Sukses

Ungkap Kotak Pandora Sejarah Indonesia, 3 Novel Leila S. Chudori Ini Wajib Kamu Baca!

Leila Salikha Chudori merupakan penulis Indonesia yang menghasilkan berbagai karya cerita pendek, novel, dan skenario drama televisi.

Liputan6.com, Jakarta Leila Salikha Chudori merupakan penulis Indonesia yang menghasilkan berbagai karya cerita pendek, novel, dan skenario drama televisi. Leila adalah putri dari Mohammad Chudori, seorang wartawan Kantor Berita Antara dan surat kabar The Jakarta Post.

Wanita kelahiran 12 Desember 1962 ini kerap kali melukiskan jalan cerita dalam karyanya dengan idiom dan metafor baru di samping pandangan falsafi baru. Kerap kali, ia juga nggak ragu menceritakan hal-hal yang tabu bagi masyarakat tradisional dalam karyanya. Gaya cerita Leila S. Chudori pun mencirikan intelektual sekaligus puitis. Mau tahu seperti apa ua bercerita dalam guratan kata? Berikut 3 novel karya Leila S. Chudori yang wajib kamu baca!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Laut Bercerita

Yup! Mungkin novel ini sudah banyak yang tahu ya. Novel yang ditulis pada tahun 2017 ini pernah menjadi Best Seller nomor 1 di salah satu toko buku lho. Yang amazing lagi, Laut Bercerita telah dicetak ulang lebih dari 30 kali! 

Novel ini mengisahkan era Orde Baru yang dipimpin oleh Soeharto. Sebuah cerita yang menyuguhkan bagaimana seorang anak muda yang bernama Biru Laut mencoba untuk keluar dari rezim ini. Sehingga, ia dan kawan-kawannya yang memiliki cita-cita yang sama mengalami penyiksaan yang sangat tragis dari hari ke hari, karena dianggap menggugat Indonesia di masa orde baru.

Novel ini juga sudah diangkat ke dalam film pendek dengan judul yang sama lho! Film pendek ini disutradarai oleh Pritagita yang akhirnya melibatkan nama-nama seperti Dian Sastro, Reza Rahardian, Pritagita, dan Cita Fara sebagai sosok yang berpengaruh dalam film pendek Laut Bercerita.

3 dari 4 halaman

2. Pulang

Novel yang terbit pada tahun 2012 ini sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing lho, seperti bahasa Inggris, Prancis, Belanda, Jerman dan Italia. Pulang mengisahkan peristiwa bersejarah yang dimulai dengan peristiwa G30S/PKI tahun 1965, revolusi mahasiswa di Paris, Prancis tahun 1968, dan tragedi kerusuhan Mei 1998 yang menandai digulingkannya Soeharto pada rezim Orde Baru.

4 dari 4 halaman

3. Malam Terakhir

Malam Terakhir merupakan kumpulan cerita pendek karya Leila S. Chudori. Malam Terakhir pertama kali diterbitkan pada tahun 2009. Kumpulan Cerita Malam Terakhir menyajikan 9 cerita pendek (cerpen) dengan beragam topik pembahasan. Seperti isu-isu terpinggirkan, seperti LGBT, keyakinan dalam beragama, perempuan, dan politik.

Ketika membaca novel ini, wawasan dan kebijaksanaan kamu dalam memandang satu peristiwa akan semakin luas dan terbuka menerima sebuah perbedaan lho. Kamu akan melihat realita yang berbeda dari pengetahuan yang sudah kamu dapatkan sebelumnya deh!

Nah, ketiga novel Leila S. Chudori tadi bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan sejarah kamu tentang Indonesia lho! Dan perlu diingat, pentingnya kamu membaca novel bertema sejarah, karena novel tersebut bakal menyajikan cerita di masa lalu yang nggak mungkin diungkap dalam konteks penelitian melalui karangan fiksi. So, novel karya Leila S. Chudori bisa menjadi pembuka cakrawala kamu terhadap sesuatu yang baru!

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini