Sukses

Otoritas Myanmar Sita Paspor Bintang OnlyFans hingga Batal Perjalanan ke Bangkok

Bintang OnlyFans disita paspornya oleh pihak berwenang Myanmar hingga batal ke Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Bintang OnlyFans yang dipecat dari pekerjaannya sebagai dokter karena mengunggah foto-foto syur dirinya dalam bikini, kini mendapat masalah baru. Kali ini ia telah "dilarang" untuk bepergian.

Nang Mwe San, yang tinggal di Myanmar, memenuhi syarat sebagai dokter pada usia 22 tahun setelah orangtuanya mengarahkannya ke jalur karier.  Namun, pemain OnlyFans ini justru ingin menjadi model dan mulai mengikuti sesi pemotretan profesional setelah beberapa tahun merawat pasien di rumah sakit, dilansir dari Daily Mail, Sabtu, 28 Mei 2022.

Model Instagram yang sekarang berusia 33 tahun itu lisensinya dicabut setelah menolak perintah untuk berhenti mengunggah foto-foto panasnya. Laporan menunjukkan bahwa model Myanmar tidak dapat melakukan perjalanan ke Bangkok karena Kantor Paspor Yangpon menolak untuk mengembalikan paspornya.

Model tersebut berusaha untuk memperbarui paspornya, dan sumber anonim mengklaim Mwe San harus membatalkan perjalanan ke Bangkok, tempat ayahnya menjalani perawatan medis yang tidak ditentukan. Para pejabat telah menahan paspornya sejak 31 Maret 2022, yang menurut laporan Mwe San "tidak adil" dan melanggar haknya untuk bepergian.

Mantan dokter itu, menurut sumber yang mengetahui situasi tersebut, mengeluhkan keputusan yang dibuat oleh Kantor Paspor Yangpon. Mwe San mengkritik situasi yang dihadapinya dalam sebuah wawancara dengan The New York Times.

Dia mengaku di Myanmar di sini ada begitu banyak seksisme. "Mereka tidak ingin wanita memiliki posisi yang lebih tinggi, dan mereka menilai wanita dari apa yang kita kenakan. Mereka bahkan tidak ingin kita memakai celana panjang. Mereka mengatakan kepadaku bahwa aku memiliki gangguan perilaku."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Soal Penghasilan

Mwe San baru-baru ini mengunggah foto dirinya ke aplikasi media sosial dengan judul: "Hidupku aturanku". Dia juga menyebut Myanmar sebagai "tempat bahagianya" dalam sebuah pemotretan yang diunggah ke aplikasi media sosial.

Dalam unggahan itu, Mwe San berpose dalam balutan bikini di pantai dengan seekor kuda. Mwe San juga menambahkan bahwa dia menghasilkan lebih banyak uang sebagai model daripada yang dia lakukan sebagai dokter, menghasilkan 7.000 dolar AS Rp101 juta hingga 10.000 dolar AS atau Rp145 juta sebulan dengan pekerjaan barunya, Coconuts melaporkan.

Bintang OnlyFans, yang memiliki 610.000 pengikut di Instagram, baru-baru ini menyampaikan ceramah di Universitas Texas. Di sana, Mwe San berbicara tentang situasi hak asasi manusia di Myanmar.  

Nang Mwe San adalah salah satu siswa berprestasi saat duduk di bangku sekolah menengah di Myanmar. Ia kemudian memenuhi harapan orangtuanya untuk menjadi dokter. Mimpi ayah dan ibunya diwujudkan dalam usia yang masih belia, yakni 22 tahun, diberitakan kanal Global Liputan6.com.

 

3 dari 4 halaman

Sempat Ajukan Banding

Pertikaian mengenai foto-foto Nang Mwe San telah menarik banyak perhatian, melebihi kasus pembersihan etnis di wilayah Rakhine. Saat ditanya tentang apa yang menimpanya, Mwe San menyoroti patriarki yang berakar dalam negerinya dan sistem perawatan kesehatan yang kekurangan dana.

Mwe San sempat berencana untuk mengajukan banding atas lisensi dokternya yang dicabut. Ia ingin memperjuangkan izin medisnya, sehingga dapat bekerja sebagai dokter kembali suatu hari nanti, mungkin sebagai sukarelawan, khususnya setelah karier modelingnya berakhir.

"Saya akan mencoba yang terbaik untuk menyelamatkannya (lisensi) karena saya telah menghabiskan banyak waktu dan bekerja keras untuk mendapatkannya," katanya.

Pencabutan lisensi Mwe San saat itu tampaknya bertentangan dengan kebutuhan sistem perawatan kesehatan di negara itu. Para pejabat mengatakan Myanmar, dengan populasi 53 juta, hanya memiliki setengah dari jumlah dokter yang dibutuhkan.

 

4 dari 4 halaman

Profil

Nang Mwe San lahir pada 23 Juni 1990 di Kunhing di negara bagian Shan, Myanmar. Dia adalah model dan mantan dokter yang memiliki sekitar satu juta pengikut di akun Facebook dan Instagram.

Nang Mwe San sering memperbarui Facebook-nya, mode utama komunikasi online di Myanmar, dengan foto dirinya mengenakan pakaian renang dan pakaian dalam. Ia meniru pakaian tipis model AS Kendall Jenner, serta pakaian tradisional Myanmar yang pas.

Izin medisnya dicabut karena memposting foto dirinya dalam pakaian dalam, mengecam pemerintah karena "mengganggu" kebebasan pribadi. Ia meraih gelar dokter di sebuah universitas di Yangon. Ia menyukai travelling dan hingga saat ini masih melajang.

Ia memulai debut sebagai model pada 2017. Jenis olahraga favoritnya adalah bowling dan ia memilih AS sebagai tempat favoritnya. Hal itu seperti ditulis di laman celebrityborn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.