Sukses

Mudik Lebaran 2022, Cerita Viral Penumpang Kapal Laut Kehilangan Pacarnya di Pelabuhan Merak

Dalam sebuah video, tampak seorang petugas Pelabuhan Merak mengumumkan bahwa perempuan yang dimaksud diminta bertemu pacarnya di tempat yang sudah diminta.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran kembali boleh dilakukan untuk kali pertama di masa pandemi COVID-19. Euforianya pun membanjiri media sosial, yang mana tidak sedikit cerita pulang ke kampung halaman yang beredar di jagat maya. Salah satu yang menyita atensi adalah kisah seorang penumpang kapal laut yang kehilangan pacarnya di Pelabuhan Merak, Banten.

Dalam sebuah video viral yang dibagikan akun TikTok @firmansyah_balfir135, baru-baru ini, tampak seorang petugas mengumumkan bahwa perempuan yang dimaksud diminta bertemu pacarnya di tempat yang sudah diminta. "Apakah ada? Saya pakai kode-kode tertentu, saya melambaikan tangan. Saudari Tia? Halo? Halo?" terdengar petugas itu berkata melalui pengeras suara.

Klip berdurasi 30 detik yang ketika artikel ini ditulis sudah mencatat dua juta penayangan itu mengundang berbagai komentar warganet. Tidak sedikit yang mengaku kangen dengan cerita mudik Lebaran semacam ini. "Sudah lama enggak mudik, sekalinya boleh mudik, beritanya ngakak semua," komentar seorang pengguna.

Ada juga yang menulis, "Untung masih pacar, kalau istri bagaimana? Lebaran jadi duda." "Ini bukti pacarnya tanggung jawab," timpal yang lain, sementara ada juga yang berkomentar, "Pas sudah lama nunggu, eh baru inget ternyata enggak punya pacar."

Tidak sedikit juga warganet yang menanyakan kelanjutan cerita pemudik tersebut. "Ketemu enggak nih jadinya?" komentar seorang pengguna. "Plis kalo udah ketemu tag aku," yang lain melanjutkan.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudik Melalui Pelabuhan Merak

H-1 Idul Fitri 1443 H, kondisi Pelabuhan Merak masih terus didatangi pemudik, lapor kanal News Liputan6.com. Sebagian dermaga terisi kendaraan yang akan menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, sementara sebagian lagi tampak kosong.

Usai bermacet-macetan dan melakukan skenario merah, satu hari jelang Lebaran, polisi menerapkan skenario hijau di jalur Pelabuhan Merak. "Walau di beberapa dermaga masih ada kendaraan yang menunggu masuk ke kapal, tapi ini sudah dikategorikan situasi hijau," kata Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmodjo.

Kepadatan kendaraan di luar Pelabuhan Merak sudah terurai sejak Minggu pagi, 1 Mei 2022, sekitar pukul 5.00 WIB. Jalan Cikuasa Atas juga dilaporkan sudah tidak dijadikan kantong parkir dan bisa dilalui dari kedua arahnya.

"Karena sudah landai, jalur evakuasi di Cikuasa Atas pun sudah kita normalkan kembali. Jadi bisa digunakan dua arah berlawanan di Cikuasa Atas," terangnya.

Menurut Yusuf, masyarakat yang menyebrang pada H-1 Lebaran dari Pelabuhan Merak merupakan pemudik dengan tujuan daerah yang berdekatan dengan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

3 dari 4 halaman

Total Penumpang

Berdasarkan data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak yang dihimpun sejak H-10, total penumpang yang sudah disebrangkan dari Pelabuhan Merak sebanyak 760.911 orang. Ini termasuk sepeda motor berjumlah 69.527 unit, mobil 93.298 unit, bus 4.625 unit, dan truk 22.015 unit.

Volume kendaraan di Pelabuhan Merak sebelumnya tampak terus meningkat sejak Jumat malam, 29 April 2022, waktu yang memang diprediksi jadi puncak arus mudik. Kepadatan terpantau terjadi di dekat pelabuhan, mengingat ada antrean untuk masuk kapal dan penuhnya kantong parkir dermaga.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy , lapor kanal Health Liputan6.com, memantau langkah mengurai kepadatan pemudik dan memastikan arus penyeberangan di Pelabuhan Merak saat puncak arus mudik Lebaran aman dan lancar.

Untuk mengurai kemacetan, ada sistem buka-tutup menuju pelabuhan yang sempat diberlakukan untuk mengatur pemudik dengan kendaraan pribadi. "Jadi, buka tutup itu untuk mengatur gelombang yang akan dimuat ke kapal," Muhadjir mengatakan.

4 dari 4 halaman

Puncak Arus Mudik Lebaran 2022

Effendy menyampaikan bahwa pihak PT ASDP sudah memberlakukan kebijakan penambahan jumlah kapal penyeberangan dan sebisa mungkin mempercepat proses bongkar muat.

"Bahkan dari Pelabuhan Bakauheni, ada kapal yang berangkat menuju Pelabuhan Merak tanpa mengangkut penumpang. Total saat ini ada delapan kapal yang hanya bongkar di Pelabuhan Bakauheni dan langsung kembali ke Merak," ia menerangkan melalui keterangan resmi.

Selain itu, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menyiapkan dua pelabuhan tambahan untuk mendukung kerja Pelabuhan Merak, yaitu Pelabuhan Indah Kiat dan Pelabuhan Bojonegara. Polres Cilegon pun turut membantu mengurai kepadatan. Mereka menerjunkan sekitar seribu personel untuk mengatur lalu lintas pemudik dari dan hingga ke Pelabuhan Merak.

Muhadjir mengklaim pihaknya memastikan proses penyeberangan di Pelabuhan Merak di masa mudik Lebaran "berlangsung dengan baik." Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga, menyebut bahwa arus mudik Idul Fitri 2022 telah melewati puncaknya, yakni terjadi pada Jumat malam, 29 April 2022, hingga Sabtu sore, 30 April 2022. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini