Sukses

10 Makanan Rumahan Favorit Jokowi yang Berulang Tahun ke-61

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Jokowi Widodo atau Jokowi tengah menyambut ulang tahunnya ke-61 hari ini, Selasa (21/6/2022). Bertambahnya usia pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini pun dirayakan warganet Indonesia.

Kata kunci "Selamat Ulang Tahun," "Dirgahayu HUT61 Jokowi," dan "Presiden Republik Indonesia" masuk jajaran trending topic. Berbagai ucapan, serta doa untuk suami Iriana itu terus mengalih di Twitter. Mayoritas mereka mendoakan agar di ulang tahun ke-61, Jokowi selalu sehat dan panjang umur.

Memang belum diketahui apakah ada jamuan khusus untuk merayakan ulang tahun ayah tiga anak ini, namun yang jelas, Jokowi sudah punya sejumlah makanan favorit. Meski dikenal suka kulineran saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, Jokowi ternyata juga menyukai makanan rumahan.

Makanan favorit Jokowi diungkap Tri Supriharjo, juru masak istana kepresidenan. Tri mengaku senang bisa menyiapkan hidangan untuk Presiden Jokowi.

"Saya belum pernah (selama) melayani bapak (menyediakan makanan) dikomplain, dimarahin, belum pernah. Alhamdulillah, saya bisa layani bapak dengan baik," kata Tri, melansir kanal Youtube Presiden Joko Widodo, Selasa (21/6/2022).

"Kali ini, saya mengajak Anda semua menengok dapur saya. Maksud saya, dapur tempat mengolah makanan dan minuman di kediaman saya. Tentu atas seizin Bapak Tri Supriharjo, sang juru masak. Ia telah bersama saya sejak tahun 2013. Pak Tri begitu paham selera makan saya. Ia juga tahu benar takaran dan racikan ramuan jamu untuk saya," kata Jokowi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman

Penasaran dengan kuliner rumahan favorit orang nomor satu di Indonesia saat ini? Berikut beberapa makanan rumahan plus minuman favorit Jokowi yang mungkin juga termasuk makanan favorit Anda.

1. Soto Ayam

Soto ayam dengan kuah yang terdiri dari irisan kol, tauge, soun, dan suwiran ayam merupakan makanan yang sering disantap Presiden di istana

2. Sayur Bening

Selain soto, sayur bening bayam juga menjadi salah satu hidangan yang sering dicicipi orang nomor satu di negeri ini.

3. Orek Tempe

Makanan berikutnya yang sering disantap Presiden ke-7 ini adalah orek tempe. Makanan ini tentunya juga termasuk makanan favorit banyak orang dan jadi salah satu menu wajib di warteg.

4. Oseng Pepaya Muda

Olahan sederhana oseng pepaya muda juga disukai Presiden Jokowi. Tak hanya lezat, sajian ini juga menyehatkan.

5. Lento

Anda pernah makan atau bahkan mendengar lento? Penganan khas Jawa Timur ini terbuat dari singkong yang diparut, kemudian dicampur kelapa dan digoreng.

3 dari 4 halaman

6. Bakwan Jagung

 

Tak sulit menemukan makanan favorit Presiden Jokowi yang satu ini, yaitu bakwan jagung dan bakwan sayur. Gorengan ini juga jadi favorit banyak orang.

7. Tempe Bacam

Tahu dan tempe bisa diolah jadi berbagai macam lauk yang lezat. Yang jadi favorit Presiden Jokowi adalah tahu dan tempe bacam.

8. Camilan

Singkong goreng dan jagung rebus merupakan camilan yang gemar disantap mantan Wali Kota Solo ini.

9. Jamu

Untuk menjaga stamina tubuhnya, Jokowi rutin meminum jamu. Racikan jamu spesialnya terbuat dari temulawak, kunyit, dan jahe. Jokowi mengaku senang bisa memiliki koki seperti Tri yang memahami selera lidah dan perutnya.

10. Jus Buah

Jokowi sangat menyukai jus buah sebagai minuman favorit. Jus buah segar biasa diminum setiap pagi dan sore hari, termasuk jus kedondong yang jadi jus kesukaannya.

"Jusnya saya ganti tiap hari, kalau pagi melon, sore nanti apel dan lainnya. Kalau sekarang ini Bapak lagi suka sama jus kedondong," ungkap Tri. Selain jus, Jokowi juga suka minum teh pahit hangat.

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun

 

Di hari ulang tahunnya, ucapan dan doa mengalir dari pejabat hingga masyarakat untuk Jokowi. Saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, Jokowi mendapat kejutan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Diiringi musik Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan penyanyi dan politikus PDIP Krisdayanti, mereka membawakan dua tumpeng untuk Jokowi.

Melansir kanal News Liputan6.com, Megawati tampak bertepuk tangan sambil ikut bernyanyi selamat ulang tahun, sedangkan Jokowi tersenyum dari balik maskernya. Bapak tiga anak itu lantas memotong dan memberikan potongan pertama tumpeng untuk Megawati.

Selanjutnya, Mega memotong tumpeng kedua dan memberikan kepada Jokowi. Diketahui, Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberi sambutan di kegiatan tersebut.

Sejumlah menteri dalam kabinetnya turut menyampaikan doa dan harapan di hari ulang tahun Jokowi ke-61. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyambut ulang tahun Jokowi dengan menyampaikan doa untuk sang presiden.

"Selamat ulang tahun ke-61 Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo @jokowi. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kekuatan, keberkahan dan perlindungan. Aamiin YRA," tulis Airlangga yang diunggah di Instagram pada Selasa (21/6/2022). 

Doa dan harapan di hari ulang tahun Jokowi juga datang dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Selamat ulang tahun Bapak Presiden @jokowi," tulis Sri Mulyani, dalam unggahan Instagram yang menampilkan cuplikan video kebersamaannya dengan Jokowi saat bertugas.