Sukses

10 Pola Makan Sehat Titi Kamal, Jaga Imun dan Berat Badan Ideal

Liputan6.com, Jakarta - Aktris sekaligus bintang iklan Titi Kamal masih kerap tampil di layar kaca. Ia juga kerap menyapa para penggemar lewat media sosial pribadi dengan membagikan aktivitas kesehariannya di Instagram maupun YouTube.

Tak jarang ia juga berbagi tips dan trik seputar memasak hingga kesehatan. Ia juga membagikan rahasia menjaga berat badannya agar tetap ideal dan tidak mudah sakit.

"Emang bener kita harus filter apa yang masuk di tubuh kita ini, Kalau bisa yang baik-baik gitu ya, biar sehat dan berat badan pun stabil," ujar Titi Kamal di kanal YouTube pribadinya.Salah satu caranya adalah dengan memasak sendiri di rumah.

Titi mengaku, sejak awal pandemi Covid-19 dan pembatasan aktivitas masih berlaku, ia punya lebih banyak waktu untuk belajar masak sekaligus mencoba berbagai jenis masakan baru. Selain itu, ada alasan khusus yang membuat Titi akhirnya tergerak untuk belajar memasak.

Ia ternyata tak mau kalah dengan kemampuan sang suami, Christian Sugiono, di dapur. Ada kepuasan tersendiri ketika makanan buatannya diterima dengan baik oleh suami, serta dua putranya. Selain itu, menyantap makanan buatan sendiri biasanya lebih sehat dan terjamin kebersihannya.

Ia cukup selektif dalam memilih makanan maupun minuman agar tubuhnya tetap sehat serta menjaga imunitas tubuh. Demi mendapatkan tubuh sehat, ia memiliki pola makan tersendiri. Dilansir dari akun media sosial miliknya dan beberapa sumber lainnya, berikut pola makan sehat yang dijalani Titi Kamal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Rutin minum jus

Jus yang dibuat dari buah atau sayur memang sangat baik dikonsumsi. Dilansir dari healthline.com, jus bisa membantu menurunkan berat badan karena seratnya mampu membuat tubuh mengelola rasa lapar.

Nutrisi dari jus sayuran dan buah pun bisa menjaga kesehatan tubuh secara alami. Titi tidak menambahkan gula maupun pemanis lainnya karena itu justru bisa bisa menaikkan berat badan dan kurang baik bagi kesehatan.

2. Air Putih

Selain jus, Titi memenuhi kebutuhan cairan dengan rutin minum air putih. Air putih dapat membantu membakar lemak jahat serta menjaga metabolisme tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Jika minum air dalam jumlah yang tepat, jantung Anda tidak harus bekerja sekeras saat Anda kurang minum.

3. Memasak dengan minyak zaitun

Ketika memasak, Titi Kamal menggunakan minyak zaitun supaya lebih sehat karena mengandung lemak baik. Lemak tak jenuh pada minyak zaitun dapat membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan gula darah tetap stabil. Tidak seperti jenis minyak nabati lainnya, olive oil mudah dikonsumsi, karena bekerja sebagai pelindung bagi mereka yang menderita maag dan masalah gastritis atau penyakit lambung lainnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

4. Sayuran

Seperti pelaku diet dan pola makan sehat pada umumnya, Titi rutin mengonsumsi sayuran, baik secara langsung sebagai salad ataupun mencampurnya dengan bahan lain. Diet dengan mengonsumsi banyak jenis sayur bisa mendukung penurunan berat badan dan mengontrol nafsu makan. Di sisi lain, sayuran juga bisa menjaga metabolisme tubuh agar terhindar dari virus berbahaya.

5. Mengurangi gula

Titi juga mengaku mengurangi gula secara berlebih baik pada makanan maupun minuman. Menghindari gula berpotensi membantu tubuh terhindar dari penyakit diabetes. Konsumsi terlalu banyak gula dapat menambah kalori yang cukup banyak pada tubuh.

6. Mengonsumsi daging sapi

Titi sebisa mungkin memilih daging sapi utuh tanpa melalui proses pengolahan. Daging sapi mengandung protein yang efektif mendukung pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan dan menjaga imun tubuh agar tetap stabil.

Manfaat daging sapi untuk kesehatan ini meliputi otot, imunitas, jantung, diabetes, anemia, dan masih banyak lagi lainnya. Meski begitu, membatasi konsumsinya perlu dilakukan.

4 dari 4 halaman

7. Mengurangi porsi nasi putih

Titi masih mengonsumsi nasi putih dengan porsi yang dikurangi. Meski awalnya terasa berat, wanita berusia 40 tahun ini sudah berusaha mengurangi nasi putih sejak beberapa tahun lalu.

Dilansir dari healthline.com, mengurangi porsi nasi putih bisa membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus memberikan energi pada tubuh. Selama masih dalam batas wajar, makan nasi putih masih aman.

8. Mengurangi olahan tepung

Titi mengaku menyukai berbagai camilan. Namun selama menjalankan pola makan sehat, ia sebisa mungkin menghindari beberapa olahan tepung. Baik itu makanan berat maupun aneka camilan. Mengurangi makan olahan tepung bisa membantu mengontrol berat badan serta menstabilkan gula darah.

9. Menghindari makanan berpengawet

Makanan berpengawet juga dihindari oleh Titil. Ia lebih memilih mengonsumsi realfood. Menghindari makanan olahan bisa mempercepat penurunan berat badan, menyehatkan kulit, mencegah sakit kepala, dan masih banyak lagi.

10. Makan buah-buahan

Tak hanya dibuat jus, Titi Kamal juga banyak mengonsumsi buah-buahan secara langsung. Makan buah bisa membantu mengontrol berat badan agar tak mudah naik, menurunkan risiko diabetes, menstabilkan tekanan darah, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

Pasalnya, buah-buahan termasuk makanan yang tinggi serat dan rendah kalori. Buah-buahan juga menyediakan berbagai macam antioksidan yang meningkatkan kesehatan, termasuk flavonoid. Makan kaya buah dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.