Sukses

Selain Burnout, Ini Biang Keladi Penyebab Kamu Gagal Fokus Saat Kerja!

Kondisi itu cukup meresahkan ya, terutama kalau kita harus kejar target dan sebagainya.

Liputan6.com, Jakarta Sering merasa gagal fokus saat kerja? Yup, kondisi itu cukup meresahkan ya, terutama kalau kita harus kejar target dan sebagainya. Kalau sudah gagal fokus saat bekerja, memang membuat kamu merasa malas atau kurang bergairah untuk melanjutkan mengerjakannya.

Bahkan kamu bisa merasakan stres yang cukup tinggi. Itu akan sangat mengganggu konsentrasi kamu saat bekerja lho. Dalam bekerja, ada banyak sekali hal yang bisa membuat kamu gagal fokus, salah satunya burnout. Eh, tapi nggak cuma itu, ada penyebab lain kenapa kamu bisa gagal fokus saat kerja. Mau tahu apa saja? Simak uraian di bawah ini ya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Burnout

Ketika kamu nggak memiliki tenaga dalam bekerja, ini bisa menjadi salah satu kenapa kamu gagal fokus dalam bekerja lho. Ketika kamu porsir kerjaan dengan begitu padatnya dengan jalan lembur hampir tiap hari demi kejar target, terkadang kamu akan terkena dampak seperti ini.

Kamu akan kurang bisa me-manage waktu dengan baik lho kalau terlalu memporsir. Kamu juga akan salah dalam memilih, mana yang harus diprioritaskan atau tidak. Sudah saatnya, kamu rehat sejenak untuk bisa kembalikan mood kamu lagi dalam bekerja.

Kamu bisa beristirahat dengan cukup, jalani hobi di luar pekerjaan, dan atur waktu sebaik mungkin biar bisa kerja cerdas, bukan hanya kerja keras!

 

3 dari 5 halaman

2. Kurang Tertarik dengan Bidang Pekerjaan

Ini juga bisa menjadi penyebab kamu sering gagal fokus dalam kerjaan. Kamu merasa nggak interest dengan pekerjaan yang kamu jalani. Karena kamu sedang butuh untuk menambah isi kantong atau hanya untuk mengisi waktu luang, bisa jadi itu pemicu dari kurang tertariknya kamu dalam bekerja.

Kamu merasa, sehari-hari membosankan, nggak ada hal yang menyenangkan, atau nggak ada challenging-nya, dan sebagainya. Kamu ngeluh terus setiap waktu. Buat kamu gagal fokus hingga produktivitas turun terus.

Eits, kalau pekerjaan yang sedang kamu jalani kurang membuat kamu semangat, nggak perlu khawatir lho. Masih ada waktu buat ubah jalur karier dan jalani apa yang kamu cintai ya!

4 dari 5 halaman

3. Banyak Kerjaan Sampingan

Di luar pekerjaan inti kamu, terkadang ingin menambah penghasilan bukan? Ya, mencari atau menciptakan pekerjaan sampingan merupakan jalan ninjanya. Mungkin di dalam benak kamu, merasa jago multitasking dan bisa melakukan semuanya secara produktif ya? Tapi, perlu diingat, kalau terlalu banyak yang dikerjakan, bisa buat kamu gagal fokus dan malah produktivitas menurun lho.

Bahkan, dengan menjalani terlalu banyak kerjaan dapat menimbulkan stres dan seringkali salah ambil keputusan. Bukan hanya untuk karier, hal ini bisa berdampak buruk ke kondisi kesehatan kamu juga lho. So, secukupnya saja ya!

5 dari 5 halaman

4. Lingkungan Kerja yang Buruk

Yup, ini juga bisa jadi salah satu penyebabnya ya! Ketika lingkungan kerja diisi oleh rekan kerja yang berisik, kantor yang terletak di wilayah yang ramai akan aktivitas jalan raya dan sebagainya, atau fasilitas kantor yang kurang terawat bisa menjadi penyebab kamu gagal fokus dalam bekerja lho.

Nah, kalau ini penyebabnya, kamu bisa mencari cara biar kerja di kantor bisa lebih nyaman dan fokus buat ningkatin produktivitas ya. Entah kamu pakai headset sambil mendengarkan lagu yang kamu suka sesekali coba minta ke atasan untuk kerja dari tempat yang fasilitasnya memadai, kafe, working space, atau yang lain.

Itu dia beberapa hal yang bisa jadi penyebab kamu gagal fokus saat kerja. Buat mengatasinya, kamu harus paham ya apa yang menyebabkan masalah tersebut muncul dan cari deh solusi bijaknya gimana. Selamat bekerja dengan baik!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini