Sukses

Mengapa Paspor Hanya Ada 4 Warna?

Sering diasumsikan bahwa sampul paspor hanya dapat dibuat dalam warna biru, hitam, hijau, dan merah.

Liputan6.com, Jakarta - Kerap diasumsikan bahwa sampul paspor hanya dapat dibuat dalam empat warna, yakni biru, hitam, hijau, dan merah. Namun secara umum, memang benar bahwa negara-negara memilih warna gelap yang tampak resmi tersebut.

Dikutip dari Travel and Leisure, Selasa (3/5/2022), ternyata tidak ada peraturan resmi yang memaksa negara-negara untuk memilih warna primer. "Setiap warna yang ada di buku Pantone, kami bisa membuatnya," kata William Waldron, wakil presiden produk keamanan di Holliston, LLC, yang membuat paspor untuk lebih dari 60 negara, kepada Travel + Leisure.

Artinya, jika Amerika Serikat ingin mencetak sampul paspor dalam Warna Pantone Tahun Ini, 17-3938 (atau Very Peri), mereka dapat melakukannya. Menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), paspor (atau dokumen perjalanan resmi apa pun yang dapat dibaca mesin) harus terbuat dari bahan yang dapat ditekuk, bukan lipatan.

Paspor juga harus stabil pada suhu antara 14--122 derajat Fahrenheit (-10 hingga 50 derajat Celcius). Paspor juga harus tetap dapat dibaca dalam kondisi kelembapan antara 5--95 persen.

Namun, tidak ada ketentuan yang menentukan bagaimana tampilan paspor. Meskipun ICAO memberikan saran tentang jenis huruf, ukuran, dan font, bahkan detailnya tergantung pada kebijaksanaan negara penerbit, meskipun mereka sangat menyarankan untuk mencetak informasi dalam karakter huruf besar.

"Tidak ada yang menentukan warna sampul," kata Anthony Philbin, kepala komunikasi ICAO.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Warna Paspor

Jadi, mengapa kecenderungan global paspor dengan warna biru tua, merah marun, hijau hutan, dan hitam? Geopolitik dan agama tentu ikut bermain ketika suatu negara menentukan warna paspornya.

Negara-negara dengan mayoritas Muslim, misalnya, sebagian besar lebih menyukai paspor hijau, karena warnanya sangat signifikan bagi agama. Sementara itu, negara-negara Karibia biasanya memilih sampul paspor biru.

Alasan yang lebih praktis juga memengaruhi keputusan suatu negara untuk memilih warna gelap yang dapat diprediksi, Waldron mengatakan mereka "umumnya lebih terlihat resmi" dan "lebih kecil kemungkinannya untuk menunjukkan kotoran".

"Sebagian besar paspor di dunia didasarkan pada warna primer biru dan merah," kata Wakil Presiden Pemasaran Indeks Paspor Hrant Boghossian, meskipun ada variasi warna yang sangat besar.

1. Paspor Merah

Paspor Burgundy digunakan oleh anggota Uni Eropa (kecuali Kroasia), dan negara-negara yang tertarik untuk bergabung telah mengubah warna paspor mereka agar sesuai. The Economist menyebut ini sebagai "latihan branding." Komunitas Andes (juga dikenal dengan ambisi Uni Eropa di masa lalu) Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru juga memiliki paspor merah anggur. Paspor Swiss, dengan gaya Swiss yang mudah dan terkenal, cocok dengan bendera mereka.

 

3 dari 4 halaman

Paspor Merah, Hijau dan Hitam

2. Paspor Biru

Boghossian mengatakan kepada Business Insider bahwa Karibia, atau negara bagian Caricom, biasanya menggunakan warna biru, meskipun juga umum di "Dunia Baru". Vox menunjukkan serikat pabean Brasil, Argentina, Paraguya, Uruguay, dan Venezuela, yang dikenal sebagai Mercosur, semuanya memiliki paspor biru (kecuali Venezuela, yang masih menggunakan paspor merah sejak masanya di Komunitas Andes).

Paspor Amerika Serikat, hanya menjadi biru laut pada 1976 agar sesuai dengan warna yang ditemukan di Bendera Amerika. Sebelum itu, "Kami yakin dokumen perjalanan pertama di AS berwarna merah," kata Boghossian kepada Travel + Leisure. Paspor hijau digunakan pada 1930-an, diikuti dengan burgundy, (dan) paspor hitam pada 1970-an."

3. Paspor Hijau

"Sebagian besar negara Islam menggunakan paspor hijau karena pentingnya warna dalam agama mereka," kata Boghossian kepada Business Insider. Variasi warna hijau juga digunakan oleh anggota ECOWAS—Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat—termasuk Niger dan Senegal.

4. Paspor Hitam

Inilah interpretasi lain yang jauh lebih praktis untuk memilih warna paspor. Warna gelap (bahkan dalam nuansa biru dan merah) menunjukkan lebih sedikit kotoran dan cenderung terlihat lebih resmi. Contohnya termasuk Republik Botswana, Zambia, dan Selandia Baru, meskipun untuk yang terakhir, hitam juga dianggap sebagai salah satu warna nasional negara itu.

4 dari 4 halaman

Daftar Paspor Terkuat Dunia 2022

Henley Passport Index dari perusahaan Henley & Partners secara teratur memantau paspor terkuat dunia sejak 2006. Pemeringkatan ini berdasarkan eksklusif yang disediakan oleh International Air Transport Association (IATA).

Dilansir dari CNN, Rabu, 12 Januari 2022, pihaknya menyebut peningkatan hambatan perjalanan selama pandemi Covid-19 telah mengakibatkan kesenjangan mobilitas global terluas dalam sejarah 16 tahun indeks. Karena itu, indeks tidak memperhitungkan pembatasan sementara dan mengesampingkan akses perjalanan aktual saat ini.

Pemegang paspor terkuat dunia 2022, yakni Jepang dan Singapura. Secara teori, pemegang paspor kedua negara ini dapat bepergian bebas visa ke 192 tujuan.

1. Jepang, Singapura (192 destinasi)

2. Jerman, Korea Selatan (190)

3. Finlandia, Italia, Luksemburg, Spanyol (189)

4. Austria, Denmark, Prancis, Belanda, Swedia (188)

5. Irlandia, Portugal (187)

6. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Inggris Raya, Amerika Serikat (186)

7. Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, Malta (185)

8. Polandia, Hongaria (183)

9. Lituania, Slovakia (182)

10. Estonia, Latvia, Slovenia (181)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.