Sukses

Nama Panggilan Anak Ria Ricis Mirip Karakter Putri Disney, Apa Maknanya?

Liputan6.com, Jakarta - Akhirnya nama anak Ria Ricis dan Teuku Ryan yang lahir pada 26 Juli 2022 diungkap ke publik. Pasangan yang menikah pada 12 November 2021 itu menamai putri pertama mereka Cut Raifa Aramoana.

Selama ini, influencer itu hanya memanggil bayi perempuan itu dengan sebutan Baby R. Dalam acara akikah yang digelar Jumat, 5 Agustus 2022, Ricis menyatakan sang putri akan dipanggil dengan nama Moana sambil membentangkan selimut bergambar lautan.

Nama tersebut mengingatkan pada salah satu karakter Putri Disney. Di dalam film kartun, Moana digambarkan memiliki karakter berkemauan keras, putri seorang kepala desa Polinesia, yang dipilih oleh lautan untuk menyatukan kembali peninggalan mistis Dewi Te Fiti. Lalu, apakah arti nama putri Ria Ricis dan Teuku Ryan?

"Kalau Cut kan memang dari Aceh. Kalau Raifa InsyaAllah artinya 'kebaikan', kita ambil dari agama tentunya. Kalau Aramoana, itu kita ambil dari bahasa Polinesia, yang artinya 'jalan kecil menuju lautan'," tutur adik Oki Setiana Dewi itu, dikutip dari akun YouTube Ricis Official berjudul "LIVE EXCLUSIVE - AQIQAH & SYUKURAN ANAK PERTAMA RICIS RYAN".

"Jadi pas banget ini lautan," ucapnya seraya menunjuk backdrop dekorasi akikah putrinya.

"Jadi, jalan kecil menuju lautan keberkahan ya?" ujar MC. "Iya, aamiin ya Allah," sahut Ricis.

Usai mengungkap nama putri kecilnya, pemilik nama asli Ria Yunita itu memerlihatkan wajah sang putri yang dipakaikan gaun ala putri  bernuansa laut. Meski dihadiri banyak orang, Moana terlihat anteng di gendongan sang ayah dengan sesekali menggeliatkan badannya.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kesulitan Menyusui

Tepat pada hari Selasa, 26 Juli 2022, Ria Ricis melahirkan buah hatinya. Perempuan kelahiran 1 Juli 1995 itu melahirkan secara caesar pada pukul 08.26 WIB di RSIA Bina media Bintaro. Ia mengabarkan berita kelahiran itu dengan menunjukkan potret tangan sang bayi. Sementara, nama dan wajahnya tak diungkap ke publik.

Ricis juga membagikan pengalamannya menyusui. Menurut dia, hari pertama menyusui cukup berat. Youtuber ini merasa khawatir lantaran merasa produksi ASI-nya hanya sedikit. "Masih setetes-setetes, jadi insecure," kata Ria Ricis dalam konferensi pers pada Kamis, 28 Juli 2022, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

Meski begitu, dia tak membiarkan kekhawatiran itu menguasainya. Pemeran serial Wedding Agreement itu memotivasi diri sendiri juga sang buah hati agar dapat menyusui dengan baik. 

"Suami takut akunya stres, tapi alhamdulillah aku bilang, Ayo semangat, aku bisa kamu bisa. Aku bilang begitu ke anak aku," tutur Ria Ricis.

Dia bersyukur karena masa sulit itu hanya terjadi selama sehari. Selanjutnya, sang anak lahap menyusui. "Dan kalau lagi capai, stres, bayangin anak langsung happy lagi," ia menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tak Jadi Lahiran Normal

Sebelum melahirkan, Ria Ricis berharap bisa melahirkan secara normal. Namun, keinginan itu tak terwujud. "Saya masih semangat untuk normal. Tapi Allah berkehendak lain," kata Ricis di RSIA Bina Medika Bintaro, Tangerang Selatan.

Ia mengatakan, keinginannya untuk melahirkan normal terkendala dengan kondisi air ketubannya yang berkurang di kehamilan minggu ke-38. "Air ketuban berkurang dan ari-ari juga sudah tidak bisa menyuplai dengan baik lagi," kata Ricis.

Waktu melahirkan yang mulanya diprediksi pada 8 Agustus 2022 akhirnya dimajukan. Ia memutuskan bersalin setelah berkonsultasi dengan empat dokter dari rumah sakit yang berbeda. Kesimpulannya sama, mereka menyarankannya menjalani operasi caesar.

"Semua kami lakukan yang terbaik demi anak pertama kami. Maka dari itu, apapun jalan lahirnya, itu lah jalan terbaik," kata Ricis.

Ia mengaku sempat sedih atas keputusan dokter. Namun, perasaan itu segera berubah setelah melihat bayinya lahir sehat dan selamat.

 

4 dari 4 halaman

Pesan Haru

Sesaat setelah melahirkan putrinya, Ricis sempat mengunggah pesan mengharukan untuk sang buah hati. "Dear anakku sayang, sholiha dan cantik. Terimakasih banyak sayang, udah berjuang sama-sama selama 38 minggu di perut ibu," tulisnya di Instagram Story pada Selasa, 26 Juli 2022. 

Bersamaan dengan itu, ia juga menyampaikan permohonan maaf untuk Moana. "Maaf ya sayang, ibu masih banyak kurangnya selama mengandung si cantik," sambung dia. 

Ricis menegaskan ia akan terus berusaha menjadi ibu yang terbaik bagi putrinya. Begitu pula dengan sang suami, Teuku Ryan.

Dari berbagai foto yang diunggah Ria Ricis dan sang suami, pasangan ini menikmati perannya sebagai orangtua. Mereka sempat memamerkan momen menjemur Moana di pagi hari.

"Berjemur bersama papa iyan dan ibu icis. Jangan dislide, nanti ketagihan," tulis Ria Ricis dalam unggahan fotonya bersama suami dan putrinya di Instagram.

Bayi Moana tampak fashionable dengan kacamata merah muda dan membuat tanda 'V' dengan jarinya. "Aduh gayanya udah kece banget itu kacamata," tulis seorang warganet di kolom komentar.