Sukses

6 Oleh-Oleh khas Sumedang yang Wajib Dibeli, dari Tahu sampai Emplod

Liputan6.com, Jakarta - Sumedang adalah kota dan kabupaten di Jawa Barat yang identik dengan tahu. Produk yang menjadi identitas Kabupaten Sumedang itu dirintis pada tahun 1917 oleh seorang imigran Tiongkok bernama Ong Kino

Bukan hanya Tahu Sumedang tentunya, kota ini juga mempunyai berbagai ciri khas yang menarik, termasuk di bidang kuliner dan wisata. Di Sumedang, erdapat alun-alun sebagai pusat kota yang dikelilingi berbagai tempat kuliner yang lezat.

Tidak komplet rasanya jika tidak membeli beberapa kuliner khas saat berkunjung ke kota Sumedang untuk jadi buah tangan saat Lebaran. Dari sekian banyak pilihan, Anda bisa membeli beberapa kuliner khas yang sesuai dengan selera Anda. Berikut enam oleh-oleh khas Sumedang yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa, 3 Mei 2022.

1. Tahu Sumedang

Tahu khas Sumedang merupakan makanan yang sangat ikonik dari Kota Sumedang. Berkat ketenarannya, Tahu Sumedang hampir mudah ditemukan di setiap sudut daerah itu. Biasanya, makanan ini dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Lalu apa kelebihan Tahu Sumedang dibandingkan tahu lainnya? Kuliner itu memiliki rasa gurih di bagian luar dan terasa lembut di bagian dalamnya. Rasanya semakin nikmat kalau menyantapnya dengan cabai rawit dan lontong.

Selain rasanya yang lezat, aroma Tahu Sumedang juga harum terutama saat proses memasaknya. Camilan itu bisa dijadikan teman nongkrong saat bersama sahabat dan keluarga.

Tahu Bungkeng adalah perintis atau cikal bakal dari Tahu Sumedang . Tahu Bungkeng sudah ada sejak 1917. Kabarnya Tahu Bungkeng ini dibawa oleh orang Tiongkok bernama Ong Kino, pada 1917 yang melakukan perdagangan di Kota Sumedang dan menjadi salah satu alternatif pangan pertama selain hasil bumi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Salak Bongkok Sumedang

Salak merupakan salah satu oleh-oleh terkenal yang cocok untuk dijadikan buah tangan dari Sumedang, tepatnya di Desa Bongkok, Sumedang. Buah yang satu ini sering diincar oleh para wisatawan karena rasanya yang khas.

Selain rasanya yang manis dan lezat, Salak Bongkok Sumedang juga mengandung aneka vitamin dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan karena menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Dagingnya pun tebal yang cocok untuk dijadikan camilan saat kumpul keluarga atau kerabat. Bentuknya lonjong panjang dan bulat buntek. Kulit buahnya bersisik besar dan berwarna merah kecokelatan mengkilat.

3. Sawo Citali Sumedang

Selain buah Salak Bongkok Sumedang, buah yang satu ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Sumedang. Bentuk buah ini mirip dengan buah sawo pada umumnya.

Bedanya, buah Sawo Citali Sumedang ini memiliki bentuk dan rasa yang lebih manis dan lezat sehingga menjadi khasnya. Teksturnya itu lembut saat di masukan ke dalam mulut.

Tidak heran jika banyak pelancong yang lebih memilih buah sawo citali Sumedang untuk dijadikan teman perjalanan. Bahkan, untuk buah tangan saat berkunjung ke kota Sumedang.

3 dari 4 halaman

4. Oncom Sumedang

Oncom yang satu ini memang bisa ditemukan di daerah lainnya. Namun, oncom Sumedang menawarkan berbagai rasa yang khas saat membelinya dari kota itu.

Proses pembuatannya pun berbeda dengan pembuatan oncom pada umumnya. Jika biasanya oncom terbuat dari ampas tahu, oncom Sumedang berbahan dasar dari campuran ampas ketela dan kacang tanah.

Dari bahan dasar yang berbeda, oncom Sumedang menawarkan rasa yang khas dengan citra rasa yang unik dan gurih dari oncom pada umumnya. Itu mengapa oncom Sumedang menjadi pilihan sebagai oleh-oleh khas Sumedang yang unik dan terkenal.

5. Tape Singkong

Jawa Barat memiliki kelezatan tapai yang terkenal. Salah satunya kota Sumedang yang memproduksi tape singkong.

Camilan itu memiliki citra rasa yang jauh lebih lezat dan nikmat jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Kuliner itu memanjakan lidah para pelancong karena singkong mentega sebagai bahan dasar pembuatannya.

4 dari 4 halaman

6. Emplod Khas Sumedang