Sukses

4 Fakta Menarik Film Mencuri Raden Saleh, Bermula dari Ide Iseng Sutradara

Liputan6.com, Jakarta - Mencuri Raden Saleh, termasuk salah satu film Indonesia yang segera tayang di layar bioskop Tanah Air. Film ini telah melakukan penayangan terbatas di 17 kota, tepat pada hari Kemerdekaan RI ke-77 Rabu, 17 Agustus 2022, sebelum tayang perdana pada 25 Agustus 2022.

Dari judulnya saja tentu publik penasaran, sebenarnya apa cerita yang akan ditampilkan dalam film karya sutradara Angga Dwimas Sasongko yang berdurasi 154 menit tersebut? Apakah ada kaitannya dengan cerita  kehidupan pelukis legendaris Indonesia, Raden Saleh? Benarkah lukisannya pernah dicuri?

Sebelum menonton di bioskop, tak ada salahnya untuk mengetahui fakta-fakta film Mencuri Raden Saleh yang dirangkum dari berbagai sumber berikut.

 

1. Pencurian Terbesar

Mencuri Raden Saleh bercerita tentang sekelompok pemuda yang berencana mencuri lukisan tak ternilai dari Istana Kepresidenan. Lukisan yang disimpan di Istana Kepresidenan merupakan lukisan bersejarah “Penangkapan Pangeran Diponegoro” karya pelukis Raden Saleh. 

Mengutip dari situs IMDb, Kamis, 18 Agustus 2022, enam pemuda tersebut harus mencuri artefak penting Indonesia itu lantaran butuh uang. Tapi rencana mereka dihadapkan dengan begitu banyak rintangan. Semua itu berawal dari pekerjaan membuat lukisan palsu yang dilakoni tokoh Piko (diperankan Iqbaal Ramadhan) dan Ucup (Angga Yunanda). 

"Mungkin banyak yang bertanya-tanya seberapa hebat lukisan Raden Saleh itu.  FYI lukisan dia termahal di balai lelang Perancis pernah terjual seharga Rp150 M. Dia masih tercatat sebagai seniman Indonesia tersohor dan termahal sampai sekarang belum ada yang bisa mengambil alih tahta ini," tulis gajou satoru seorang warganet di kolom komentar teaser Mencuri Raden Saleh di kanal resmi Visinema Pictures di Youtube.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Menampilkan Bintang Muda

Dari poster film dan teaser singkat berdurasi sekitar dua menit, sederet bintang muda terlihat menjadi pemeran utama dalam film ini. Selain Iqbaal Ramadhan dan Angga Yunanda, film ini juga  menampikan Rachel Amanda, Umay Shahab, Aghniny Haque, dan Ari Irham.

Enam pemeran dalam film diceritakan memiliki kemampuan tersendiri dan akan bekerja sama untuk mencapai misinya. Salah satunya sang sutradara, menyebutkan bahwa akan menarik untuk melihat keenam pemeran utama berada dalam satu adegan.

Tampak di tayangan behind the scene Mencuri Raden Saleh, ada aktris Andrea Dian berperan sebagai Sita dan Ganindra Bimo memerankan Arman. Pasangan suami istri ini menceritakan proses syuting yang mereke jalani.

"Ini vibes dan ambience-nya bisa saling mendukung karakternya harus stand-out ya terjadi di sini," ujar Ganindra. 

Namun tak hanya bintang muda, aktris dan aktor senior seperti Atiqah Hasiholan dan Dwi Sasono juga ikut bermain dalam film Mencuri Raden Saleh. Tentunya dengan dukungan penampilan mereka, para pecinta film Indonesia akan semakin penasaran dengan cerita dan akting para pemainnya. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

3. Ide Cerita Unik

Naskah cerita yang ditulis oleh Muhammad Husain Atmodjo dan sang sutradaranya sendiri, Angga Dwimas Sasongko ini terbilang unik karena bercerita tentang cara mencuri lukisan karya pelukis legendaris. Di akun Twitter pribadinya, Angga mengungkap asal mula ide cerita. 

“Bermula dari ngalor ngidul sama @_haye_ pas pulang dari Jogja di tahun 2018, tercetuslah ide bikin film tentang nyolong lukisan Raden Saleh. Tapi ternyata proses membuat cerita jadi skenario sampai production design, gak segampang ngalor ngidul," tulis Angga dilansir dari akun Twitter-nya, Kamis, 18 Agustus 2022.

"Butuh 3 tahun lebih project ini digodok. Berpindah dari satu penulis ke penulis lain. Dari satu produser ke produser lain. Dan butuh 1 tahun untuk mengumpulkan 6 anak muda keren di belakang saya,” lanjutnya.

Film ini pertama kali diumumkan dalam acara konferensi pers virtual yang diadakan pada 18 November 2019. Namun dengan berganti penulis dan berbagai masalah, produksi film ini baru dimulai pada Mei 2021. 

Saat itu Angga menjelaskan kenapa ada enam orang yang bakal jadi tokoh utama.

“Kenapa enam orang? Karena menarik sekali melihat 6 karakter ini. Enam aktor ini, jadi satu dalam sebuah frame dengan sebuah cerita di mana mereka ingin mencuri sesuatu yang besar, atau sesuatu yang penting ada di dalam istana presiden gitu,” ujar Angga di video yang diunggah di akun Instagram resmi Mencuri Raden Saleh pada 17 Mei 2021.

4 dari 4 halaman

4. Sosok Raden Saleh

Mengambil judul film dari nama seorang tokoh dan penulis terkenal era kemerdekaan, tentu membuat para pemain yang terlibat di dalamnya tertarik menggarap film. Sosok Raden Saleh sendiri merupakan pelukis beretnis Arab-Jawa yang menjadi pionir seni modern Indonesia yang saat itu masih bernama Hindia Belanda.

Lukisannya adalah karya seni perpaduan Romantisisme yang sedang populer di Eropa saat itu dengan tambahan elemen-elemen yang menunjukkan latar belakang Jawa si pelukis. Dilahirkan dalam sebuah keluarga Jawa ningrat.  Raden Saleh merupakan cucu dari Sayyid Abdoellah Boestaman dari sisi ibunya. Ayahnya adalah Sayyid Hoesen bin Alwi bin Awal bin Jahja, seorang keturunan Arab.

Raden Saleh sempat belajar hingga ke Belanda untuk memperdalam bahasa Belanda dan belajar teknik mencetak menggunakan batu. Sedangkan perkenalannya dengan dunia melukis, selama lima tahun pertama ia pelajari melukis potret dari Cornelis Kruseman.

"Salah satu yang buat gue nggak boleh melewatkan kesempatan emas ini Raden Salehnya sendiri sih," ujar Angga Yunanda dikutip dari tayangan YouTube Mengejar Raden Saleh, 19 Agustus 2022.  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS