ke waktu. Sayuran, daging, atau makanan laut apa pun dapat digunakan di dalamnya, dan bahan-bahannya terutama bergantung pada lokasi.

Miser's Feast

Miser’s Feast adalah hidangan tradisional yang berasal dari Wales. Sederhananya, hidangan ini terdiri dari kentang dan babi. Resep aslinya menyebut daging babi Inggris.

Daftar bahan biasanya termasuk irisan kentang, bawang, daging babi (atau bacon), lada hitam, dan garam. Kentang, bawang, dan daging babi dilapisi dalam loyang, lalu diberi air, garam, dan merica di atasnya. Piring ditutup dan dipanggang sampai kentang menjadi empuk dan daging babi matang sepenuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.