Sukses

9 Pola Makan Marshanda yang Turunkan Berat Badan 9 Kg dalam 2 Minggu

Liputan6.com, Jakarta - Marshanda sudah terjun ke dunia hiburan sejak usianya masih sangat muda. Tak hanya menjadi aktris, ia juga sempat terjun ke dunia tarik suara. Kini, Marshanda lebih sering tampil mengadvokasi publik seputar kesehatan mental dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lewat media sosial pribadinya, selebritas kelahiran 10 Agustus 1989 ini rutin membagikan aktivitas kesehariannya, mulai dari olahraga, mengikuti kelas-kelas kesehatan, hingga seputar pola makannya. Ibu satu anak ini mengaku asupan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh dan mental. 

Wanita yang akrab disapa Caca ini pernah mengakui pada September lalu, memulai hidup baru yang lebih sehat. Salah satunya ditunjukkan dengan niat tak lagi mengonsumsi obat penahan nafsu makan. Bintang sinetron Bidadari ini pernah menjalani proses penurunan dosis obat-obatan di Amerika Serikat (AS).

Di Negeri Paman Sam, ia menjalani supporting therapy karena bipolar yang diidapnya. Melalui media sosial, ia bicara soal berhenti mengonsumsi daging merah. Ia juga mulai meninggalkan kebiasaan makan sembarang yang dilakukan sebelumnya.

"Terlalu cuek dan ga peduli makanan apa yang dikonsumsi, junk food masuk, sweets overload, ga pernah olahraga tentu ga baik. Terlalu ekstrim hidup sehat juga bisa ngga bagus kalau sampai obsesif yang malah bikin stress," tulis Caca dalam sala satu unggahannya di Instagram. Dengan pola hidup sehat yang dijalaninya, berat badannya jadi semakin ideal. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hindari Makanan Instan

Ia mengaku berat badannya bisa turun sampai lima kilogram dalam waktu dua minggu. Marshanda cukup sering membagikan tips seputar pola makan sehat yang dijalaninya. Dikutip dari akun Instagram @marshanda99 dan kanal Youtube MARSHED, berikut sembilan pola makan yang dilakukan Marshanda.

1. Menghindari makanan instan

Marshanda berhasil menurunkan berat badannya dalam waktu cukup singkat, karena ia konsisten menghindari makanan instan. Makanan instan memang dianjurkan untuk dihindari karena umumnya punya sodium, kalori, dan lemak yang tinggi.

Di sisi lain, makanan instan juga cenderung rendah nutrisi protein, vitamin, dan mineral. Bukannya bisa menurunkan atau mempertahankan berat badan, makanan instan justru berisiko meningkatkan berat badan.

2. Memilih bahan organik dan makanan mentah

Sebisa mungkin, untuk bahan-bahan makanannya setiap hari, Marshanda memilih bahan organik. Konsisten mengonsumsi makanan organik bisa memberi tubuh nutrisi serat, vitamin, dan lain-lain untuk membantu mengontrol nafsu makan saat diet.

Selain vegan, Marshanda juga sesekali mengonsumsi makanan mentah, seperti dari sayur-sayuran., Makanan mentah ini kebanyakan rendah kalori, tinggi serat, dan bagus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

3. Pola makan vegan

Marshanda juga menerapkan pola makan vegan atau lebih dikenal dengan plant-based (bahan makanan dari tumbuhan). Vegan ini membantu agar tetap sadar dalam mengatur pola makan, jadi lebih sehat dan tidak berlebihan. Otomatis, pola makan ini juga berfungsi untuk menurunkan berat badan.

4. Minum susu rempah

Minuman rempah andalan Marshanda yakni golden latte, dibuat pakai campuran susu, kunyit, jahe, kayu manis, lada hitam, serta butter. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi saat diet. Pasalnya, golden latte bisa melancarkan pencernaan dan menambah energi untuk olahraga.

Di sisi lain, minuman ini dikenal banyak sekali manfaatnya tak hanya untuk tubuh tapi juga bisa menjaga kesehatan mental. Dapat bersifat sebagai anti-inflamasi, minuman ini ampuh untuk bikin rileks, mencegah stres, meningkatkan mood, mengatasi Depresi, dan menurunkan kadar anxiety atau kecemasan berlebihan.

5. Minum jus buah dan sayur

Kalau Anda sulit menurunkan berat badan, Anda bisa mengikuti cara Marshanda yang satu ini. Caranya, tinggal pakai sayuran hijau dan buah-buahan yang diolah jadi jus. Jus hijau ini ampuh menurunkan berat badan karena rendah kalori.

6. Mengurangi junk food

Marshanda mengakui masih sesekali mengonsumsi junk food, tetapi ia berusaha menguranginya. Mengurangi makan junk food bukan hanya bermanfaat menurunkan berat badan, tapi juga mencegah berbagai penyakit, menjaga mood, bikin tidur lebih nyenyak, menyehatkan kulit, dan masih banyak lagi.

"Intuitive dance 40 menit sehari + makan organik & vegan 100% kadang juga raw food. Sebelumnya gue masih suka bandel makan junkfood," ungkap Marshanda di Instagram.

4 dari 4 halaman

7. Menghindari susu hewani

Susu hewani tak lagi dikonsumsi oleh Marshanda. Salah satu manfaat menghindari susu hewani yakni terbukti bisa menurunkan berat badan. Karena masih senang mengonsumsi susu, Marshanda pun beralih ke susu almond.

Susu almond ini tinggi nutrisi, sehingga dengan mengonsumsinya tak perlu khawatir berat badan naik. Namun, penting untuk memilih susu almond yang tanpa kalori maupun komposisi gula biar lebih sehat.

8. Menghindari gula pasir

Untuk makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi Marshanda, ia menghindari penggunaan gula pasir. Gula pasir penting untuk dihindari saat diet karena bisa menyebabkan lemak menumpuk.

Sebagai gantinya, Marshanda biasanya memakai brown sugar. Brown sugar cenderung lebih rendah kalori dibanding gula pasir. Gula cokelat ini bisa menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh.

9. Mengurangi nasi putih

Terakhir, tips ini mungkin sangat sulit bagi sebagian orang yaitu mengurangi konsumsi nasi putih. Marshanda juga sebisa mungkin mengurangi nasi putih.

Contohnya pada kitcheree yang kerap ia konsumsi ini. Hidangan khas India ini tidak dibuat dari nasi putih, melainkan beras basmati. Beras basmati ternyata lebih rendah kalori dibanding beras putih.