Sukses

Di Balik Cerita Viral Kucing Liar Dijemput Pakai Mobil Kepala Cabang demi Nasabah Bank

Warganet mengapresiasi pihak bank yang secara totalitas melayani nasabahnya, sampai menjemput kucing liar.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan topik beragam, ada saja cerita di dunia maya yang viral dari waktu ke waktu. Menambah daftar panjangnya, giliran kisah kucing liar dan pelayanan sebuah bank swasta yang menarik perhatian warganet, baru-baru ini.

Cerita ini dibagikan akun Twitter @lulalen, Sabtu, 20 Agustus 2022, menulis, "We all know BCA has a good customer service, but this one is really extra (& funny) (Kita semua tahu BCA punya layanan pelanggan yang bagus, tapi yang satu ini sangat ekstra (dan lucu)."

"Jadi, adek gue kerja di BCA. Di kantor cabang adek gue tuh ada kucing suka nongkrong. Biasa deh mangkal depan kantor, atau tidur di motor yang parkir," imbuhnya. "Suatu hari kepala layanan minta tolong satpam buat usir si kucing. Pas banget di hari itu, ada nasabah yang pecinta kucing dateng dan nanya ke satpam kucingnya ke mana, karena biasa dia bawain makanan buat si meng (kucing)."

"Satpam kasih tahu dan info ke kepala layanan tersebut kalo ada nasabah sedih. Akhirnya si meng dijemput pake mobil kepala cabang sama kepala layanan dan satpam siang bolong. Ketemu 1 km dari kantor. Dibawa balik ke kantor cabang. So exxxxtra," ia menyambung.

Di utas tersebut, Valencia juga menyambung bahwa itu bukan nasabah prioritas. "Mengnya (kucing) yang nasabah prioritas," sahut pengguna Twitter lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Tahun Lalu

Melalui direct message pada Liputan6.com, Selasa, 23 Agustus 2022, Valencia menyebut, peristiwa tersebut terjadi pada 2018 lalu. "Tapi, memang jadi kisah yang diingat dan dibahas di cabang tersebut karena unik," katanya.

"Yang pasti setelah kejadian itu sama-sama happy, baik pihak bank maupun nasabah," ia menambahkan. "Kucingnya juga hahahaha. Tapi, infonya sekarang si kucing udah enggak mangkal di sana sih. Enggak tahu antara dia nemu tempat mangkal baru atau gimana."

Valencia mengatakan, secara pribadi ia mengapresiasi tim cabang BCA Muara Karang, Jakarta Utara atas usaha mereka menyenangkan nasabah. "Padahal itu ibaratnya satu nasabah aja, dan setelah kejadian juga enggak langsung disebar-sebar ceritanya. Jadi berasa tulus aja pelayanannya," tuturnya.

Ia berkata, "Ini baru kesebar enggak sengaja karena aku cerita di Twitter, yah bagus mereka dapet apresiasi dari netizen walau udah lama. Kalau awal-awal, aku sih ketawa pas denger cerita dari adikku, karena ini kocak."

3 dari 4 halaman

Komentar Pro Kontra

Terkait komentar pro kontra, Velencia mengatakan, "Satu sisi bagus buat awareness soal hidup berdampingan sama hewan. Aku juga ngeh ada yang bahas soal penanganan hewan liar di thread-ku itu. Misal, bagaimana kita enggak berhenti di suka aja, tapi juga bantu jaga dan steril, supaya populasi kucing liar terkendali."

"Satu sisi paham ada yang takut kucing," katanya. "Enggak apa-apa juga karena bisa jadi pengingat buat pecinta kucing toleransi dan maklum sama yang takut. Sama-sama kalem aja yang penting enggak perlu diributkan segitunya." Hingga artikel ini ditulis, utas yang dimaksud sudah mengumpulkan 88 ribu lebih likes, di-retweet 26 ribuan kali, dan mengundang lebih dari 1,2 ribu komentar.

Kisah kucing itu mengingatkan pada peringatan Hari Kucing Sedunia yang jatuh pada bulan ini, tepatnya pada 8 Agustus 202. Perayaan ini jadi pengakuan penuh terhadap salah satu hewan yang sudah lama jadi peliharaan manusia. Melansir Hindustan Times, perayaan ini pertama kali dilakukan International Fund for Animal Welfare (IFAW) pada 2002.

4 dari 4 halaman

Tujuan Peringatan

Tujuan peringatan Hari Kucing Sedunia adalah membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kucing, cara memelihara dan melindungi mereka. IFAW adalah sebuah organisasi kesejahteraan hewan, salah satu yang terbesar di dunia, yang berbasis di Kanada.

Pada 2020, perwalian Hari Kucing Sedunia diteruskan dari IFAW ke International Cat Care, badan amal di Inggris. Cat Care didirikan pada 1958 oleh pecinta kucing yang bekerja untuk menyebarkan informasi tentang kesehatan dan kesejahteraan kucing. 

"Tujuannya untuk menginspirasi orang memahami kebutuhan dan perspektif individu kucing, dan bertindak demi kepentingan kesejahteraan setiap kucing," tulis keterangan organisasi tersebut.

Selain Hari Kucing Sedunia, beberapa negara merayakan Hari Kucing Nasional di berbagai tanggal. Rusia, misalnya, merayakan Hari Kucing setiap 1 Maret, dan Amerika Serikat merayakannya pada 29 Oktober.

Banyak ilmuwan selama bertahun-tahun mencoba mencari tahu misteri dan cerita dari mana hubungan kucing dan manusia berkembang. Menurut legenda, dikatakan bahwa seekor kucing liar dikuburkan di dekat mayat seseorang yang hidup selama kira-kira 9.500 tahun. Sejak itu manusia memiliki hubungan dengan hewan berkaki empat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.