Sukses

9 Makanan Diet Dian Pelangi, Berat Badan Turun 16 Kg Meski Jarang Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Dian Pelangi mengalami kenaikan berat badan signifikan saat mengandung. Desainer asal Pekalongan ini mengaku sempat memiliki berat badan hingga 90 kg saat hamil anak pertamanya.

Saat putrinya menginjak usia dua tahun, Dian akhirnya memutuskan untuk menjalani program diet. Tak asal dan sendirian, diet yang dijalani Dian berdasarkan dari hasil konsultasinya dengan dokter gizi. Ia dibantu mengatur pola makan yang lebih sehat.

Salah satunya adalah rutin minum air putih, karena bisa melancarkan alat pencernaan dan menekan nafsu makan. Pemilik nama asli Dian Wahyu Utami ini pernah beberapa melakukan berbagai macam diet tapi kurang displin dalam menjalankannya sehingga sulit buat mencapai target yang diharapkan.

Setelah beberapa waktu, ternyata program diet Dian membuahkan hasil. Ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 16 kg. Selama diet, ibu satu anak ini pun mengaku masih sering melakukan cheating dan juga jarang berolahraga.

"Dan alhamdulillah sekarang aku sudah turun 16 kg, itupun aku banyak cheating dan nggak banyak olahraga, mantap deh programnya dokter Cindy," tulisnya di akun Instagram pribadinya.

Dian mengakui dulu sempat rutin berolahraga terutama tak lama usai melahirkan. Tapi karena kesibukan dan lebih fokus mengurus anak, ia jadi jarang berolahraga.

Jadi, menu diet apa saja yang disantap oleh Dian Pelangi? Dilansir dari akun Instagram Dian Pelangi dan beberapa sumber lainnya, berikut sembilan pola makan sehat yang dijalaninya selama menjalani diet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Daging Sapi

Diet bukan berarti tidak makan daging. Begitu pula dengan Dian. Sesekali, Dian menyantap berbagai bagian daging sapi, seperti sirloin, tenderloin, ataupun iga. Ia biasanya mengolahnya menjadi campuran sup atau steak. Dilansir dari healthline.com, Selain tinggi protein, daging juga mengandung tinggi lemak. Meski begitu, masih aman dikonsumsi jika porsinya dibatasi.

2. Salmon

Salmon merupakan makanan sehat yang padat akan nutrisi. Dian sengaja mengonsumsi ikan salmon untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Salmon bisa jadi sumber protein tanpa lemak yang dapat membantu tubuh mempertahankan massa otot saat sedang dalam proses diet.

Salmon juga tidak mengandung karbohidrat, yang berarti tidak ada serat dan gula. Sementara lemak dalam salmon ini bermanfaat untuk tubuh seperti meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan penyerapan vitamin. Vitamin B12 dan vitamin D pada salmon juga tinggi akan membantu menyerap kalsium, mendukung kesehatan tulang dan juga mengurangi peradangan.

3. Spageti

Dian sering mengolah spagheti dengann berbagai jenis saus karena praktis. Selama tidak berlebihan, pasta tetap aman dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Dian Pelangi juga menambahkan beberapa sayuran serta menggunakan sedikit minyak agar spageti tidak membuat berat badannya bertambah.

3 dari 4 halaman

4. Avokad

Avokad jadi buah yang sering dikonsumsi Dian Pelangi, baik secara langsung maupun diolah menjadi jus. Avokad mengandung lemak dan serat yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Salah satu manfaat avokad adalah memberikan efek kenyang lebih lama. Hal ini tentu sangat penting bagi Anda yang sedang diet dan menjaga berat badan ideal. Meskipun sebagian besar kalori dalam avokad berasal dari lemak, kandungan lemak tersebut adalah ‘lemak sehat’ yang baik untuk tubuh.

Lemak inilah yang membuat Anda kenyang lebih lama. Namun, Anda tetap harus memperhatikan jumlah konsumsinya berhubung avokad mengandung kalori yang cukup tinggi.

5. Pisang

Selain avokad, pisang sering dikonsumsi oleh Dian Pelangi sebagai bahan dasar masakannya, entah itu dibuat camilan ataupun berbagai jenis dessert. Buah pisang sangat cocok untuk orang diet karena mengandung serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

6. Tempe

Tempe termasuk makanan favorit masyarakat Indonesia. Tempe merupakan sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Kandungan protein di dalamnya membuat yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan.

4 dari 4 halaman

7. Camilan sehat

Sering memasak sendiri, Dian Pelangi selalu memilih untuk membuat beraneka camilan yang sehat karena terbebas dari pengawet dan juga menggunakan berbagai varian buah-buahan. Salah satu buatannya adalah minuman yang terbuat dari stroberi dan yoghurt.

Buah stroberi mengandung serat sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan. Stroberi juga mengandung gula yang rendah, sehingga dapat melawan radang sendi dan cocok untuk kamu yang mengidap diabetes.

8. Roti gandum

Hampir setiap sarapan, Dian mengolah roti gandum menjadi toast atau roti panggang. Ia biasanya mengombinasikan roti gandum dengan berbagai jenis buah maupun telur. Selain praktis, menu satu ini juga kaya akan nutrisi dan rendah kalori.

9. Oatmeal

Selain roti gandum, Dian Pelangi sesekali memilih oatmeal sebagai menu sarapannya. Desainer kelahiran 31 tahun lalu ini mencampurkan oatmeal dengan yoghurt, buah-buahan ataupun berbagai jenis kacang-kacangan. Oatmeal mengandung karbohidrat dan tinggi akan serat sehingga bisa membuat kenyang lebih lama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS