Sukses

Cegah Penuaan Dini dengan Pemakaian Skincare yang Baik

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit yang sehat dan tampak awet muda tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama para wanita. Ada beragam cara yang ditempuh demi bisa mendapatkan kulit dan penampilan yang awet muda sekaligus mencegah penuaan dini.

Meski begitu, untuk mendapatkan kulit yang sehat, diperlukan perawatan yang baik. Menurut Dr. dr. Dhelya Widasmara, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV atau akrab disapa Dokter Lala, penuaan kulit merupakan hal yang alami terjadi.

"Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penuaan yang ditandai dengan munculnya kerutan, namun hal ini dapat muncul lebih cepat akibat paparan lingkungan seperti sinar matahari dan polusi," ucapnya.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang yang bertugas di RSUD Saiful Anwar Malang dan eLBe clinic tersebut menyatakan bahwa penuaan dini dapat dicegah dengan penggunaan skincare atau perawatan kulit yang baik.

Seperti yang sering dikampanyekan di media sosialnya, Ketua Kelompok Studi Dermatologi Sosial Indonesia tersebut menjelaskan bahwa skincare dasar yang perlu dilakukan meliputi penggunaan cleanser untuk menjaga kebersihan kulit, pelembab agar hidrasi kulit terjaga, dan tabir surya minimal 30 SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jenis Kulit

Dokter Lala menambahkan, penggunaan skincare sebaiknya dimulai sedini mungkin, disesuaikan dengan jenis kulit, dan dilakukan secara rutin dan sesuai aturan.

Tujuannya agar kulit ternutrisi, kenyal, tidak kusam, menunda munculnya kerutan, garis halus, dan meminimalisir flek hitam.

Untuk mendapatkan informasi kesehatan kulit lebih lanjut dari, anda dapat mengakses https://dhelya.com/ atau mengikuti akun media sosial IG @dhelya_spkk, YT Channel Dr. Dhelya, Tiktok drdhelyaspkk.