Sukses

Batik Air Buka Rute Penerbangan Indonesia-India Mulai 1 Agustus 2022, Berapa Harga Tiketnya?

Liputan6.com, Jakarta - Batik Air, yang beroperasi basis Malaysia, mengumumkan dibukanya rute penerbangan Indonesia-India mulai 1 Agustus 2022. Dua bandara di Indonesia yang melayani rute penerbangan ini adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

Menurut keterangan yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, penerbangan tersebut akan terhubung dengan dua kota favorit di negara Asia Selatan itu. Mereka adalah Mumbai melalui Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj dan Kochi melalui Bandara Internasional Kochi, yang mana semua penerbangan ini akan transit di Kuala Lumpur.

Soal harga tiket pesawat, Batik Air menetapkan tarif sekali jalan mulai dari Rp4.050.300 untuk Jakarta-Mumbai. Lalu, Jakarta ke Kochi mulai Rp3.121.300. Sementara itu, Bali ke Mumbai mulai dari Rp4.389.300 dan Bali ke Kochi mulai dari Rp3.110.300.

CEO Batik Air, Capt. Mushafiz Bin Mustafa Bakri, mengatakan, "Batik Air senantiasa mendukung program pemerintah di masing-masing negara (Indonesia, Malaysia, dan India) dalam tahap pemulihan ekonomi global."

"Salah satu upaya yang dilakukan Batik Air dengan menambahkan kota tujuan Mumbai dan Kochi di India pada peta layanan internasional. Penerbangan ini memberi nilai lebih, yakni saling terkoneksi atau saling menghubungkan destinasi favorit meliputi kawasan Asia Tenggara: Jakarta, Bali, dan Malaysia dengan Asia Selatan di Mumbai dan Kochi," ia melanjutkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pesawat yang Dioperasikan

Seiring pemulihan perjalanan udara yang diikuti peningkatan permintaan pasar penerbangan Jakarta-Mumbai, Jakarta-Kochi, Bali-Mumbai, dan Bali-Kochi transit Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), layanan ini diklaim akan semakin meningkatkan hubungan bilateral antar negara.

Juga, memperlancar pergerakan aktivitas perekonomian internasional, serta mempermudah akses bagi pebisnis dan wisatawan untuk berkunjung ke kota besar yang memiliki objek wisata populer, pusat perdagangan, dan potensi pengembangan bisnis.

"Batik Air akan mengoperasikan pesawat generasi terbaru dan modern seri Boeing 737 dalam menyediakan layanan 'premium service airlines' ke seluruh jaringan domestik dan internasional. Para penumpang diharapkan menikmati layanan terbaik Batik Air,” papar Capt. Mushafiz

Sebelumnya, mereka sudah lebih dulu mengumumkan penambahan jaringan baru di pasar penerbangan regional melalui penghubung Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten dan Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara untuk terhubung dengan Bandara Changi, Singapura, per 1 Juli 2022, menurut laporan kanal Regional Liputan6.com.

"Untuk penerbangan Bandara Kualanamu-Changi Singapura, satu kali dalam sehari," kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro.

3 dari 4 halaman

Inflight Meals dan Hiburan

Lebih lanjut Danang menjelaskan, setiap penumpang mendapat makanan dan minuman alias inflight meals, serta gratis bagasi 20 kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg kelas bisnis. Juga, penerbangan dilengkapi hiburan gratis inflight entertainment on demand. "Selain, ada hiburan yang dapat diakses dari perangkat handphone dan tablet yang didukung Tripper," imbuhnya.

Para penumpang Batik Air tujuan Kualanamu-Changi juga akan dimanjakan konten-konten, seperti film-film berbagai genre. "Selain itu, penumpang dapat bermain gim, membaca majalah digital, dan masih banyak lagi," ia mengatakan.

Penerbangan rute Bandara Kualanamu-Changi Singapura-Kualanamu dan Jakarta-Singapura-Jakarta, Batik Air akan mengoperasikan pesawat Airbus A320, dangan 12 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi.

"Juga, Boeing 737-800NG dengan 12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi. Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat," terangnya.

Ia menuturkan, seluruh armada telah dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9 persen jenis virus, kuman, serangga, dan bakteri.

4 dari 4 halaman

Diperbarui Setiap 2--3 Menit

Danang berkata, "Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2--3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet dan dapur langsung dialirkan ke luar pesawat."

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) diklaim juga dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara.

Sesuai rencana strategis, pihaknya sedang meningkatkan perluasan layanan penerbangan kargo seiring pengembangan konektivitas jaringan dan peluang kargo di kedua negara. Dalam hal ini, guna mengantisipasi permintaan pasar komoditas unggulan di kawasan Asia Tenggara.

Mereka juga optimis ketersediaan penerbangan penumpang berjadwal internasional dan pasar angkutan kargo, semakin menunjukkan pergerakan kompetitif dan memberi nilai lebih bagi pelaku usaha, industri terkait, serta bisnis aviasi.

"Kemudahan penerbangan menuju Singapura dinilai lebih cepat sesuai kebutuhan, dari berbagai kota di Indonesia dengan singgah terlebih dahulu di Bandara Kualanamu dan Bandara Soekarno-Hatta," sebut Danang.