Sukses

Menawan! Pesona Budaya sampai Bahari Desa Wisata Liya Togo di Wakatobi

Liputan6.com, Wakatobi Sebagai salah satu destinasi prioritas Indonesia, pesona Wakatobi memang tiada duanya. Apalagi bila menyinggung surga bawah lautnya, ada beragam biota laut cantik nan menawan dan memanjakan mata. Tak perlu jauh-jauh menyelam ke bawah lautan dalam, wisatawan bahkan bisa menikmati pemandangan bahari indah hanya dengan snorkling.

Perkembangan wisata Wakatobi, Sulawesi Tenggara semakin pesat, diantara Pulau Wangi-Wangi yang memiliki Desa Wisata Liya Togo, salah satu desa penerima penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Desa Wisata Liya Togo termasuk desa yang menjunjung tinggi budaya dan seni tradisional. Tarian honari dan tamburu seringkali ditampilkan untuk menyambut tamu. Desa ini juga menyimpan beragam pesona yang tidak ada di daerah lain, seperti keberadaan Benteng Liya atau dikenal sebagai Benteng Keraton yang mengelilingi Desa. Terdapat pula Masjid Mubarok, warisan dari Kesultanan Buton.

Selesai menjelajahi peninggalan sejarah dan budaya, kamu bisa menikmati kuliner khas Wakatobi buatan warga desa Liya Togo. Ada beragam kuliner tradisional yang wajib kamu cicipi, seperti Perangi -sasimi ala Wakatobi-, Karasi, hingga ikan Dole. 

Untuk cinderamata dari desa ini, kamu bisa #BeliKreatifLokal produk-produk anyaman hingga berbagai produk kreatif lainnya. Dengan beli kreatif lokal kamu bisa bantu perekonomian masyarakat Desa Liya Togo untuk lebih berdaya. 

Bila ingin lebih berlama-lama menjelajahi pesona budaya sampai bahari Wakatobi, kamu juga bisa menginap di Homestay tradisional Desa Wisata Liya Togo. Dengan kearifan lokal dan ragam pesonanya, dijamin akan memberikan pengalaman yang istimewa.

Liburan seru dan menyenangkan #DiIndonesiaAja dan kunjungi Wakatobi, Caribbean Van Celebes.