Sukses

Djournal Coffee X Swara Gembira, Uniknya 7 Kreasi Minuman Terinspirasi Corak Wastra Nusantara

Liputan6.com, Jakarta - Menggandeng Swara Gembira, komunitas gerakan generasi muda bertujuan merevolusi seni dan budaya Indonesia, Djournal Coffee menebar semangat bangga berbudaya dan mencintai Tanah Air di momen peringatan HUT ke-77 RI. Ini diwujudkan melalui Nusa Rasa Oat Series, kreasi minuman yang terinspirasi corak wastra Nusantara.

"(Karena memperingati kemerdekaan) ke-77 tahun, makanya kami buat tujuh varian minuman baru," kata Research and Development Manager Djournal Coffee, Sendi Djaja, dalam jumpa pers di bilangan Jakarta Selatan, Selasa, 16 Agustus 2022.

Ketujuh variannya adalah Kayu Manis Shaken Oat, Klepon Oat Macchiato, Sari Kaya Oat Latte, Batavia Oat Esspreso, Ubi Ungu Oat Latte, Kakao Oatmilk, dan Pandan Batavia Oat Latte. Sendi menyebut, Kayu Manis Shaken Oat merupakan inkorporasi rempah dengan kopi Indonesia.

"Kemudian, Klepon Oat Macchiato, kami tidak menghilangkan tekstur kelapa yang sudah sangat identik dengan klepon. Jadi, memang ditambah (taburan) kelapa kering, yang juga dipadukan gula Nusantara," tuturnya.

Ada pula Sari Kaya Oat Latte yang merupakan padanan kopi Sumatra ditambah rasa sari kaya yang khas. "Batavia Oat Esspreso cenderung creamy. Manis, tapi enggak sampai bikin enek," ia mendeskripsikan varian minuman selanjutnya.

Ubi Ungu Oat Latte, Sendi menyambung, merupakan yang paling berbeda secara warna. "Kami juga kaget ubi ungu ternyata cocok sama kopi," imbuhnya. Lalu, Pandan Batavia Oat Latte dibuat menggunakan sirup pandan lokal, yang membuatnya "lebih wangi," dicampur gula Nusantara.

"Kakao Oatmilk merupakan satu-satunya varian minuman non-kopi dalam seri ini. Terbuat dari 70 persen kakao Sumba," ia mengatakan. Ia juga mengatakan bahwa kopi yang dipakai 100 persen dari Indonesia: kombinasi 70 persen Toraja dan 30 persen Mandailing.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengapa Susu Gandum?

Lalu, mengapa memilih susu gandum sebagai salah satu komponen utama dalam Nusa Rasa Oat Series? Sendi mengatakan, dalam peracikan, mereka menilai itu yang paling berpadu selaras dengan bahan lainnya.

"Selain, oat milk juga lagi tren. Kami ingin membuat seri minuman ini relevan dengan budaya populer," kata Assistant Marketing Manager Djournal Coffee, Rena Andriyani, menyambung bahwa mereka juga ingin menghadirkan minuman berbahan susu gandum dengan harga terjangkau, yakni Rp35 ribu per cangkir.

Sendi menyebut, kreasi minuman pihaknya acap kali terinspirasi dari konsumen, termasuk dalam mengembangkan minuman bercita rasa yang lebih lokal. Dengan begitu, mereka terus relevan dengan selera para pelanggan.

Direktur Utama Swara Gembira, Rifan Rahman, mengatakan bahwa kolaborasi ini jadi bukti bahwa boga dan wastra Nusantara bisa melebur serasi. Selain secara rasa, upaya "meng-Indonesiakan Indonesia" juga didorong melalui pameran wastra di Djournal House, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, hingga akhir September 2022.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pameran Wastra

Rifan menyebutnya sebagai "Pameran Wastra Nusa Rasa." "Kami memperlihatkan kain artisan dari Kain Gembira (sub-unit Swara Gembira) yang fokusnya menggunakan corak baru. Tetap mengikuti cara wastra dibuat secara tradisional, tapi tekniknya dimodernisasi sedemikian rupa," tuturnya.

Warna dalam kain-kain yang dipamerkan, ia menyambung, merespons palet warna dari Nusa Rasa Oat Series, dengan tiga warna utama. Mereka adalah cokelat, ungu, dan hijau. 

"Sampai nanti puncak acaranya (akhir September 2022), ada Pesta Remaja yang dimeriahkan para DJ binaan Swara Gembira yang akan mempersembahkan lagu Indonesia terbaik dari masa ke masa," ia mengatakan. "Anak-anak muda nantinya hadir, dan mereka berkain."

Selain, kolaborasi mereka juga tentang menyeragamkan para pramusaji dengan dipakaikan udeng. "Lagi-lagi, palet warnanya merespons Nusa Rasa Oat Series dengan tiga warna utamanya itu tadi," Rifan berujar.

Di samping, Rena menyebut, selama periode kampanye kolaborasi, mereka juga menyiapkan aktivasi tidak kalah seru. "Kami ada placement (iklan produk) di gerbong MRT. Ada model dari Remaja Nusantara (sub-unit dari Swara Gembira) dan tim internal Djournal Coffee," katanya.

4 dari 4 halaman

Dapat Minuman Gratis

Lebih lanjut Rena berkata, "Pelanggan bisa selfie (berlatar belakang iklan tersebut), diunggah di Instagram, dan memperlihatkannya ke staf Djournal Coffee gerai manapun. Nantinya mereka akan mendapat salah satu varian minuman baru Nusa Rasa Oat Series secara gratis yang diberikan dalam bentuk e-voucher."

Sebagai keterangan foto, Rena mengatakan, para konsumen bisa mendeskripsikan merdeka menurut versi masing-masing. Soal kemungkinan tujuh varian minuman baru ini jadi menu permanen, Rena mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi terlebih dulu.

"Kami akan melihat respons untuk kelanjutannya" tuturnya. "Ke depan, Djournal Coffee akan fokus pada ekspansi. Ada outlet yang akan buka di luar Jakarta akhir tahun ini."

Terkait penambahan varian rasa lokal lainnya, Sendi mengatakan itu sangat mungkin terjadi, mengingat ini bukan kali pertama mereka menciptakan kreasi dari ragam bahan khas Indonesia. "Kopi pandan, misalnya, itu kami sudah punya lama. Hanya saja dalam Nusa Rasa Oat Series, padanannya dibuat berbeda," ia menjelaskan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS