Sukses

Muncul Kembali Setelah 4 Bulan, Influencer Single's Inferno Song Ji Ah Dipotret Membantu di Dapur Umum

Liputan6.com, Jakarta - Song Ji Ah, yang meraih popularitas luar biasa melalui reality show Netflix Single's Inferno, difoto di sebuah acara publik untuk pertama kalinya dalam empat bulan. The Catholic Love And Peace House mengunggah foto-foto influencer itu, serta aktris Kang Ye Won, membantu di dapur umum pada Kamis, 19 Mei 2022, menurut laporan Koreaboo, Sabtu (21/5/2022).

Menurut The Catholic Love And Peace House, influencer dan aktris tersebut memang sering mengunjungi dapur umum dan membantu di sana. Pihaknya menulis, "Ji Ah dan Kang Ye Won berkunjung sebulan sekali dan bekerja di dapur. Mereka juga membantu membagikan kotak makan siang pada yang membutuhkan. Silakan terus menyebarkan pengaruh positif Anda."

Di sederet foto yang beredar, Ji Ah terlihat membuat makanan untuk para tunawisma di dekat Stasiun Seoul. Istri komedian Lee Soo Geun, Park Ji Yeon, menyatakan di Instagram bahwa ia juga ikut membantu bersama Ye Won dan JI Ah.

Ia menuliskan, "Saya paling bahagia ketika saya memasak. Saya senang berbagi kebahagiaan itu dengan orang-orang baik. Saya akhirnya berinisiatif untuk datang dan membantu dengan Kang Ye Won unnie (sebutan perempuan lebih tua di Korea), yang telah datang ke tempat ini untuk sementara waktu. Saya bahkan lebih bahagia karena Song Ji Ah juga membantu."

Sebagaimana diketahui, sebelum menepi sementara dari sorotan publik, Song Ji Ah tersandung skandal barang branded palsu. Atas kehebohan itu, ia mengunggah video permintaan maaf melalui kanal YouTube pribadi pada 25 Januari 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Maaf

"Halo, ini Song Ji Ah. Saya ingin meminta maaf karena mengunggah video permintaan maaf ini sangat terlambat. Dan saya minta maaf karena membuat banyak orang khawatir," kata Song Ji Ah sambil menundukkan kepala, dilansir dari AllKpop.

Dalam video berdurasi tiga menit dan 54 detik itu, Ji Ah terlihat tampil lesu tanpa riasan. Berbalut baju lengan panjang warna hitam, rambut panjangnya dibiarkan tergerai.

"Saya mengakui kontroversi penggunaan barang mewah palsu, dan saya mengakui bahwa semuanya adalah kesalahan saya," lanjutnya.

Sebagai seorang YouTuber, Ji Ah menyebut seharusnya ia lebih berhati-hati dan bijaksana dalam semua tindakan. "Tapi, saya merusak citra merek dan mengecewakan banyak orang dan saya ingin meminta maaf," katanya.

Ji Ah menjelaskan alasan dirinya membeli barang palsu. "Awalnya, saya hanya membelinya karena mereka sangat cantik dan saya menerima banyak cinta dari begitu banyak orang. Saya tidak bisa bangun dari itu dan jadi lebih asyik di dalamnya. Saya sangat menyesal dan merasa bahwa masa lalu saya sangat menyedihkan," ungkap influencer ini.

3 dari 4 halaman

Awal Kasus

Di rekaman tersebut, Song Ji Ah terus meminta maaf karena tidak dapat tersadar saat banyak orang menunjukkan cintanya. "Saya seharusnya menyadari tindakan saya ketika orang-orang menunjukkan cinta mereka pada saya," ucapnya.

Ia menambahkan, "Tapi saya hanya berkonsentrasi pada 'Song Ji Ah' yang sedang ditampilkan. Saya sangat menyesal tentang itu dan saya merenungkan diri. Saya minta maaf."

Ia mengaku kini tengah mengintrospeksi diri dan menyadari kesalahannya usai menerima kritik dan saran banyak orang. Ji Ah juga meminta maaf pada para penggemar dan keluarganya yang menderita karena kesalahannya.

Ji Ah pun meminta agar orang-orang menahan diri untuk tidak memfitnah atau menyerang keluarganya karena ini adalah kesalahannya sendiri. Ia ingin mengungkap perasaan dan cinta pada para penggemar dengan benar-benar tulus. Ia menyebut akan mengubah kanal YouTube-nya jadi privat guna meluangkan waktu untuk merefleksikan diri lebih jauh.

Sebagaimana diketahui, kasusnya berawal dari penonton yang menyadari bahwa perempuan yang juga memiliki nama panggung Freezia itu menggunakan blus tweed pink berlogo Chanel yang tidak sesuai dengan aslinya. Busana itu dipakai saat syuting reality show kencan di Netflix. Perbedaan mencolok terlihat dari warna, desain logo, dan pola busana.

4 dari 4 halaman

Penghasilan Song JI Ah

Song Ji Ah juga diketahui menggunakan kaus lengan pendek dari Chanel dengan bikini Versace yang palsu dalam kesempatan lain. Hal itu mendorong seorang warganet mengunggah video di YouTube pada 16 Januari 20222 dengan tuduhan Ji Ah kerap menggunakan busana KW dari berbagai brand ternama.

Menurut hukum Korea Selatan, menjual dan mengimpor barang-barang palsu adalah tindakan ilegal. Begitu pula dengan memiliki barang-barang yang bertujuan menduplikasi produk yang terdaftar resmi. Tapi, mereka yang tidak mengetahui barang itu palsu tidak dianggap melanggar hukum.

Melansir The Straits Times, Ji Ah sendiri menghasilkan rata-rata 30 juta won (sekitar Rp359 juta) per unggahan Instagram. Agensinya, Hyowon CNC, berbagi jumlah itu pada majalah Korea Selatan, Star 1, dan mengungkap bahwa Ji Ah mendapatkan 80 juta won (sekitar Rp959 juta) per video mention di YouTube.

Menurut laporan itu, perempuan berusia 25 tahun ini mendapat biaya iklan yang lebih tinggi daripada beberapa selebritas Korea Selatan. Ia memulai kanal YouTube-nya pada 2019 dan telah melihat jumlah subscriber-nya melesat dari sekitar 500 ribu sebelum penampilannya di Single's Inferno jadi 1,9 juta subscribers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.