Sukses

Pemakaman Ivana Trump, Siapa Saja Anak Cucu Donald Trump yang Hadir?

Misa pemakaman Ivana Trump telah berlangsung pada Rabu, 20 Juli 2022, waktu New York, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Ivana Trump dibawa dari New York City ke klub golf New Jersey milik eks Presiden Donald Trump setelah anak-anak mantan pasangan itu memberi penghormatan pada ibu mereka selama misa pemakaman, Rabu, 20 Juli 2022, waktu New York, Amerika Serikat.

Foto eksklusif DailyMail menunjukkan, melansir Kamis (21/7/2022), mobil jenazah dari rumah duka Frank E. Campbell di Manhattan memimpin prosesi keluarga dan orang-orang terkasih di 9th Avenue sebelum memasuki Lincoln Tunnel. Mobil lalu mengarah ke Trump National Golf Club Bedminster untuk resepsi pribadi.

Tiga anak Ivana: Donald Trump Jr, Eric, dan Ivanka tidak hanya hadir, namun mereka berbicara di kebaktian di Gereja St. Vincent Ferrer di Upper East Side di depan 100 pelayat. Di antaranya, ada juga Donald Trump, istrinya Melania, dan putra mereka yang berusia 16 tahun, Barron.

"Tumbuh dewasa, ibu saya tidak memberi tahu saya bahwa seorang wanita dapat melakukan apa pun yang ia inginkan, ia menunjukkannya pada saya," kata Ivanka. "Ia adalah pelopor bagi pria dan wanita. Ibu saya pernah memberi tahu saya bahwa tidak ada yang tidak bisa ia lakukan dengan sepatu hak tinggi."

Perempuan berusia 40 tahun itu melanjutkan, "Ia mengajari kami cara menombak ikan dan memasak apa yang kami tangkap. Ibu saya memperluas pikiran kami." Ivanka Trump menghadiri pemakaman ibunya bersama sang suami, Theo Kushner, juga putra mereka, Jared dan Joseph.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anggota Keluarga yang Hadir

Donald Trump Jr berbicara selanjutnya dan bercerita pada jemaat tentang kenangan indah dan lelucon. Sebelum kembali ke tempat duduknya, ia berkata, "Aku mencintaimu, Bu." Ia menghadiri misa pemakaman dengan putri hasil pernikahannya dengan Vanessa, Kai Trump, yang kini berusia 15 tahun.

Eric Trump berbicara selanjutnya, mengatakan, "Ia cerdas dan cantik. Ia adalah perwujudan dari mimpi Amerika ... Ia adalah kekuatan alam, bisa mengalahkan pria mana pun di lereng, wanita mana pun di landasan pacu. Ia mengasuh kami bertiga tidak hanya dengan tangan besi, tapi juga hati emas."

Eric dan istrinya, Lara, membawa dua anak mereka yang masih kecil, Eric, empat tahun, dan Carolina, dua tahun, yang menyaksikan dalam diam saat peti mati nenek mereka dibawa melewati mereka.

Melansir CBS News, Tiffany Trump, putri mantan presiden dan istri keduanya, Marla Maples, juga menghadiri kebaktian itu, begitu pula teman-teman keluarga, termasuk Jeanine Pirro, pembawa acara Fox News "The Five," dan Charles Kushner, seorang pengembang real estat dan ayah dari suami Ivanka Trump, Jared Kushner. 

 

3 dari 4 halaman

Tangis di Tangga Gereja

Perancang busana Dennis Basso, teman lama Ivana Trump, juga berada di antara para pelayat. Seorang wanita, yang tampaknya adalah pengasuh Ivana, menangis di tangga gereja saat pengusung jenazah lewat.

Ivana juga dihormati restoran favoritnya di New York City, Nello, yang menyalakan lilin dan memajang bunga di meja favoritnya saat ia  dibaringkan untuk beristirahat selama-lamanya. Ia telah makan malam di ristorante Italia tersebut selama bertahun-tahun, kadang-kadang ditemani anak-anak, cucu-cucu, dan mantan suaminya.

Pemilik Thomas Makkos, yang menghadiri pemakaman Ivana, mengatakan stafnya "berduka atas hilangnya pelanggan favorit." "Ivana dicintai oleh semua orang yang bekerja di sini dan akan sangat dirindukan," ia berkata.

"Kadang-kadang, anggota staf akan mengantar Nyonya Trump kembali ke rumahnya di ujung blok," katanya. "Malam ini, kita akan menghormati persahabatannya dengan membiarkan meja favoritnya kosong dengan tampilan peringatan lilin."

"The Trump menghabiskan banyak waktu di sini sebagai sebuah keluarga selama bertahun-tahun, dan kami menawarkan belasungkawa tulus kami saat mereka berduka atas kematiannya yang tragis. Kami bergabung dengan jutaan warga New York berduka atas kehilangannya," tambah Makkos.

4 dari 4 halaman

Penghormatan Menyentuh

Sebelumnya pada hari misa pemakaman, Ivanka dan Jared terlihat di Central Park, beristirahat dari jogging pagi mereka untuk mengagumi Bethesda Fountain. Sementara Donald Trump terbang ke New York dari Florida bersama Melania awal pekan ini setelah mengumumkan kematian Ivana dengan pernyataan tulus atas nama keluarga.

Dalam penghormatan menyentuh lain pada mantan istrinya tadi malam, ia mengatakan pada teman lama Cindy Adams, seorang kolumnis untuk The New York Post, "Ia (Ivana) luar biasa. Cantik luar dan dalam. Kami memulai semuanya, hidup kami bersama, dengan hubungan yang begitu hebat."

Layanan pemakaman disebut sebagai "Perayaan Kehidupan" untuk menghormati Ivana, seorang pemain ski Cekoslowakia yang jadi model yang pindah ke Amerika pada awal tahun 70-an dan jadi salah satu istri pertama paling ikonis di New York.

Keluarga Trump mengumumkan bahwa wanita berusia 73 tahun itu meninggal dunia di rumahnya di Manhattan. Pihak berwenang mengatakan kematiannya adalah kecelakaan, dengan luka akibat benda tumpul di tubuh sebagai penyebabnya.

"Kami semua ingin mengingat Ivana sebagai orang yang bersemangat dan mudah bergaul," kata teman lama R. Couri Hay sebelum kebaktian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.